Jessica Berbicara

25 November 2022 Ditulis oleh Jessica Wijaya
Featured

Petik Cuan dari Kri­sis Dana Pensiun


Bulan Okto­ber lalu, kita meli­hat adanya kri­sis dana pen­si­un di Ing­gris yang dise­babkan oleh kenaikan suku bun­ga yang akhirnya mem­pen­garuhi har­ga oblig­asi yang dipegang oleh para pen­gelo­la dana pen­si­un di Ing­gris. Pada­hal, para pen­gelo­la fund ini akan harus terus mem­berikan dis­tribusi cash secara rutin kan untuk para pen­si­u­nan dis­ana. Har­ga oblig­asi yang turun, dita­m­bah juga den­gan sen­ti­men negatif dari ren­cana APBN Ing­gris yang tidak diter­i­ma baik oleh pasar, men­gak­i­batkan per­mintaan oblig­asi Ing­gris terus turun. Semakin mem­per­bu­ruk situ­asi, banyak pula diantara para pen­gelo­la dana pen­si­un ini yang melakukan lever­ag­ing pada oblig­asi yang mere­ka pegang untuk mem­be­li lebih banyak oblig­asi lain­nya. Aki­bat­nya, keti­ka har­ga oblig­asi yang mere­ka pegang men­gala­mi penu­runan, risiko keru­gian yang mere­ka ala­mi jauh lebih besar lagi.


Pen­gelo­la dana pen­si­un ter­an­cam tidak bisa memenuhi kewa­jiban tunai yang mere­ka harus bayarkan kepa­da para pen­si­u­nan, yang akhirnya mau tidak mau harus men­jual oblig­asi mere­ka pada har­ga yang lebih bawah lagi. 


Kri­sis ini akhirnya ditan­gani oleh pemer­in­tah den­gan inter­ven­si dari Bank Sen­tral Ing­gris yang akhirnya menyang­gupi untuk mem­be­li surat utang agar para pen­gelo­la dana pen­si­un di Ing­gris bisa memenuhi kewa­jiban pem­ba­yaran mereka.


Hal ini san­gat mungkin kita lihat juga nan­ti di bela­han dunia lain­nya yaitu Ameri­ka Serikat apa­bi­la Bank Sen­tral Ameri­ka terus bersikukuh untuk menaikkan suku bun­ga mere­ka secara agre­sif. Dari apa yang kita den­gar Fed akan lakukan, mere­ka beren­cana untuk mena­han suku bun­ga ting­gi ini sam­pai inflasi di Ameri­ka Serikat ter­atasi. Suku bun­ga ting­gi ini dap­at pula men­gak­i­batkan risiko yang cukup besar dan kerentanan bagi para pen­si­u­nan di Ameri­ka Serikat.


Jika kita lihat, ETF fixed income atau oblig­asi di Ameri­ka Serikat sela­ma setahun ter­akhir ini men­gala­mi penu­runan per­for­ma yang cukup lumayan. Banyak sekali para pen­si­u­nan yang menaruh dana pen­si­un mere­ka di ETF oblig­asi seper­ti ini. Banyak juga yang dana pen­si­un­nya dikelo­la oleh fund man­agers. Pasar modal di Ameri­ka Serikat pun sekarang juga mulai banyak yang menyuarakan kekhawati­ran­nya apa­bi­la suku bun­ga terus-menerus bera­da di lev­el yang ting­gi seper­ti sekarang.


Bera­da dalam kon­disi penu­runan suku bun­ga yang kon­stan sela­ma beber­a­pa tahun ter­akhir, pen­gelo­la dana pen­si­un pub­lik di Ameri­ka Serikat akhirnya mengam­bil risiko yang lebih ting­gi untuk meng­hasilkan return yang lebih besar. Mere­ka mulai men­em­patkan inves­tasi mere­ka pada kelas aset yang lebih berisiko seper­ti: saham, baik di saham pub­lik maupun inves­tasi pri­vate mar­ket. Yang lebih menge­jutkan lagi, hanya 22% dari aset pen­sion funds tingkat negara bagian dan pemer­in­tah lokal yang ditem­patkan pada aset pen­da­p­atan tetap.


