Menjadi Investor yang Lebih Lincah - SayaKaya

Sela­mat datang di tahun macan air! Apakah kamu tahu, rata-rata berat seekor macan men­ca­pai ham­pir 230 kilo­gram. Namun, macan adalah binatang yang cukup linc­ah. Kecepatan pun­cak seekor macan bisa men­ca­pai 65 kilo­me­ter per jam.

Seba­gai investor yang cukup agre­sif dan secara aktif men­cari alpha, saya juga berharap saya mam­pu men­ja­di investor yang cukup linc­ah. Tujuan saya ten­tu saja adalah, supaya port­fo­lio saya bisa linc­ah berg­er­ak sesuai den­gan kon­disi pasar.

Namun, mar­ket tim­ing untuk para investor itu sebe­narnya cukup sulit. Terkadang, tim­ing yang kita sang­ka seba­gai wak­tu yang tepat untuk beli suatu kelas aset den­gan “murah”, terny­a­ta tidak tepat. Tidak jarang, aset terse­but har­ganya makin murah. Atau seba­liknya. Maka dari itu, cam­pu­ran dari berba­gai kelas aset dan diver­si­fikasi meru­pakan salah satu cara kita untuk meng­hasilkan per­for­ma port­fo­lio lebih baik lagi. 

Menu­rut saya, seba­gai investor retail, saya san­gat menyukai flek­si­bil­i­tas yang ditawarkan oleh rek­sa dana cam­pu­ran. Hal ini dikare­nakan sebuah rek­sa dana cam­pu­ran bisa berg­er­ak relatif seper­ti investor retail, tidak ter­lalu banyak con­straint atau batasan yang ditetapkan.

Mari kita ambil per­bandin­gan­nya. Sebuah rek­sa dana saham memi­li­ki batasan harus memi­li­ki min­i­mal 80% aset mere­ka di saham. Dalam kon­disi pasar saham seper­ti lima tahun ter­akhir dimana IHSG berg­er­ak cen­derung flat/datar, kebanyakan rek­sa dana saham tidak ter­lalu baik performanya.

Sedan­gkan, rek­sa dana cam­pu­ran memi­li­ki kemam­puan untuk rebal­anc­ing port­fo­lio rek­sa dananya sesuai den­gan diskre­si para pen­gelolanya. Seandainya para pen­gelo­la men­ganal­isa pasar dan meny­im­pulkan bah­wa pasar saham akan tidak per­form, maka mere­ka memi­li­ki kemam­puan untuk men­gu­ran­gi por­si saham­nya dan den­gan tin­dakan terse­but, dihara­p­kan bisa melin­dun­gi inves­tasi dari draw­down yang berlebi­han. Lalu para pen­gelo­la inves­tasinya bisa mem­be­li efek lain yang dirasa lebih aman, seper­ti instru­men pasar uang dan obligasi.

Untuk jang­ka wak­tu inves­tasi sendiri, seharus­nya rek­sa dana cam­pu­ran bisa men­ja­di pil­i­han untuk time frame (jang­ka wak­tu) inves­tasi min­i­mal 2–3 tahun keatas, supaya kita tetap bisa men­da­p­atkan return yang lebih optimal.

Di SayaKaya sendiri, ada beber­a­pa rek­sa dana cam­pu­ran yang menu­rut saya, bisa mem­berikan return yang baik dan opti­mal khusus­nya untuk investor retail. 

  1. Sucor­in­vest Flexi Fund

Meru­pakan bal­anced fund den­gan kom­po­sisi saham sek­i­tar 70% dan obligasi/pasar uang sebe­sar min­i­mal 25%. Per­for­manya sela­ma beber­a­pa tahun ter­akhir san­gat baik; den­gan rata-rata return per tahun sek­i­tar 17%* sela­ma 5 tahun ter­akhir, jauh men­galahkan indeks. 

  1. Trimegah Bal­anced Absolute Strategy

Bal­anced fund den­gan ciri khas tilt­ing yang cukup aktif. Jika pasar saham sedang tidak baik, maka kom­po­sisi efek saham dalam rek­sa dana ini bisa men­ja­di cukup min­i­mal, dan seba­liknya jika pasar saham sedang dalam kon­disi bull­ish. Pemil­i­han oblig­asi juga biasanya jatuh kepa­da oblig­asi perusa­haan yang biasanya cen­derung lebih sta­bil secara harga.

  1. Sucor­in­vest Anak Pintar

Memi­li­ki alokasi dana filantropi yang dis­um­bangkan untuk menopang Yayasan Pan­sophia dalam upaya mulia mere­ka menang­gu­lan­gi anak-anak putus seko­lah. Sucor­in­vest Anak Pin­tar memi­li­ki kom­po­sisi yang lebih besar ke efek obligasi/pasar uang jika diband­ingkan den­gan Sucor Flexi Fund, yaitu 25%-40%.

  1. Syailen­dra Bal­anced Oppor­tu­ni­ty Fund

Ter­ma­suk rek­sa dana cam­pu­ran yang relatif lebih agre­sif den­gan alokasi inves­tasi sek­i­tar 60%-70% di efek saham, SBOF iden­tik den­gan pemil­i­han saham-saham yang berkarak­ter­is­tik growth stocks dan tech­nol­o­gy stocks (walaupun tidak menut­up kemu­ngk­i­nan adanya saham val­ue stocks juga disi­ni!). Return SBOF sela­ma setahun ter­akhir cukup baik, dan hal ini juga dikon­tribusikan oleh cukup tingginya alokasi inves­tasi ke cor­po­rate bonds yang memang cen­derung lebih stabil.

Nah, semoga den­gan adanya beber­a­pa ulasan singkat rek­sa dana diatas, teman-teman SayaKaya bisa menen­tukan pil­i­han inves­tasi yang lebih baik lagi untuk men­ja­di investor yang lebih lincah!

*) Berdasarkan data historis

Gambar Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

26/11/2022 Read more
Gambar Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

25/11/2022 Read more
Gambar Jessica Berbicara

Jessica Berbicara

25/11/2022 Read more
Sayakaya Logo
Copyright ©2022 Landing page
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10250
phone 021-2526985
email hi@sayakaya.id