Ternyata Ini Arti Dari Kata Hawkish dan Dovish

14 Juli 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Ketika kita sedang membaca atau menonton sebuah berita, pernah gak kamu mendengar atau melihat istilah “Hawkish dan Dovish”? Kira-kira istilah tersebut artinya apa ya.


Dalam artikel episode kali ini, kita akan membahas kedua istilah tersebut. Yuk di simak bersama.


Hawkish dan Dovish


Kata Hawkish berasal dari Hawk, alias burung elang. Kemudian kata Dovish berasal dari kata dove yang artinya burung merpati, dua binatang ini merepresentasi dua sifat yang berlawanan. Hawkish memiliki sifat “menyerang” dan terbang menukik ke bawah untuk meraih mangsanya. Dovish memiliki sifat penurut, jinak dan identik terbang sampai ke titik tertinggi. 


Secara umum Hawkish dan Dovish mencerminkan sinyal, indikator, dan bahkan peringatan (warning) dalam sebuah aksi kebijakan pergerakan ekonomi. Biasanya, kita sering mendengar istilah ini ketika menjelang pengumuman perubahan suku bunga yang diumumkan oleh Bank Sentral The Fed.


“Lalu bagaimana perbedaan mendasar mengenai Hawkish dan Dovish?”


Hawkish


"Hawkish" digunakan untuk menggambarkan sikap yang cenderung agresif atau keras terhadap kebijakan moneter. Biasanya, sikap ini mengarah pada peningkatan suku bunga atau pengurangan stimulus moneter guna** mengendalikan inflasi atau mencegah terjadinya gejolak ekonomi yang berlebihan.** 


Pada umumnya, pihak yang memiliki sikap hawkish berpendapat bahwa mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga adalah prioritas utama, bahkan jika itu berarti pertumbuhan ekonomi sementara berpotensi terhambat. 


Mereka cenderung lebih fokus pada kebijakan yang menahan pertumbuhan kredit atau menekan pengeluaran publik untuk mencegah risiko perekonomian yang terlalu panas.


Sebagai contoh untuk Hawkish:


Bank Sentral A berencana meningkatkan suku bunga: Bank Sentral A mengamati bahwa tingkat inflasi sedang mengalami peningkatan dan berada di atas target yang ditetapkan. Untuk mengendalikan tingkat inflasinya, mereka mengambil kebijakan hawkish dengan menaikkan suku bunga. 


Dovish


Di sisi lain, "dovish" merupakan sikap yang cenderung lebih “lunak” terhadap kebijakan moneter. Pihak yang memiliki **sikap dovish berpendapat bahwa **pertumbuhan ekonomi dan peningkatan lapangan kerja harus menjadi prioritas utama, meskipun itu berarti mengorbankan sedikit potensi adanya peningkatan dari inflasi. 


Mereka cenderung lebih mendukung penurunan suku bunga atau langkah-langkah stimulus moneter guna merangsang investasi, konsumsi, dan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. 


Tujuan utamanya yaitu untuk mendorong pertumbuhan dan mengurangi pengangguran, walaupun terdapat risiko adanya peningkatan inflasi.


Sebagai contoh dovish:


Bank Sentral menurunkan tingkat suku bunga: Bank Sentral menghadapi pertumbuhan ekonomi yang melambat dan tingkat pengangguran yang tinggi. Untuk merangsang pertumbuhan dan menciptakan lapangan kerja, mereka mengambil kebijakan dovish dengan menurunkan suku bunga. Langkah ini diharapkan dapat mendorong konsumsi dan investasi, meningkatkan aktivitas ekonomi, dan mengurangi pengangguran.


Jadi bagaimana teman Yamin, sudah pada paham kan perbedaan antara hawkish dan dovish. Bila kamu ingin tahu lebih lanjut berita-berita dan info menari mengenai reksa dana, bisa pantengin terus ya media sosial SayaKaya.


Ingat, bila kamu ingin berinvestasi reksa dana, cuma di SayaKaya tempatnya. Download atau unduh aplikasi SayaKaya di appstore atau playstore kamu sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 12 Juli 2023

Kulik Reksa Dana: Avrist Indeks LQ45

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Avrist Asset Management.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 10 Juli 2023

Prediksi Mengenai Suku Bunga - Market Outlook 10 Juli 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 6 Juli 2023

7 Cara Belajar Reksa Dana dari 0!

Hallo teman Yamin! Mungkin dari kamu masih ada yang bingung untuk mengetahui bagaimana caranya belajar reksa dana dari 0. Di sini kami ingin sharing beberapa tips untuk kamu yang membutuhkannya. Mari kita simak dan ulas bersama ya!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.