Ternyata Ini Fungsi Drawdown Pada Reksa Dana!

16 Juni 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Kali ini kita akan berke­nalan den­gan salah satu indika­tor untuk mengeval­u­asi kin­er­ja dari sebuah pro­duk rek­sa dana. Namun indika­tor ini bukan­lah satu-sat­un­ya indika­tor yang dap­at meny­im­pulkan kin­er­ja dari keselu­ruhan rek­sa dana terkait ya.


Indika­tor terse­but berna­ma “draw­down”. Sudah ada yang tau belum fungsi atau man­faat dari draw­down itu apa? Yuk mari kita ulas bersama.


Draw­down men­gacu pada penu­runan nilai inves­tasi dari pun­cak tert­ing­gi hing­ga titik teren­dah sela­ma peri­ode wak­tu ter­ten­tu. Draw­down dap­at mem­berikan gam­baran ten­tang seber­a­pa besar keru­gian yang mungkin diala­mi oleh investor dalam investasinya. 


Draw­down dihi­tung den­gan mem­band­ingkan nilai inves­tasi saat ini den­gan titik tert­ing­gi yang per­nah dica­pai oleh inves­tasi terse­but. Draw­down juga dap­at mem­ban­tu kamu dalam memu­tuskan berin­ves­tasi lho.


Seba­gai con­toh, kita lihat Rek­sa Dana Pen­da­p­atan Tetap dari Sucor­in­vest Sta­ble Fund yang ada di aplikasi SayaKaya:



Besaran Draw­down dalam 1Y pada rek­sa dana terse­but yaitu ‑0.18%. Hal itu mencer­minkan bah­wa dalam 1 tahun ter­akhir, penu­runan tert­ing­gi dari rek­sa dana pen­da­p­atan tetap Sucor­in­vest Sta­ble Fund sebe­sar ‑0.18%.


Pent­ingnya Drawdown:


Dalam men­ganal­i­sis rek­sa dana, draw­down pent­ing kare­na bisa mem­ban­tu kamu untuk mema­ha­mi risiko yang terkait den­gan kin­er­ja inves­tasinya. Bila nilai draw­down besar, dibu­tuhkan per­tum­buhan inves­tasi yang sig­nifikan hanya untuk men­ca­pai kem­bali titik break even (titik di mana nilai inves­tasi kem­bali sama den­gan nilai awal). Semakin kecil nilai draw­down maka kin­er­ja rek­sa dana semakin baik.


Kamu dap­at meman­tau dan mem­band­ingkan kin­er­ja rek­sa dana yang lain den­gan pro­duk seje­nis berdasarkan nilai draw­down secara ter­atur. Den­gan mem­per­hatikan peruba­han nilai draw­down, kamu bisa mem­bu­at kepu­tu­san yang lebih tepat dalam berin­ves­tasi ser­ta mem­i­ni­mal­isir risiko keru­gian mu.


Kes­im­pu­lan dari pem­ba­hasan kali ini yaitu:


Draw­down meru­pakan salah satu uku­ran yang pent­ing dalam men­gukur risiko inves­tasi dalam rek­sa dana. Mema­ha­mi draw­down mem­ban­tu kamu dalam menge­tahui seber­a­pa besar poten­si keru­gian yang mungkin diala­mi dalam berinvestasi. 


Namun yang pal­ing pent­ing untuk diin­gat, bah­wa seti­ap inves­tasi meli­batkan risiko dan poten­si imbal hasil. Selain itu, kamu harus memi­li­ki tujuan finan­sial dan mema­ha­mi pro­fil risiko diri mu sebelum berin­ves­tasi. Kalo ingin tahu cara beli rek­sa dana dan lang­sung berin­ves­tasi di mana? Di SayaKaya jawa­ban­nya, down­load dan inves­tasi sekarang yuk!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 14 Juni 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Anak Pintar

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 13 Juni 2023

MI Insight: Investor Masih Menunggu Pengumuman FOMC

Hal­lo teman Yamin! Sia­pa di sini yang sudah gak sabar ingin tahu men­ge­nai infor­masi mar­ket dari Man­a­jer Inves­tasi pil­i­han? Kali ini kita akan men­gu­las insight dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. Yuk kita per­hatikan dan baca ulasan berikut.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 12 Juni 2023

Cadangan Devisa Indonesia Turun — Market Outlook 12 Juni 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.