Kondisi Ekonomi Indonesia Cukup Stabil — Market Outlook 22 Mei 2023

22 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. AS Berpoten­si Gagal Bayar


Menteri Keuan­gan Ameri­ka Serikat (AS) Janet Yellen men­gungkap­kan, akan san­gat sulit bagi pemer­in­tah untuk mem­ba­yar utang tan­pa menaikkan batas utang. Menu­rut Janet Yellen, saat ini AS sedang bera­da dalam dead­line untuk menaikkan batas utangnya pada 1 Juni 2023.


Salah satu dampak ter­jadinya gagal bayar yaitu bisa berpoten­si men­gala­mi keka­cauan ekono­mi secara glob­al. Kemu­di­an suku bun­ga juga bisa naik lebih ting­gi dari sebelum­nya. Sekadar infor­masi tam­ba­han, tingkat suku bun­ga AS saat ini sebe­sar 5.25%


2. Bur­sa Asia Mixed


Pada Senin pagi hari (22/5), bur­sa Asia men­gala­mi perg­er­akan yang bervari­asi. Hal ini dicer­minkan dari sikap para investor yang masih berhati-hati dan mem­per­tim­bangkan prospek kenaikan suku bun­ga AS yang lebih tinggi.


Dampak bila meningkat­nya suku bun­ga yaitu biaya kred­it makin ting­gi dan aktiv­i­tas ekono­mi secara glob­al dap­at ter­ham­bat dan juga melam­bat. Diperki­rakan esti­masi kenaikan suku bun­ga pada sep­tem­ber men­ja­di 5.5%


3. IMF: Kon­disi Ekono­mi Indone­sia Cukup Stabil


Pada Sab­tu (20/5), dalam perte­muan antara Pres­i­den Jokowi dan Kristali­na Georgie­va di Hotel Rih­ga Roy­al, Hiroshi­ma, Jepang. Direk­tur Pelak­sana Dana Mon­eter Inter­na­sion­al (IMF) Kristali­na Georgie­va men­gungkap­kan dan meni­lai, bah­wa kon­disi ekono­mi Indone­sia cukup baik dan sta­bil di ten­gah situ­asi perekono­mi­an dunia yang saat ini sedang banyak ketidakpastian.


Pres­i­den juga berpen­da­p­at bila ekono­mi Indone­sia diproyek­sikan akan tum­buh 5,1% pada tahun 2023, dan 5% pada tahun 2024. Selain itu, IMF berharap Indone­sia dap­at ikut ser­ta dalam mem­berikan ban­tu­an kepa­da negara berkem­bang lain­nya.


4. Tingkat Suku Bun­ga Indone­sia  Berpoten­si Turun


Para ekonom mem­proyek­si Bank Indone­sia (BI) akan menu­runk­an suku bun­ga acuan dalam wak­tu dekat secepat­nya pada Agus­tus 2023. Bank Indone­sia cukup memi­li­ki ruang untuk mulai menu­runk­an suku bun­ga acuan­nya. Dikare­nakan tingkat inflasi yang terk­endali sebe­sar 4.33% pada bulan April diband­ing bulan Maret sebe­sar 4.97%, ser­ta nilai tukar rupi­ah ter­hadap dol­lar AS relatif masih terjaga


5**. Sri Mulyani: Ada Empat Tan­ta­n­gan Perekono­mi­an Glob­al ke Depan**


Menteri Keuan­gan Sri Mulyani Indrawati men­gungkap­kan empat tan­ta­n­gan perekono­mi­an glob­al ke depan. Per­ta­ma men­ge­nai kete­gan­gan geopoli­tik, perang antara Rusia dan Ukraina sejak awal 2022. Hal ini berdampak pada aktiv­i­tas perda­gan­gan dan ali­ran inves­tasi glob­al melambat. 


Ked­ua men­ge­nai pesat­nya kema­juan teknolo­gi dig­i­tal yang men­ja­di tan­ta­n­gan bagi perekono­mi­an glob­al. Keti­ga men­ge­nai peruba­han iklim ser­ta respons kebi­jakan yang mengikutinya. Kemu­di­an yang ter­akhir men­ge­nai Covid-19 telah men­ja­di buk­ti bah­wa muncul­nya suatu pan­de­mi tidak dap­at dihindari.


6. Pem­ban­gu­nan Ibu Kota Nusan­tara (IKN) Sudah 29%!


Ket­ua Sat­gas Pelak­sanaan Pem­ban­gu­nan Infra­struk­tur IKN Danis Hiday­at Sumadi­la­ga men­gungkap­kan, pem­ban­gu­nan Ibu Kota Nusan­tara (IKN) masih on the track. Pro­gres pem­ban­gu­nan IKN telah men­ca­pai 29% per 11 Mei 2023.Wilayah infra­struk­tur yang sedang diban­gun oleh pemer­in­tah di IKN meru­pakan kawasan inti pusat pemer­in­ta­han (KIPP) yang memi­li­ki luas 6.671 hek­tare dan di dalam­nya ter­da­p­at istana pres­i­den, perkan­toran kementer­ian, hing­ga peruma­han menteri.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 19 Mei 2023

Tips Menghitung Persentase Imbal Hasil Investasi Mu!

Hal­lo teman Yamin! Persen­tase imbal hasil meru­pakan salah satu indika­tor untuk kita dalam meli­hat per­tum­buhan inves­tasi. Semakin besar persen­tase imbal hasil­nya, maka hati kita semakin baha­gia bukan? Imbal hasil yang ting­gi memu­ngkinkan kita dalam men­ca­pai tujuan finan­sial yang telah direncanakan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 17 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: KISI Equity Fund!

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk Rek­sa Dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma Rek­sa Dana dari Man­a­jer Inves­tasi KISI Asset Management.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 15 Mei 2023

Titik Terang! Indonesia Berpeluang Jadi Negara Maju Dalam 13 Tahun ke Depan! — Market Outlook 15 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.