Jessica Berbicara - SayaKaya

Petik Cuan dari Kri­sis Dana Pensiun

Bulan Okto­ber lalu, kita meli­hat adanya kri­sis dana pen­si­un di Ing­gris yang dise­babkan oleh kenaikan suku bun­ga yang akhirnya mem­pen­garuhi har­ga oblig­asi yang dipegang oleh para pen­gelo­la dana pen­si­un di Ing­gris. Pada­hal, para pen­gelo­la fund ini akan harus terus mem­berikan dis­tribusi cash secara rutin kan untuk para pen­si­u­nan dis­ana. Har­ga oblig­asi yang turun, dita­m­bah juga den­gan sen­ti­men negatif dari ren­cana APBN Ing­gris yang tidak diter­i­ma baik oleh pasar, men­gak­i­batkan per­mintaan oblig­asi Ing­gris terus turun. Semakin mem­per­bu­ruk situ­asi, banyak pula diantara para pen­gelo­la dana pen­si­un ini yang melakukan lever­ag­ing pada oblig­asi yang mere­ka pegang untuk mem­be­li lebih banyak oblig­asi lain­nya. Aki­bat­nya, keti­ka har­ga oblig­asi yang mere­ka pegang men­gala­mi penu­runan, risiko keru­gian yang mere­ka ala­mi jauh lebih besar lagi.

Pen­gelo­la dana pen­si­un ter­an­cam tidak bisa memenuhi kewa­jiban tunai yang mere­ka harus bayarkan kepa­da para pen­si­u­nan, yang akhirnya mau tidak mau harus men­jual oblig­asi mere­ka pada har­ga yang lebih bawah lagi. 

Kri­sis ini akhirnya ditan­gani oleh pemer­in­tah den­gan inter­ven­si dari Bank Sen­tral Ing­gris yang akhirnya menyang­gupi untuk mem­be­li surat utang agar para pen­gelo­la dana pen­si­un di Ing­gris bisa memenuhi kewa­jiban pem­ba­yaran mereka.

Hal ini san­gat mungkin kita lihat juga nan­ti di bela­han dunia lain­nya yaitu Ameri­ka Serikat apa­bi­la Bank Sen­tral Ameri­ka terus bersikukuh untuk menaikkan suku bun­ga mere­ka secara agre­sif. Dari apa yang kita den­gar Fed akan lakukan, mere­ka beren­cana untuk mena­han suku bun­ga ting­gi ini sam­pai inflasi di Ameri­ka Serikat ter­atasi. Suku bun­ga ting­gi ini dap­at pula men­gak­i­batkan risiko yang cukup besar dan kerentanan bagi para pen­si­u­nan di Ameri­ka Serikat.

Jika kita lihat, ETF fixed income atau oblig­asi di Ameri­ka Serikat sela­ma setahun ter­akhir ini men­gala­mi penu­runan per­for­ma yang cukup lumayan. Banyak sekali para pen­si­u­nan yang menaruh dana pen­si­un mere­ka di ETF oblig­asi seper­ti ini. Banyak juga yang dana pen­si­un­nya dikelo­la oleh fund man­agers. Pasar modal di Ameri­ka Serikat pun sekarang juga mulai banyak yang menyuarakan kekhawati­ran­nya apa­bi­la suku bun­ga terus-menerus bera­da di lev­el yang ting­gi seper­ti sekarang.

Bera­da dalam kon­disi penu­runan suku bun­ga yang kon­stan sela­ma beber­a­pa tahun ter­akhir, pen­gelo­la dana pen­si­un pub­lik di Ameri­ka Serikat akhirnya mengam­bil risiko yang lebih ting­gi untuk meng­hasilkan return yang lebih besar. Mere­ka mulai men­em­patkan inves­tasi mere­ka pada kelas aset yang lebih berisiko seper­ti: saham, baik di saham pub­lik maupun inves­tasi pri­vate mar­ket. Yang lebih menge­jutkan lagi, hanya 22% dari aset pen­sion funds tingkat negara bagian dan pemer­in­tah lokal yang ditem­patkan pada aset pen­da­p­atan tetap.

