Tips Menghitung Persentase Imbal Hasil Investasi Mu!

19 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Persen­tase imbal hasil meru­pakan salah satu indika­tor untuk kita dalam meli­hat per­tum­buhan inves­tasi. Semakin besar persen­tase imbal hasil­nya, maka hati kita semakin baha­gia bukan? Imbal hasil yang ting­gi memu­ngkinkan kita dalam men­ca­pai tujuan finan­sial yang telah direncanakan.


Bila imbal hasil kita menun­jukkan persen­tase yang posi­tif, tan­danya kita memi­li­ki keun­tun­gan inves­tasi, dan seba­liknya. Biasanya, kita dap­at meli­hat persen­tase imbal hasil inves­tasi di dalam aplikasi SayaKaya.


Tapi ada yang penasaran gak, bagaimana cara menghi­tung imbal hasil inves­tasi Rek­sa Dana kita secara man­u­al. Cara ini seba­gai alter­natif jika perangkat yang digu­nakan untuk mem­bu­ka aplikasi terse­but sedang mati.


Yuk mari kita simak bersama cara menghi­tung persen­tase imbal hasil inves­tasi kita di bawah ini:



Untuk menghi­tung persen­tase imbal hasil, kita memi­li­ki rumus seper­ti gam­bar di atas. Walaupun kita dap­at meli­hat persen­tase imbal hasil Rek­sa Dana di aplikasi SayaKaya, namun gak ada salah­nya kita bela­jar dan menge­tahui dari­mana per­hi­tun­gan imbal hasil terse­but. Sekarang kita masuk ke dalam con­toh kasus ya.


Con­toh kasus:


Mis­al­nya kamu mem­be­li Rek­sa Dana Cam­pu­ran Sucor­in­vest Anak Pin­tar sebe­sar Rp15.000.000 pada tang­gal 9 Sep­tem­ber 2021. Saat itu kamu mem­be­li Rek­sa Dana terse­but den­gan har­ga per unit di lev­el Rp2.108,49.


Kemu­di­an, kamu beren­cana ingin men­jual Rek­sa Dana itu kare­na salah satu tujuan finan­sial mu sudah ter­ca­pai. Kamu men­jual Rek­sa Dananya pada tang­gal 15 Mei 2023 den­gan har­ga per unit sebe­sar Rp2.852,28. 


Sete­lah kamu men­jual Rek­sa Dananya, kira-kira bera­pa imbal hasil yang akan kamu dapat?



Persen­tase imbal hasil Rek­sa Dana yang kamu dap­at sebe­sar 35,27%! Lalu, total jum­lah inves­tasi kamu jadi bera­pa? Ting­gal kita tam­bahin saja, Rp15.000.000,- dita­m­bah Rp5.290.500 (hasil dari Rp15.000.000 X 35,27%). Maka total jum­lah dana inves­tasi kamu sebe­sar Rp20.290.500,-


Sekarang sudah paham kan cara menghi­tung persen­tasenya? Jadi gak usah bin­gung lagi untuk menghi­tung imbal hasil inves­tasi Rek­sa Dana mu. Oh ya, metode ini dap­at diap­likasikan juga lho ke dalam aktiv­i­tas lain, teruta­ma aktiv­i­tas per­hi­tun­gan yang mem­bu­tuhkan jum­lah persen­tase dari suatu peruba­han nilai.


Yuk, mend­ing inves­tasi Rek­sa Dana sekarang di SayaKaya untuk men­ca­pai tujuan finan­sial mu ke depan! Jan­gan lupa dis­esuaikan den­gan ren­cana finan­sial ser­ta pro­fil risiko teman Yamin ya. 


Hap­py investing!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 17 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: KISI Equity Fund!

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk Rek­sa Dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma Rek­sa Dana dari Man­a­jer Inves­tasi KISI Asset Management.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 15 Mei 2023

Titik Terang! Indonesia Berpeluang Jadi Negara Maju Dalam 13 Tahun ke Depan! — Market Outlook 15 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 12 Mei 2023

Tips Investasi Reksa Dana Khusus Newbie!

Hal­lo teman Yamin! Inves­tasi Rek­sa Dana telah men­ja­di salah satu pil­i­han yang pop­uler bagi para pem­u­la yang ingin mem­u­lai per­jalanan mere­ka dalam men­ca­pai tujuan finan­sial­nya. Rek­sa Dana meru­pakan wadah inves­tasi yang ter­diri dari dana yang dikumpulkan dari para investor untuk diin­ves­tasikan ke dalam berba­gai instru­men keuan­gan seper­ti saham, oblig­asi, dan pasar uang. Namun, bagi pem­u­la, anal­i­sis Rek­sa Dana bisa men­ja­di tugas yang menantang.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.