Berkenalan Yuk Dengan “AUM” di Reksa Dana

23 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Salah satu indika­tor untuk memil­ih dan memi­lah Rek­sa Dana dalam berin­ves­tasi dap­at dil­i­hat dari perkem­ban­gan AUM-nya. Tapi sudah pada tahu belum AUM itu apa? 


Yuk kita bahas bersama!


AUM atau Asset Under Man­age­ment meru­pakan total nilai dana kelo­laan man­a­jer inves­tasi di dalam sebuah pro­duk Rek­sa Dana. Semakin besar nom­i­nal AUM, dap­at dis­im­pulkan bah­wa kin­er­ja Man­a­jer Inves­tasi dalam men­gelo­la dana investor pada suatu aset Rek­sa Dana semakin baik.


Selain itu, di dalam dunia inves­tasi AUM men­ja­di salah satu bahan per­tim­ban­gan ter­hadap kual­i­tas kin­er­ja man­a­jer inves­tasi dan man­a­je­men perusa­haan. Investor dap­at meman­tau kesta­bi­lan per­tum­buhan AUM dalam memu­tuskan pemil­i­han Rek­sa Dana untuk berinvestasi. 


Asset Under Man­age­ment (AUM) bagi para investor


Ter­da­p­at beber­a­pa hal bagi investor men­ga­pa AUM men­ja­di salah satu acuan dalam memil­ih suatu Rek­sa Dana untuk berinvestasi:


1. Peni­la­ian ter­hadap likuid­i­tas: semakin besar jum­lah AUM, maka investor men­gang­gap bah­wa semakin ting­gi juga adanya jam­i­nan pada pen­cairan dana inves­tasi dalam jum­lah besar.


2. Peni­la­ian ter­hadap kin­er­ja dan transparan­si Man­a­jer Inves­tasi: den­gan menge­tahui per­tum­buhan AUM pada suatu Rek­sa Dana, investor dap­at meli­hat bagaimana kin­er­ja man­a­jer inves­tasi terse­but dari wak­tu ke wak­tu. Fak­tor ini cukup pent­ing bagi investor dalam memil­ih suatu Rek­sa Dana.


3. Peni­la­ian ter­hadap keper­cayaan inves­tasi: semakin ting­gi tingkat AUM yang dim­i­li­ki oleh suatu Rek­sa Dana dan man­a­jer inves­tasi, maka diyaki­ni semakin ting­gi juga keper­cayaan investor ter­hadap Rek­sa Dana dan man­a­jer inves­tasi tersebut.


Seba­gai contoh:



Asset Under Man­age­ment (AUM) dari pro­duk Sucor­in­vest Pre­mi­um Fund di aplikasi SayaKaya dalam kat­e­gori Rek­sa Dana Cam­pu­ran memi­li­ki total dana kelo­laan sebe­sar Rp1.98 Tril­i­un. Besaran dana terse­but men­ja­di gam­baran aset yang dikelo­la oleh Man­a­jer Inves­tasi dalam suatu pro­duk investasi. 


Con­toh lain, mis­al­nya kamu berin­ves­tasi di Rek­sa Dana sebe­sar Rp15 juta. Den­gan begi­tu, dana yang kamu inves­tasikan telah  men­ja­di bagian dari AUM sebuah pro­duk aset terkait. Pihak Man­a­jer Inves­tasi akan men­gop­ti­malkan dana inves­tasinya den­gan melakukan aktiv­i­tas jual-beli aset agar dap­at mem­berikan imbal hasil yang efek­tif dan mak­si­mal di masa yang akan datang.


Per­lu diin­gat, nom­i­nal Asset Under Man­age­ment dap­at berubah dari wak­tu ke wak­tu ter­gan­tung pada kin­er­ja man­a­jer inves­tasi dan penam­ba­han atau pen­gu­ran­gan jum­lah dana investor yang berin­ves­tasi di aset terkait. 


Seba­gai investor yang bijak, kita dis­arankan untuk meli­hat per­tum­buhan AUM sebelum berin­ves­tasi, salah sat­un­ya den­gan cara meli­hat perg­er­akan grafik yang ter­da­p­at pada tiap pro­duk Rek­sa Dana di aplikasi SayaKaya.


Walaupun begi­tu, indika­tor AUM bukan­lah satu-sat­un­ya indika­tor yang dap­at mencer­minkan keselu­ruhan dari kin­er­ja aset yang kamu pil­ih. Ter­da­p­at beber­a­pa indika­tor lain yang dap­at kamu pelajari.


Nah sekarang kamu sudah kenal kan sama yang namanya AUM atau Asset Under Man­age­ment. Sekarang wak­tun­ya ting­gal inves­tasi Rek­sa Dana aja lang­sung di aplikasi SayaKaya. Pil­ih pro­duk Rek­sa Dana yang sesuai den­gan tujuan finan­sial dan pro­fil risiko mu ya.


Hap­py Investing!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 22 Mei 2023

Kondisi Ekonomi Indonesia Cukup Stabil — Market Outlook 22 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 19 Mei 2023

Tips Menghitung Persentase Imbal Hasil Investasi Mu!

Hal­lo teman Yamin! Persen­tase imbal hasil meru­pakan salah satu indika­tor untuk kita dalam meli­hat per­tum­buhan inves­tasi. Semakin besar persen­tase imbal hasil­nya, maka hati kita semakin baha­gia bukan? Imbal hasil yang ting­gi memu­ngkinkan kita dalam men­ca­pai tujuan finan­sial yang telah direncanakan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 17 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: KISI Equity Fund!

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk Rek­sa Dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma Rek­sa Dana dari Man­a­jer Inves­tasi KISI Asset Management.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.