Menjadi Investor yang Lebih Lincah

31 Januari 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured


Sela­mat datang di tahun macan air! Apakah kamu tahu, rata-rata berat seekor macan men­ca­pai ham­pir 230 kilo­gram. Namun, macan adalah binatang yang cukup linc­ah. Kecepatan pun­cak seekor macan bisa men­ca­pai 65 kilo­me­ter per jam.


Seba­gai investor yang cukup agre­sif dan secara aktif men­cari alpha, saya juga berharap saya mam­pu men­ja­di investor yang cukup linc­ah. Tujuan saya ten­tu saja adalah, supaya port­fo­lio saya bisa linc­ah berg­er­ak sesuai den­gan kon­disi pasar.


Namun, mar­ket tim­ing untuk para investor itu sebe­narnya cukup sulit. Terkadang, tim­ing yang kita sang­ka seba­gai wak­tu yang tepat untuk beli suatu kelas aset den­gan “murah”, terny­a­ta tidak tepat. Tidak jarang, aset terse­but har­ganya makin murah. Atau seba­liknya. Maka dari itu, cam­pu­ran dari berba­gai kelas aset dan diver­si­fikasi meru­pakan salah satu cara kita untuk meng­hasilkan per­for­ma port­fo­lio lebih baik lagi. 


Menu­rut saya, seba­gai investor retail, saya san­gat menyukai flek­si­bil­i­tas yang ditawarkan oleh rek­sa dana cam­pu­ran. Hal ini dikare­nakan sebuah rek­sa dana cam­pu­ran bisa berg­er­ak relatif seper­ti investor retail, tidak ter­lalu banyak con­straint atau batasan yang ditetapkan.


Mari kita ambil per­bandin­gan­nya. Sebuah rek­sa dana saham memi­li­ki batasan harus memi­li­ki min­i­mal 80% aset mere­ka di saham. Dalam kon­disi pasar saham seper­ti lima tahun ter­akhir dimana IHSG berg­er­ak cen­derung flat/datar, kebanyakan rek­sa dana saham tidak ter­lalu baik performanya.


Sedan­gkan, rek­sa dana cam­pu­ran memi­li­ki kemam­puan untuk rebal­anc­ing port­fo­lio rek­sa dananya sesuai den­gan diskre­si para pen­gelolanya. Seandainya para pen­gelo­la men­ganal­isa pasar dan meny­im­pulkan bah­wa pasar saham akan tidak per­form, maka mere­ka memi­li­ki kemam­puan untuk men­gu­ran­gi por­si saham­nya dan den­gan tin­dakan terse­but, dihara­p­kan bisa melin­dun­gi inves­tasi dari draw­down yang berlebi­han. Lalu para pen­gelo­la inves­tasinya bisa mem­be­li efek lain yang dirasa lebih aman, seper­ti instru­men pasar uang dan obligasi.


Untuk jang­ka wak­tu inves­tasi sendiri, seharus­nya rek­sa dana cam­pu­ran bisa men­ja­di pil­i­han untuk time frame (jang­ka wak­tu) inves­tasi min­i­mal 2–3 tahun keatas, supaya kita tetap bisa men­da­p­atkan return yang lebih optimal.


Di SayaKaya sendiri, ada beber­a­pa rek­sa dana cam­pu­ran yang menu­rut saya, bisa mem­berikan return yang baik dan opti­mal khusus­nya untuk investor retail. 


  1. Sucor­in­vest Flexi Fund

Meru­pakan bal­anced fund den­gan kom­po­sisi saham sek­i­tar 70% dan obligasi/pasar uang sebe­sar min­i­mal 25%. Per­for­manya sela­ma beber­a­pa tahun ter­akhir san­gat baik; den­gan rata-rata return per tahun sek­i­tar 17%* sela­ma 5 tahun ter­akhir, jauh men­galahkan indeks. 


  1. Trimegah Bal­anced Absolute Strategy

Bal­anced fund den­gan ciri khas tilt­ing yang cukup aktif. Jika pasar saham sedang tidak baik, maka kom­po­sisi efek saham dalam rek­sa dana ini bisa men­ja­di cukup min­i­mal, dan seba­liknya jika pasar saham sedang dalam kon­disi bull­ish. Pemil­i­han oblig­asi juga biasanya jatuh kepa­da oblig­asi perusa­haan yang biasanya cen­derung lebih sta­bil secara harga.


  1. Sucor­in­vest Anak Pintar

Memi­li­ki alokasi dana filantropi yang dis­um­bangkan untuk menopang Yayasan Pan­sophia dalam upaya mulia mere­ka menang­gu­lan­gi anak-anak putus seko­lah. Sucor­in­vest Anak Pin­tar memi­li­ki kom­po­sisi yang lebih besar ke efek obligasi/pasar uang jika diband­ingkan den­gan Sucor Flexi Fund, yaitu 25%-40%.


  1. Syailen­dra Bal­anced Oppor­tu­ni­ty Fund

Ter­ma­suk rek­sa dana cam­pu­ran yang relatif lebih agre­sif den­gan alokasi inves­tasi sek­i­tar 60%-70% di efek saham, SBOF iden­tik den­gan pemil­i­han saham-saham yang berkarak­ter­is­tik growth stocks dan tech­nol­o­gy stocks (walaupun tidak menut­up kemu­ngk­i­nan adanya saham val­ue stocks juga disi­ni!). Return SBOF sela­ma setahun ter­akhir cukup baik, dan hal ini juga dikon­tribusikan oleh cukup tingginya alokasi inves­tasi ke cor­po­rate bonds yang memang cen­derung lebih stabil.


Nah, semoga den­gan adanya beber­a­pa ulasan singkat rek­sa dana diatas, teman-teman SayaKaya bisa menen­tukan pil­i­han inves­tasi yang lebih baik lagi untuk men­ja­di investor yang lebih lincah!


*) Berdasarkan data historis


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 31 Januari 2022

Investasi Sambil Rebahan di Tahun Macan Air

Seman­gat men­jalani tahun yang baru ini! Secara prib­a­di, saya san­gat berse­man­gat kare­na pada bulan ini tim SayaKaya telah berhasil melun­curkan aplikasi inves­tasi rek­sa dana kami. Pen­ca­pa­ian ini bukan meru­pakan suatu akhir, namun hanya salah satu dari mile­stone dari per­jalanan yang kami mulai sejak akhir tahun 2020. Ter­i­ma kasih untuk dukun­gan teman-teman semua!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 13 Januari 2022

Layangan Boleh Putus, Tapi...

Belakan­gan ini media sosial heboh sekali den­gan screen­shot, meme, dan review dari web series yang sedang hot, Layan­gan Putus. Disadur dari nov­el terke­nal gara­pan Mom­my ASF, ser­i­al ini suk­ses mem­bu­at banyak istri inse­cure, banyak sua­mi kena getah­nya, dan para muda mudi yang belum menikah mem­per­tim­bangkan ulang pil­i­han jodoh mere­ka nantinya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 13 Januari 2022

New Year, New Habit

Tahun baru, res­o­lusi baru! Seti­ap awal tahun baru, agen­da dan notes kita penuh den­gan res­o­lusi baru yang dit­ulis beru­lang kali namun biasa kita (saya) lupakan di perten­ga­han tahun. 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.