MI Insight: Investor Masih Menunggu Pengumuman FOMC

13 Juni 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Sia­pa di sini yang sudah gak sabar ingin tahu men­ge­nai infor­masi mar­ket dari Man­a­jer Inves­tasi pil­i­han? Kali ini kita akan men­gu­las insight dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. Yuk kita per­hatikan dan baca ulasan berikut.


Hal per­ta­ma yang ingin diba­has yaitu pada kat­e­gori equi­ty. Berikut infor­masi dan insight nya:


1. Mar­ket masih menung­gu pengu­mu­man dari US men­je­lang FOMC (Fed­er­al Open Mar­ket Com­mit­tee) meet­ing nan­ti malam (13/6) hing­ga Rabu esok (14/6) men­ge­nai peruba­han suku bun­ga. Apakah tingkat suku bun­ga akan tetap berta­han di 5.25% atau berubah.


2. Sepekan ke belakang (5–9 Juni) IHSG men­gala­mi pen­ingkatan yang cukup posi­tif dan berpoten­si men­gala­mi recov­ery sete­lah men­gala­mi penu­runan dalam beber­a­pa ming­gu sebelumnya.


3. Q1 tahun 2023, Chi­na dan India mem­pro­duk­si batubara naik cukup ting­gi. Secara kumu­latif, Chi­na telah mem­pro­duk­si batubara dan mel­on­jak sebe­sar 4,8% pada Jan­u­ari-April 2023 men­ja­di 1,53 mil­iar ton. Pro­duk­si terse­but men­gak­i­batkan over­sup­ply sehing­ga berdampak ter­hadap har­ga batubara yang men­gala­mi pelema­han hing­ga lebih dari 50% sejak lev­el tertingginya.


4. Proyek­si dan ekspek­tasi dari analis dari Sucor­in­vest Asset Man­age­ment men­gungkap­kan, pada 1–2 bulan ke depan pada sek­tor ener­gi cen­derung sta­bil dan perg­er­akan­nya tidak ter­lalu volatile.


5. Kemu­di­an dalam beber­a­pa ming­gu ter­akhir, rek­sa dana saham dari Sucor­in­vest Asset Man­age­ment juga memi­li­ki kin­er­ja yang cukup out­per­form diband­ingkan den­gan IHSG. Kon­trib­u­tor dari kenaikan terse­but berasal dari sek­tor ener­gi (khusus­nya batubara pada ADRO dan BUMI).


6. Strate­gi yang dim­i­li­ki oleh Sucor­in­vest Asset Man­age­ment yaitu masih hold saham — saham batubara apala­gi men­je­lang pem­ba­gian div­i­den. Aksi terse­but akan berdampak pada pro­duk rek­sa dana cam­pu­ran dan rek­sa dana saham yang memi­li­ki aset alokasi pada saham sek­tor energi.


Kemu­di­an kita akan meli­hat infor­masi pada kat­e­gori fixed income. Berikut infor­masi dan insight nya:


1. Ming­gu lalu, Yield 10 tahun US memi­li­ki nilai cukup flat sebe­sar 3.7–3,8%, sete­lah tar­get debt ceil­ing sudah dis­e­tu­jui dan menung­gu FOMC ming­gu ini.


2. Dalam tingkat inflasi, mar­ket berek­spek­tasi bah­wa inflasi us akan melambai.


3. Kemu­di­an bila kita meli­hat Yield Oblig­asi 10 tahun di Indone­sia sendiri cukup sta­bil di lev­el 6.3%.


4. Ada­pun ter­jadinya pen­ingkatan per­mintaan sukuk naik dari 54 T ke 60 T yang akan berdampak posi­tif pada pasar oblig­asi Indone­sia secara garis besar.


5. Pan­dan­gan dari analis Sucor­in­vest Asset Man­age­ment men­gungkap­kan, masih ter­da­p­at adanya volatil­i­tas short term pada mar­ket oblig­asi dan masih belum ada katal­is posi­tif lain dalam perkembangannya. 


Saat ini teman Yamin sudah men­da­p­atkan insight kan dari salah satu Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. Semoga insight yang diberikan dap­at dipa­ha­mi dan bisa berman­faat untuk teman-teman semua.


Per­lu diin­gat, bah­wa kepu­tu­san beli dan jual dalam berin­ves­tasi berasal dari diri sendiri dan bukan dari orang lain. Segera mili­ki ren­cana inves­tasi dari sekarang untuk men­ca­pai tujuan finan­sial di masa depan. Tem­pat inves­tasinya di mana? Pasti di SayaKaya dong!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 12 Juni 2023

Cadangan Devisa Indonesia Turun — Market Outlook 12 Juni 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 9 Juni 2023

Kulik Reksa Dana: Syailendra Fixed Income Fund

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Syailen­dra Cap­i­tal. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 8 Juni 2023

Keren! Penawaran Obligasi Pemerintah Indonesia Melonjak

Hal­lo teman Yamin! Ada info ter­baru dan bisa berpoten­si bikin kita cuan nih. Kira-kira apa itu? Yuk kita simak bersama ulasan di bawah ini. Diba­ca sam­pai habis ya!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.