Apa Nggak Sayang? - SayaKaya
Sum­ber: someecards.com

Baru-baru ini, saya berkun­jung ke Pekan­baru. Suatu kota di mana saya tidak per­nah meng­in­jakkan kaki sebelumnya.

Pekan­baru meru­pakan kota yang cukup diun­tungkan oleh perke­bunan kela­pa saw­it. Berke­bun saw­it bukan meru­pakan hal yang asing untuk mere­ka; banyak pen­duduk di sana yang menaruh inves­tasinya dalam ben­tuk perke­bunan sawit.

Kebe­tu­lan saya bera­da di Pekan­baru dalam rang­ka meng­hadiri pernika­han teman saya. Ten­tu saja itu berar­ti saya harus berkun­jung ke salon, kare­na memang ram­but saya ini sulit untuk diatur kalau tidak dipegang oleh para pro­fe­sion­al di bidan­gnya, hehe­he. Maka dari itu, saya memu­tuskan untuk berkun­jung ke sebuah jaringan salon yang sudah cukup besar dan lama di Indonesia.

Kebe­tu­lan salon ini bera­da di sebuah ruko nia­ga di pusat bis­nis Pekan­baru. Keti­ka men­go­b­rol den­gan teman saya ten­tang salon ini, saya diberi tahu bah­wa salon ini bera­da berse­be­la­han den­gan cabang dari suatu perusa­haan seku­ri­tas, hanya satu di antara sedik­it sekali perusa­haan seku­ri­tas yang mem­bu­ka cabang disana.

“Kalau kamu lihat, Jess. Itu tidak sam­pai beber­a­pa ruko dari sana ada suatu perusa­haan ber­jang­ka yang kan­tornya jauh lebih megah dan tiga kali lipat lebih besar dari ruko perusa­haan seku­ri­tas X terse­but.” ujar teman saya, Andre.

Wah, saya lang­sung penasaran. Sesam­painya di sana, saya lang­sung menga­mati ked­ua kan­tor terse­but. Memang betul, kan­tor perusa­haan seku­ri­tas ter­li­hat lebih old-school sedan­gkan kan­tor perusa­haan ber­jang­ka ter­li­hat lebih megah dan mewah. Bahkan terny­a­ta di sek­i­tar area yang sama, ada sebuah cafe keren yang ter­afil­iasi den­gan perusa­haan MLM robot trad­ing yang kini telah diblokir oleh Bappepti.

Iseng googling, saya men­da­p­ati ada beber­a­pa kasus MLM robot trad­ing dan futures yang sedang dalam pen­dala­man dan sidang dari Pekan­baru. Salah sat­un­ya berni­lai hing­ga Rp 85 mil­yar. Angka yang fan­tastis, dan begi­tu sayang jika hilang lenyap begi­tu saja.

Mungkin secara nat­ur­al manu­sia bisa ter­tarik oleh kemasan yang begi­tu indah dan menarik, hing­ga tidak men­dala­mi apakah “isi” dari pro­duk terse­but sah, legal atau tidak ada.

Pen­da­p­at dari teman saya yang meru­pakan war­lok alias war­ga lokal di sana pun mengiyakan bah­wa cukup banyak war­ga dis­ana lebih memil­ih untuk men­cari “inves­tasi” dalam ben­tuk MLM robot trad­ing dan futures terse­but diband­ingkan den­gan inves­tasi di pro­duk yang risikonya lebih ren­dah, seper­ti oblig­asi, rek­sa dana (dalam berba­gai jenis), dan saham; kare­na asum­si mere­ka pro­duk MLM dan futures terse­but mem­berikan return yang lebih besar dan pasti tan­pa men­ge­nal betul kon­sep risiko dalam investasi.

Salah satu alasan men­ga­pa banyak yang tidak berin­ves­tasi pada instru­men oblig­asi, rek­sa dana, dan saham adalah kare­na keti­dak­tahuan mere­ka akan pro­duk-pro­duk terse­but. Beta­pa sayangnya jika masyarakat di sana tidak terus diberikan edukasi ten­tang pro­duk inves­tasi yang memi­li­ki risiko lebih rendah.