Den­gan volatil­i­tas pasar saham yang relatif lebih ting­gi, dana pen­si­un pemer­in­tah lokal dan negara bagian ini diperki­rakan hanya memi­li­ki aset yang cukup untuk mem­ba­yar 50% dari kewa­jiban­nya. Yang mana artinya apa­bi­la selu­ruh pen­sion funds ini men­cairkan inves­tasi mere­ka, pen­gelolanya hanya sang­gup untuk mem­ba­yar seten­gah dari kewa­jiban­nya. Men­cen­gangkan bukan? 


Memang secara struk­tur, dana pen­si­un di Ameri­ka Serikat lebih tidak terek­spos pada kenaikan suku bun­ga yang tajam dan tiba-tiba. Namun mere­ka san­gat ter­gan­tung pada per­for­ma dari­pa­da inves­tasi di aset berisiko mere­ka. Jika suku bun­ga tetap ting­gi, maka san­gat mungkin bah­wa inves­tasi pri­vate mar­kets mere­ka akan lebih sulit untuk bisa mem­berikan return yang mak­si­mal dan pen­da­p­atan dari perusa­haan pub­lik akan menu­run, yang mana artinya har­ga saham­nya pun diperki­rakan akan turun.


Aki­bat dari risiko yang cukup berba­haya ini­lah para bond traders di Ameri­ka Serikat mulai mem­perki­rakan bah­wa tahun 2023 meru­pakan tahun dimana Bank Sen­tral Ameri­ka Serikat akan mulai melu­nak dan mulai mem­per­lam­bat kenaikan suku bun­ga, bahkan berpoten­si besar untuk menu­runk­an­nya. Tidak menut­up juga kemu­ngk­i­nan mere­ka akan melakukan quan­ti­ta­tive eas­ing jika diper­lukan, seper­ti Bank Sen­tral Ing­gris yang melakukan emer­gency bond buy­ing untuk menye­la­matkan dana pen­si­un di Inggris.



Imp­likasinya adalah, jika opi­ni ini benar, maka next year will be a bonds year! Untuk kita semua investor rek­sa dana, maka ini adalah beri­ta baik untuk investor rek­sa dana oblig­asi. Nah, yang akan men­gala­mi kenaikan yang lebih favor­able adalah rek­sa dana den­gan basis oblig­asi pemer­in­tah kare­na lebih sen­si­tif ter­hadap peruba­han kenaikan dan penu­runan suku bunga. 


Beber­a­pa opsi rek­sa dana yang bisa kita mulai cicil dari sekarang jika kita per­caya bah­wa tahun depan meru­pakan tahun dimana Bank Sen­tral Ameri­ka Serikat akan mulai penu­runan suku bun­ga adalah Sucor Bond Fund, Sucor Pre­mi­um Fund, Sucor Syari­ah Sukuk Fund dan KISI Fixed Income Fund. Per­for­ma rek­sa dana den­gan port­fo­lio may­ori­tas oblig­asi pemer­in­tah memang tidak ter­lalu menggem­bi­rakan di setahun ter­akhir ini, namun jika tahun depan meru­pakan tahun oblig­asi, maka saat ini meru­pakan saat yang pal­ing tepat untuk mem­be­li rek­sa dana obligasi!


Hap­py invest­ing, OKB!


Siapin Dana Pen­si­un di SayaKaya


Dis­claimer: selu­ruh artikel ini meru­pakan opi­ni prib­a­di. Kepu­tu­san inves­tasi dan hasil dari seti­ap kepu­tu­san inves­tasi meru­pakan risiko dan tang­gung jawab mas­ing-mas­ing investor.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 27 Agustus 2022

Mau Sampai Kapan Ngarepin Gaji?

Seba­gai sesama peker­ja, Yamin nger­ti banget bah­wa terkadang per­tum­buhan pen­da­p­atan kita tuh nggak sesuai sama apa yang kita hara­p­kan. Boro-boro sesuai den­gan ekspek­tasi, terkadang sama kebu­tuhan saja bisa ngepas banget.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 28 Maret 2022

Apa Nggak Sayang?

Sum­ber: someecards.com

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 2 Februari 2022

Telur-Telur yang Pecah di Dalam Satu Keranjang

“Porto­fo­lio gue cuan 200% dalam 3 bulan!”

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.