5 Kesalahan Investor Reksa Dana, Pemula Wajib Tahu Nih!

31 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, per­nah menden­gar gak pepatah dari, “guru ter­baik itu salah sat­un­ya bela­jar dari pen­gala­man orang lain?”. Nah, bila kamu ser­ing menden­gar hal itu, artikel ini san­gat tepat sekali untuk dibaca. 


Tidak hanya di dalam kehidu­pan saja kita dap­at bela­jar dari pen­gala­man orang lain, tapi keti­ka ingin berin­ves­tasi bisa juga lho bela­jar dari mere­ka.. Kira-kira apa saja yang bisa di pela­jari dari 5 Kesala­han Investor Rek­sa Dana? Yuk mari kita simak bersama.


1. Belum memi­li­ki tujuan investasi


Salah satu kesala­han pal­ing umum yang dilakukan oleh investor rek­sa dana adalah belum memi­li­ki ren­cana inves­tasi yang jelas. Banyak investor ter­bu­ru-buru untuk berin­ves­tasi tan­pa mem­per­tim­bangkan tujuan keuan­gan mere­ka, jang­ka wak­tu inves­tasi, dan tingkat risiko yang mere­ka siap hadapi.


Pent­ing sekali untuk kita memi­li­ki ren­cana inves­tasi yang ter­per­in­ci sebelum berin­ves­tasi dalam rek­sa dana. Ten­tukan tujuan keuan­gan kita, mis­al­nya untuk mem­be­li rumah, pen­didikan anak, atau dana pen­si­un, dan ten­tukan jang­ka wak­tu inves­tasi yang sesuai. Kemu­di­an, sesuaikan pil­i­han rek­sa dana den­gan pro­fil risiko kamu agar inves­tasi rek­sa dana terse­but bisa ber­jalan secara efek­tif. Den­gan memi­li­ki ren­cana inves­tasi yang jelas, kamu dap­at mem­bu­at kepu­tu­san yang lebih bijak dan kon­sis­ten dalam berin­ves­tasi di rek­sa dana .


2. Tidak berhati-hati memil­ih Man­a­jer Investasi


Kesala­han lain yang ser­ing dilakukan oleh investor pem­u­la adalah tidak berhati-hati memil­ih man­a­jer inves­tasi yang tepat. Man­a­jer inves­tasi memi­li­ki per­an dalam men­gelo­la porto­fo­lio rek­sa dana, dan kin­er­ja dari Man­a­jer Inves­tasi terse­but dap­at berdampak sig­nifikan pada hasil inves­tasi kamu.


Hal yang per­lu kita lakukan yaitu riset yang men­dalam ten­tang man­a­jer inves­tasi sebelum memil­ih rek­sa dana. Perik­sa rekam jejak kin­er­ja mere­ka, bagaimana pen­gala­man dalam per­tum­buhan pen­gelo­laan dana, dan kin­er­ja rek­sa dana yang telah mere­ka kelo­la sebelum­nya. Pil­ih­lah man­a­jer inves­tasi yang memi­li­ki kred­i­bil­i­tas, pen­gala­man, dan pen­dekatan yang sesuai den­gan tujuan inves­tasi Anda. Salah satu indika­tor dalam memil­ih man­a­jer inves­tasi yang baik adalah dil­i­hat dari total dana kelo­laan atau AUM (Asset Under Man­age­ment). Semakin besar AUM maka mencer­minkan semakin bagus rek­sa dana tersebut.


3. Belum mema­ha­mi pro­duk rek­sa dananya


Kesala­han berikut­nya adalah tidak mema­ha­mi pro­duk rek­sa dana den­gan baik sebelum berin­ves­tasi. Banyak investor tidak mem­pela­jari secara men­dalam ten­tang jenis rek­sa dana yang mere­ka pil­ih. Di aplikasi SayaKaya sendiri, ter­da­p­at beber­a­pa jenis rek­sa dana, seper­ti rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, rek­sa dana cam­pu­ran, rek­sa dana saham dan rek­sa dana indeks.


