5 Cara Mengoptimalkan Investasi Reksa Dana Mu!

28 Juli 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Investasi reksa dana merupakan salah satu cara yang populer untuk mengalokasikan dana untuk mencapai tujuan finansial. Secara pengertian, reksa dana merupakan wadah investasi yang kumpulan dana berasal dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi profesional. 


Dalam proses berinvestasi, mungkin diantara dari kamu ada yang pernah memiliki keresahan. Bagaimana ya caranya mengoptimalkan investasi reksa dana? Nah, mari kita bahas bersama, ini lima tips yang dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan investasi di reksa dana!


1. Perjelas Tujuan Finansial


Yamin yakin, sebagian besar dari kamu sudah memiliki tujuan finansial jangka panjang. Ada yang ingin membeli mobil, untuk dana pendidikan, menikah, dan sebagainya. Namun, untuk mengoptimalkan proses investasinya, kamu bisa memperjelas tujuan finansial mu. 


Misal, kamu ingin membeli sebuah mobil. Kamu bisa mencari tahu mobil dengan brand apa yang ingin dibeli, berapa harga dan spesifikasinya, berapa lama kamu ingin mencapai tujuan finansial mu, dan seterusnya.


Dengan kamu memperjelas dan mengulik secara rinci tujuan finansialnya, kamu akan mendapat gambaran mengenai total dana yang harus dikumpulkan pada saat kamu ingin berinvestasi.


2. Tingkatkan Pengetahuan Mengenai Reksa Dana


Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan mengenai reksa dana yaitu dengan membaca literatur dan informasi terkini tentang investasi ini. Buku, artikel, dan sumber-sumber terpercaya di internet dapat menjadi sumber pengetahuan yang berharga. Selain itu, mengikuti seminar atau webinar tentang investasi reksa dana juga dapat memberikan wawasan baru dan pemahaman yang lebih mendalam.


Selain mengumpulkan informasi, berdiskusi dengan para ahli dan sesama investor juga merupakan langkah penting dalam meningkatkan pemahaman tentang reksa dana. Dengan berdiskusi, investor dapat bertukar pengalaman, memahami berbagai strategi investasi, dan memperoleh insight dari sudut pandang yang berbeda.


Meningkatkan pengetahuan mengenai reksa dana investasi itu tidak akan pernah merugikan kamu lho. Semakin kamu memahami tentang reksa dana, kamu juga akan semakin percaya diri dalam mengambil keputusan investasi, mengelola risiko, dan mengoptimalkan potensi keuntungan. 


3. Pilih Reksa Dana Sesuai Dengan Kebutuhan


Agar bisa menikmati hasil investasi yang efektif dalam jangka panjang, pilihlah produk reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mu. Misalnya, kamu membutuhkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak lebih dari 5 tahun. Maka pilihlah produk-produk reksa dana yang cocok dalam jangka panjang, seperti reksa dana campuran dan reksa dana saham.


Namun kamu harus menyesuaikan produk reksa dana tersebut dengan profil risiko yang kamu miliki. Apakah profil risiko investasi mu berjenis konservatif, moderat, atau agresif. Dengan kamu mengetahui profil risiko investasinya, proses perjalanan investasi mu berpotensi makin efektif dalam jangka panjang.


4. Mulai Berinvestasi Dengan Nominal yang Kecil


Investasi juga memiliki risiko, salah satunya yaitu risiko penurunan nilai. Jika kamu baru memulai investasi di reksa dana, sangat disarankan untuk memulai berinvestasi dengan nominal yang kecil.


Hal tersebut memberi banyak kelebihan. Karena jumlah uang yang diinvestasikan sedikit, risiko yang ditanggung juga rendah. Jadi meski terjadi penurunan atau kehilangan nilai, semua itu masih berada dalam batas toleransi.


Reksa dana sendiri ada banyak jenisnya. Mulai dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran hingga saham, setiap jenis reksa dana memiliki tingkat risiko yang berbeda. Pilihlah reksa dana yang risiko paling rendah. 


5. Investasi Berkala dan Konsisten


Melakukan investasi secara berkala merupakan strategi yang cukup efektif dalam investasi reksa dana. Dengan berinvestasi secara rutin dalam jangka waktu tertentu, misal setiap bulan atau triwulanan, kamu dapat menggunakan metode rata-rata biaya (dollar cost averaging). 


Ketika harga unit reksa dana mengalami peningkatan, kamu akan membeli jumlah unit yang lebih sedikit, dan sebaliknya, ketika harga unit reksa dana mengalami penurunan, kamu akan membeli lebih banyak unit. 


Hal ini dapat membantu mengurangi risiko pergerakan harga pasar yang fluktuatif dan juga memperbanyak aset investasi mu untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.


Nah, sekarang teman Yamin sudah paham kan bagaimana cara mengoptimalkan investasi di reksa dana. Sekarang saatnya praktekan yuk dengan cara berinvestasi reksa dana di SayaKaya


Namun perlu di ingat, sebelum berinvestasi reksa dana, pastikan kamu mengetahui tujuan finansial dan juga profil risiko mu sendiri, agar produk reksa dana yang kamu pilih dapat sesuai dan lebih efektif pada proses pertumbuhan investasinya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 24 Juli 2023

Indonesia Bisa “Naik Kelas”, Kalau.. - Market Outlook 24 Juli 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 21 Juli 2023

Redenominasi Rupiah

Halo teman Yamin! Dari akhir tahun 2022 hingga sekarang, kamu sering mendengar gak rencana bahwa Indonesia akan melakukan kebijakan redenominasi rupiah? Kira-kira apa yang dimaksud dengan redenominasi rupiah dan tujuannya apa sih? Mari kita bahas bersama.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 20 Juli 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Equity Fund

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management. 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.