Apa Nggak Sayang?

28 Maret 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured


Sum­ber: someecards.com


Baru-baru ini, saya berkun­jung ke Pekan­baru. Suatu kota di mana saya tidak per­nah meng­in­jakkan kaki sebelumnya.


Pekan­baru meru­pakan kota yang cukup diun­tungkan oleh perke­bunan kela­pa saw­it. Berke­bun saw­it bukan meru­pakan hal yang asing untuk mere­ka; banyak pen­duduk di sana yang menaruh inves­tasinya dalam ben­tuk perke­bunan sawit.


Kebe­tu­lan saya bera­da di Pekan­baru dalam rang­ka meng­hadiri pernika­han teman saya. Ten­tu saja itu berar­ti saya harus berkun­jung ke salon, kare­na memang ram­but saya ini sulit untuk diatur kalau tidak dipegang oleh para pro­fe­sion­al di bidan­gnya, hehe­he. Maka dari itu, saya memu­tuskan untuk berkun­jung ke sebuah jaringan salon yang sudah cukup besar dan lama di Indonesia.


Kebe­tu­lan salon ini bera­da di sebuah ruko nia­ga di pusat bis­nis Pekan­baru. Keti­ka men­go­b­rol den­gan teman saya ten­tang salon ini, saya diberi tahu bah­wa salon ini bera­da berse­be­la­han den­gan cabang dari suatu perusa­haan seku­ri­tas, hanya satu di antara sedik­it sekali perusa­haan seku­ri­tas yang mem­bu­ka cabang disana.


“Kalau kamu lihat, Jess. Itu tidak sam­pai beber­a­pa ruko dari sana ada suatu perusa­haan ber­jang­ka yang kan­tornya jauh lebih megah dan tiga kali lipat lebih besar dari ruko perusa­haan seku­ri­tas X terse­but.” ujar teman saya, Andre.


Wah, saya lang­sung penasaran. Sesam­painya di sana, saya lang­sung menga­mati ked­ua kan­tor terse­but. Memang betul, kan­tor perusa­haan seku­ri­tas ter­li­hat lebih old-school sedan­gkan kan­tor perusa­haan ber­jang­ka ter­li­hat lebih megah dan mewah. Bahkan terny­a­ta di sek­i­tar area yang sama, ada sebuah cafe keren yang ter­afil­iasi den­gan perusa­haan MLM robot trad­ing yang kini telah diblokir oleh Bappepti.


Iseng googling, saya men­da­p­ati ada beber­a­pa kasus MLM robot trad­ing dan futures yang sedang dalam pen­dala­man dan sidang dari Pekan­baru. Salah sat­un­ya berni­lai hing­ga Rp 85 mil­yar. Angka yang fan­tastis, dan begi­tu sayang jika hilang lenyap begi­tu saja.


Mungkin secara nat­ur­al manu­sia bisa ter­tarik oleh kemasan yang begi­tu indah dan menarik, hing­ga tidak men­dala­mi apakah “isi” dari pro­duk terse­but sah, legal atau tidak ada.


Pen­da­p­at dari teman saya yang meru­pakan war­lok alias war­ga lokal di sana pun mengiyakan bah­wa cukup banyak war­ga dis­ana lebih memil­ih untuk men­cari “inves­tasi” dalam ben­tuk MLM robot trad­ing dan futures terse­but diband­ingkan den­gan inves­tasi di pro­duk yang risikonya lebih ren­dah, seper­ti oblig­asi, rek­sa dana (dalam berba­gai jenis), dan saham; kare­na asum­si mere­ka pro­duk MLM dan futures terse­but mem­berikan return yang lebih besar dan pasti tan­pa men­ge­nal betul kon­sep risiko dalam investasi.


Salah satu alasan men­ga­pa banyak yang tidak berin­ves­tasi pada instru­men oblig­asi, rek­sa dana, dan saham adalah kare­na keti­dak­tahuan mere­ka akan pro­duk-pro­duk terse­but. Beta­pa sayangnya jika masyarakat di sana tidak terus diberikan edukasi ten­tang pro­duk inves­tasi yang memi­li­ki risiko lebih rendah.


