Mau Sampai Kapan Ngarepin Gaji?

27 Agustus 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Seba­gai sesama peker­ja, Yamin nger­ti banget bah­wa terkadang per­tum­buhan pen­da­p­atan kita tuh nggak sesuai sama apa yang kita hara­p­kan. Boro-boro sesuai den­gan ekspek­tasi, terkadang sama kebu­tuhan saja bisa ngepas banget.



Memang kalau kita rata-ratakan, seper­tinya sela­ma beber­a­pa tahun ter­akhir ini per­tum­buhan gaji beber­a­pa sek­tor tidak tum­buh secepat kenaikan har­ga barang dan jasa.



Kalau kita lihat, mungkin per­tum­buhan salary pal­ing ting­gi ter­ja­di di kalan­gan peker­ja yang berg­er­ak di bidang teknolo­gi. Namun bahkan di bidang terse­but pun belakan­gan juga ser­ing kita den­gar ter­ja­di efisien­si, hir­ing freeze, bahkan lay­off di beber­a­pa perusa­haan. Jadi seba­gai peker­ja yah memang kebanyakan dari kita sulit untuk men­da­p­atkan kenaikan gaji yang ting­gi secara terus-menerus. 


Kare­na itu, san­gat sulit untuk kita men­ca­pai tujuan-tujuan keuan­gan yang ada di dalam hidup kita tan­pa berusa­ha untuk mengem­bangkan aset yang kita mili­ki. Cuma meng­hara­p­kan kenaikan gaji dan menabung saja udah nggak bisa deh kayaknya, mem­ban­tu kamu men­ca­pai seba­gian besar life goals kamu. 


Mari kita lihat con­toh ekstrim 5 orang berikut. Seti­ap dari mere­ka memi­li­ki 25 juta Rupi­ah untuk diin­ves­tasikan seti­ap tahun­nya di IHSG.


End­ing Wealth
(2001–2021)


Ana si Per­fect Timing


Rp2.809.251.189


Dina si Buru-buru 


Rp2.466.775.036


Sari si Suka Nyicil 


Rp2.270.356.474


Peter si FOMO 


Rp1.829.323.970


Lar­ry si Nggak Suka Investasi


Rp525.000.000



Ana si Per­fect Tim­ing, dia inves­tasikan dananya den­gan gaya per­fect tim­ing. Selalu nam­bah posisi keti­ka mar­ket­nya lagi di titik terdalam seti­ap tahunnya. 


Dina si Buru-buru, dia inves­tasikan dananya seti­ap awal tahun tan­pa ngeli­at lagi wak­tun­ya, soal­nya begi­tu dapet uangnya di awal tahun lang­sung deh dibeli­in rek­sa dananya. 


Sari si Suka Nyi­cil, dia bagi tuh uangnya, seti­ap bulan dici­cil sek­i­tar Rp 2 juta seti­ap hari awal bulan.


Peter si FOMO, dia inves­tasinya suka FOMO. Jadinya selalu keba­gian beli di har­ga pucuk tiap tahunnya. 


Sedan­gkan Lar­ry si Nggak Suka Inves­tasi, dia sama sekali anggurin uangnya. Cuma ditaro aja di dalem lemarinya. 


Nah, terny­a­ta sete­lah kita lihat hasil­nya, bahkan Peter si FOMO yang selalu beli di pucuk aja tuh masih jauh lebih baik per­for­ma inves­tasinya diband­ing Lar­ry yang ngang­gurin aja duit­nya. Bahkan, Sari yang nyi­cil aja tuh per­for­manya seben­ernya nggak ter­lalu jauh diband­ingkan Ana yang jago nebak titik teren­dah market. 


Jadi, apa konklusinya? 


Per­ta­ma, hal yang pal­ing pent­ing adalah untuk keep invest­ing dan stay invest­ed. Sela­ma out­look per­tum­buhan negara masih baik dalam jang­ka pan­jang, pasar modal seharus­nya masih akan berg­er­ak naik. 


Ked­ua, perbe­daan antara mar­ket tim­ing dan dol­lar cost aver­ag­ing dalam jang­ka wak­tu pan­jang tidak ter­lalu ter­li­hat. Jadi kamu seben­ernya tuh nggak per­lu jadi dukun supaya bisa men­da­p­atkan return inves­tasi yang baik. 


Keti­ga, tidak berin­ves­tasi sama sekali akan san­gat mem­pen­garuhi per­tum­buhan aset kamu kede­pan­nya. Bahkan per­for­ma inves­tasi Peter si FOMO aja masih jauh berkali-kali lipat diatas Lar­ry si ogah investasi. 


Jadi, mulailah per­jalanan inves­tasi kamu hari ini. Hal-hal kecil yang kamu lakukan hari ini, akan san­gat merubah jalan per­jalanan kamu di masa men­datang. Ten­tu saja kamu bisa mulai den­gan down­load app Sayakaya di Play Store dan App Store dimana kamu bisa beli rek­sa dana indeks dan saham yang per­for­manya nggak kaleng-kaleng lagi. 


Hap­py invest­ing and stay invested!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 28 Maret 2022

Apa Nggak Sayang?

Sum­ber: someecards.com

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 2 Februari 2022

Telur-Telur yang Pecah di Dalam Satu Keranjang

“Porto­fo­lio gue cuan 200% dalam 3 bulan!”

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 31 Januari 2022

Menjadi Investor yang Lebih Lincah

Sela­mat datang di tahun macan air! Apakah kamu tahu, rata-rata berat seekor macan men­ca­pai ham­pir 230 kilo­gram. Namun, macan adalah binatang yang cukup linc­ah. Kecepatan pun­cak seekor macan bisa men­ca­pai 65 kilo­me­ter per jam.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.