Kare­na itu, saya senang sekali terus bera­da di Sayakaya di mana saya bisa mem­ban­tu teman-teman untuk kenal den­gan pro­duk rek­sa dana yang sudah terkurasi den­gan baik. Pada kesem­patan ini, saya juga san­gat excit­ed untuk men­ge­nalkan salah satu pro­duk rek­sa dana cam­pu­ran baru yang telah muncul di Sayakaya, yaitu Trimegah Bal­anced Absolute Strat­e­gy atau dis­ingkat BASTRA.

Rek­sa dana ini meru­pakan rek­sa dana cam­pu­ran den­gan tar­get absolute return, di mana rek­sa dana bertu­juan untuk mem­berikan return posi­tif seti­ap tahun­nya den­gan tar­get sek­i­tar bun­ga depos­i­to dita­m­bah 5%. Dilun­curkan pada May 2019, rek­sa dana ini telah mem­berikan return 74.9% sejak diluncurkan.

Rek­sa dana ini meru­pakan salah satu rek­sa dana favorit saya juga, kare­na meru­pakan rek­sa dana den­gan ciri khas tilt­ing. Beber­a­pa rek­sa dana cam­pu­ran biasanya memi­li­ki kom­po­sisi aset yang cukup khas, mis­al­nya yang lebih berarah ke saham atau ke oblig­asi. Namun untuk BASTRA, kom­po­sisi asset­nya san­gat flek­si­bel den­gan alokasi saham bisa bervari­asi dari 30% hing­ga 70% sesuai den­gan kon­disi market.

Salah satu con­toh flek­si­bil­i­tas dari rek­sa dana ini bisa kita lihat dari perg­er­akan kom­po­sisi port­fo­lionya di beber­a­pa bulan ter­akhir. Kare­na tingginya angka inflasi dan keadaan sosiopoli­tik di Eropa tidak menen­tu, para pen­gelo­la inves­tasi dari Trimegah BASTRA mulai mengisi port­fo­lio mere­ka den­gan saham bank­ing dan komod­i­tas di bulan Desem­ber, yang terny­a­ta cukup mem­berikan hasil yang lumayan keti­ka Rusia melakukan invasi ter­hadap Ukraina.

Lebih lan­jut lagi, keti­ka mar­ket sedang men­gala­mi fase bear­ish, kom­po­sisi saham di port­fo­lio Trimegah Bas­tra hanya sek­i­tar 40% namun seir­ing den­gan indikasi rever­sal, kom­po­sisi saham di port­fo­lio mere­ka lan­tas naik ke sek­i­tar 60% den­gan tert­ing­ginya sek­i­tar 70% di perten­ga­han bulan Maret ini (boco­ran khusus nih dari yang meny­i­mak webi­nar den­gan Trimegah tang­gal 24 Maret kemarin).

Nah, dari­pa­da sayang kare­na uang hasil ker­ja bertahun-tahun hilang ditaruh di MLM robot atau trad­ing komod­i­tas yang memi­li­ki spread dan komisi ting­gi, lebih baik kita memil­ih instru­men lain yang lebih aman dan legal. Opsinya, bisa kamu temukan den­gan down­load aplikasi Sayakaya di mana kami sudah selek­si rek­sa dana yang memi­li­ki kin­er­ja baik!

Gambar Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

Market Research 26 November 2022: Akan Ada Apa di Ekonomi 2023?

26/11/2022 Read more
Gambar Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

Keep The Investment Ball Rolling! World Cup 2022 In Numbers

25/11/2022 Read more
Gambar Jessica Berbicara

Jessica Berbicara

25/11/2022 Read more
Sayakaya Logo
Copyright ©2022 Landing page
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10250
phone 021-2526985
email hi@sayakaya.id