Kare­na itu, saya senang sekali terus bera­da di Sayakaya di mana saya bisa mem­ban­tu teman-teman untuk kenal den­gan pro­duk rek­sa dana yang sudah terkurasi den­gan baik. Pada kesem­patan ini, saya juga san­gat excit­ed untuk men­ge­nalkan salah satu pro­duk rek­sa dana cam­pu­ran baru yang telah muncul di Sayakaya, yaitu Trimegah Bal­anced Absolute Strat­e­gy atau dis­ingkat BASTRA.


Rek­sa dana ini meru­pakan rek­sa dana cam­pu­ran den­gan tar­get absolute return, di mana rek­sa dana bertu­juan untuk mem­berikan return posi­tif seti­ap tahun­nya den­gan tar­get sek­i­tar bun­ga depos­i­to dita­m­bah 5%. Dilun­curkan pada May 2019, rek­sa dana ini telah mem­berikan return 74.9% sejak diluncurkan.


Rek­sa dana ini meru­pakan salah satu rek­sa dana favorit saya juga, kare­na meru­pakan rek­sa dana den­gan ciri khas tilt­ing. Beber­a­pa rek­sa dana cam­pu­ran biasanya memi­li­ki kom­po­sisi aset yang cukup khas, mis­al­nya yang lebih berarah ke saham atau ke oblig­asi. Namun untuk BASTRA, kom­po­sisi asset­nya san­gat flek­si­bel den­gan alokasi saham bisa bervari­asi dari 30% hing­ga 70% sesuai den­gan kon­disi market.


Salah satu con­toh flek­si­bil­i­tas dari rek­sa dana ini bisa kita lihat dari perg­er­akan kom­po­sisi port­fo­lionya di beber­a­pa bulan ter­akhir. Kare­na tingginya angka inflasi dan keadaan sosiopoli­tik di Eropa tidak menen­tu, para pen­gelo­la inves­tasi dari Trimegah BASTRA mulai mengisi port­fo­lio mere­ka den­gan saham bank­ing dan komod­i­tas di bulan Desem­ber, yang terny­a­ta cukup mem­berikan hasil yang lumayan keti­ka Rusia melakukan invasi ter­hadap Ukraina.


Lebih lan­jut lagi, keti­ka mar­ket sedang men­gala­mi fase bear­ish, kom­po­sisi saham di port­fo­lio Trimegah Bas­tra hanya sek­i­tar 40% namun seir­ing den­gan indikasi rever­sal, kom­po­sisi saham di port­fo­lio mere­ka lan­tas naik ke sek­i­tar 60% den­gan tert­ing­ginya sek­i­tar 70% di perten­ga­han bulan Maret ini (boco­ran khusus nih dari yang meny­i­mak webi­nar den­gan Trimegah tang­gal 24 Maret kemarin).


Nah, dari­pa­da sayang kare­na uang hasil ker­ja bertahun-tahun hilang ditaruh di MLM robot atau trad­ing komod­i­tas yang memi­li­ki spread dan komisi ting­gi, lebih baik kita memil­ih instru­men lain yang lebih aman dan legal. Opsinya, bisa kamu temukan den­gan down­load aplikasi Sayakaya di mana kami sudah selek­si rek­sa dana yang memi­li­ki kin­er­ja baik!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 2 Februari 2022

Telur-Telur yang Pecah di Dalam Satu Keranjang

“Porto­fo­lio gue cuan 200% dalam 3 bulan!”

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 31 Januari 2022

Menjadi Investor yang Lebih Lincah

Sela­mat datang di tahun macan air! Apakah kamu tahu, rata-rata berat seekor macan men­ca­pai ham­pir 230 kilo­gram. Namun, macan adalah binatang yang cukup linc­ah. Kecepatan pun­cak seekor macan bisa men­ca­pai 65 kilo­me­ter per jam.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 31 Januari 2022

Investasi Sambil Rebahan di Tahun Macan Air

Seman­gat men­jalani tahun yang baru ini! Secara prib­a­di, saya san­gat berse­man­gat kare­na pada bulan ini tim SayaKaya telah berhasil melun­curkan aplikasi inves­tasi rek­sa dana kami. Pen­ca­pa­ian ini bukan meru­pakan suatu akhir, namun hanya salah satu dari mile­stone dari per­jalanan yang kami mulai sejak akhir tahun 2020. Ter­i­ma kasih untuk dukun­gan teman-teman semua!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.