Sebelum berin­ves­tasi, ada baiknya kita melu­angkan wak­tu untuk mem­pela­jari pro­duk rek­sa dana den­gan lebih lengkap. Paha­mi karak­ter­is­tik, jenis inves­tasi, dan strate­gi inves­tasi dari mas­ing-mas­ing jenis rek­sa dana. Apakah rek­sa dana yang dip­il­ih cen­derung cocok buat jang­ka pen­dek, menen­gah, atau jang­ka panjang.


4. Belum mema­ha­mi pro­fil risiko


Seba­gian investor pem­u­la ser­ingkali belum mema­ha­mi den­gan baik pro­fil risiko inves­tasi mere­ka mas­ing-mas­ing. Keco­cokan pro­fil risiko dap­at berdampak pada pengam­bi­lan kepu­tu­san inves­tasi rek­sa dana. Ada beber­a­pa pro­fil risiko yang bisa kita ketahui, yaitu pro­fil risiko kon­ser­vatif, mod­er­at, dan agresif.


Pro­fil risiko kon­ser­vatif biasanya investor yang memil­ih pro­duk rek­sa dana den­gan risiko min­im. Pro­fil risiko mod­er­at adalah investor yang memil­ih pro­duk rek­sa dana den­gan risiko menen­gah dan poten­si imbal hasil menen­gah. Sedan­gkan, pro­fil risiko agre­sif meru­pakan investor yang berani memil­ih pro­duk rek­sa dana den­gan poten­si imbal hasil ting­gi, walaupun risikonya juga tinggi.


Hal yang per­lu dilakukan sebelum berin­ves­tasi yaitu mema­ha­mi pro­fil risiko kamu sendiri. Bila kamu menge­tahui pro­fil risiko nya, sete­lah itu kamu dap­at memil­ih rek­sa dana yang sesuai den­gan pro­fil risiko ser­ta tujuan keuan­gan jang­ka pan­jang mu agar kin­er­ja inves­tasinya dap­at sejalan dan efektif.


5. Tidak melakukan strate­gi diversifikasi


Kesala­han ter­akhir yang ser­ing dilakukan oleh investor rek­sa dana yaitu tidak melakukan diver­si­fikasi dalam porto­fo­lio mere­ka. Beber­a­pa investor cen­derung memil­ih hanya satu jenis rek­sa dana atau men­ga­lokasikan selu­ruh inves­tasi mere­ka pada satu instru­men atau sek­tor ter­ten­tu. Hal ini dap­at meningkatkan risiko pada rek­sa dana bila ter­da­p­at risiko pasar yang ter­ja­di secara signifikan.


Bila kamu ingin mem­i­ni­mal­isir keru­gian dalam berin­ves­tasi di rek­sa dana, strate­gi diver­si­fikasi adalah kun­ci untuk men­gu­ran­gi risikonya. Sebaiknya alokasikan dana inves­tasi mu ke beber­a­pa jenis rek­sa dana yang berbe­da, ter­ma­suk rek­sa dana saham, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, pasar uang, dan sebagainya.Dengan melakukan diver­si­fikasi yang efek­tif, kamu dap­at men­gu­ran­gi risiko keru­gian dan meningkatkan pelu­ang keun­tun­gan dalam jang­ka panjang.


Itu beber­a­pa kesala­han investor rek­sa dana yang ser­ingkali dilakukan. Untuk kamu yang ingin berin­ves­tasi, ada baiknya pela­jari lebih lan­jut men­ge­nai pro­duk dan ilu ten­tang rek­sa dana ter­lebih dahu­lu. Siap­kan ren­cana finan­sial, paha­mi pro­fil risiko yang kamu pun­ya, dan segera berin­ves­tasi rek­sa dana di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 31 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Trimegah Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 29 Mei 2023

AS Gak Jadi Gagal Bayar? — Market Outlook 29 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 25 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Premium Fund

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.