Den­gan volatil­i­tas pasar saham yang relatif lebih ting­gi, dana pen­si­un pemer­in­tah lokal dan negara bagian ini diperki­rakan hanya memi­li­ki aset yang cukup untuk mem­ba­yar 50% dari kewa­jiban­nya. Yang mana artinya apa­bi­la selu­ruh pen­sion funds ini men­cairkan inves­tasi mere­ka, pen­gelolanya hanya sang­gup untuk mem­ba­yar seten­gah dari kewa­jiban­nya. Men­cen­gangkan bukan? 

Memang secara struk­tur, dana pen­si­un di Ameri­ka Serikat lebih tidak terek­spos pada kenaikan suku bun­ga yang tajam dan tiba-tiba. Namun mere­ka san­gat ter­gan­tung pada per­for­ma dari­pa­da inves­tasi di aset berisiko mere­ka. Jika suku bun­ga tetap ting­gi, maka san­gat mungkin bah­wa inves­tasi pri­vate mar­kets mere­ka akan lebih sulit untuk bisa mem­berikan return yang mak­si­mal dan pen­da­p­atan dari perusa­haan pub­lik akan menu­run, yang mana artinya har­ga saham­nya pun diperki­rakan akan turun.

Aki­bat dari risiko yang cukup berba­haya ini­lah para bond traders di Ameri­ka Serikat mulai mem­perki­rakan bah­wa tahun 2023 meru­pakan tahun dimana Bank Sen­tral Ameri­ka Serikat akan mulai melu­nak dan mulai mem­per­lam­bat kenaikan suku bun­ga, bahkan berpoten­si besar untuk menu­runk­an­nya. Tidak menut­up juga kemu­ngk­i­nan mere­ka akan melakukan quan­ti­ta­tive eas­ing jika diper­lukan, seper­ti Bank Sen­tral Ing­gris yang melakukan emer­gency bond buy­ing untuk menye­la­matkan dana pen­si­un di Inggris.

Imp­likasinya adalah, jika opi­ni ini benar, maka next year will be a bonds year! Untuk kita semua investor rek­sa dana, maka ini adalah beri­ta baik untuk investor rek­sa dana oblig­asi. Nah, yang akan men­gala­mi kenaikan yang lebih favor­able adalah rek­sa dana den­gan basis oblig­asi pemer­in­tah kare­na lebih sen­si­tif ter­hadap peruba­han kenaikan dan penu­runan suku bunga. 

Beber­a­pa opsi rek­sa dana yang bisa kita mulai cicil dari sekarang jika kita per­caya bah­wa tahun depan meru­pakan tahun dimana Bank Sen­tral Ameri­ka Serikat akan mulai penu­runan suku bun­ga adalah Sucor Bond Fund, Sucor Pre­mi­um Fund, Sucor Syari­ah Sukuk Fund dan KISI Fixed Income Fund. Per­for­ma rek­sa dana den­gan port­fo­lio may­ori­tas oblig­asi pemer­in­tah memang tidak ter­lalu menggem­bi­rakan di setahun ter­akhir ini, namun jika tahun depan meru­pakan tahun oblig­asi, maka saat ini meru­pakan saat yang pal­ing tepat untuk mem­be­li rek­sa dana obligasi!

Hap­py invest­ing, OKB!

Dis­claimer: selu­ruh artikel ini meru­pakan opi­ni prib­a­di. Kepu­tu­san inves­tasi dan hasil dari seti­ap kepu­tu­san inves­tasi meru­pakan risiko dan tang­gung jawab mas­ing-mas­ing investor.

Gambar Market Research 23 Januari 2023: Gold Shines

Market Research 23 Januari 2023: Gold Shines

25/1/2023 Read more
Gambar Seni Berinvestasi Secara Kontrarian

Seni Berinvestasi Secara Kontrarian

25/1/2023 Read more
Gambar Letter to Our Investors: Part 1

Letter to Our Investors: Part 1

19/1/2023 Read more
Sayakaya Logo
Copyright ©2023 Landing page
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10250
phone 021-2526985
email hi@sayakaya.id