Cara Mencari Uang Tambahan untuk Mahasiswa

7 November 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Buat kamu yang masih mahasiswa dan sedang membutuhkan tambahan uang untuk membiayai kuliah serta kebutuhan sehari-hari! Pasti kamu sudah mencoba berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, seperti magang, menjadi tutor, menjual barang bekas, bahkan menjadi driver ojek online.


Tapi apakah kamu pernah mencoba berinvestasi di pasar modal? Investasi di pasar modal bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang menarik untuk mahasiswa. Dengan modal kecil, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai investasinya.Tertarik untuk mencoba? Yuk simak tips investasi untuk pemula seperti mahasiswa di bawah ini!


Cara Membuat Uang Ekstra Untuk Mahasiswa


Selama kuliah, uang saku selalu menjadi masalah. Beruntung, ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan uang ekstra sebagai mahasiswa:


1. Investasi. Bila kamu menginvestasikan uangmu ke dalam instrumen keuangan reksa dana, kamu bisa menghasilkan pengembalian investasi yang bagus dalam jangka panjang. Lakukan riset dan pelajari cara berinvestasi dengan bijak. Setelah memulai dengan modal kecil, kamu bisa mendapat untung dari kenaikan harga aset.


2. Kerja paruh waktu. Cari pekerjaan yang bisa kamu lakukan di sela-sela kuliah, seperti menjadi kasir di toko, pengantar pizza, atau tutor. Banyak perusahaan yang mencari karyawan paruh waktu dengan jam kerja fleksibel yang sesuai dengan jadwal kuliah kamu.


3. Mengambil survei online. Situs seperti Survey Junkie dan Swagbucks memungkinkan kamu mengambil survei dan kuesioner online untuk uang tunai atau hadiah. Isi kuesioner di sela-sela waktu luangmu dan kumpulkan poin yang bisa ditukar dengan uang atau kartu hadiah.


4. Menjual barang bekas. Cari barang-barang berharga yang sudah tidak kamu gunakan di rumah, seperti pakaian, sepatu, buku, atau peralatan elektronik. Jual barang-barang tersebut di situs jual beli online. Kamu bisa mendapatkan uang dari penjualan barang bekas yang masih berkualitas.


Dengan sedikit usaha, kamu pasti bisa mencari cara untuk mendapatkan uang ekstra selama masa kuliah. Semangat!


Ide Bisnis Kecil yang Bisa Dilakukan Mahasiswa


Sebagai mahasiswa, kamu pasti selalu mencari cara untuk mendapatkan uang tambahan. Salah satu ide bisnis kecil yang bisa kamu coba adalah membuka usaha jasa kebersihan. Banyak mahasiswa yang sibuk dengan kuliah dan tugas, sehingga membutuhkan jasa kebersihan untuk membersihkan kamar atau apartemen mereka.


Jasa kebersihan


1. Mulailah dengan membuat daftar pelanggan dari teman satu kampus atau kompleks tempat tinggal. Tawarkan paket harga khusus untuk mahasiswa.


2. Siapkan peralatan kebersihan dasar seperti lap, sapu, tong sampah, pembersih lantai, kaca dan lainnya. Kamu bisa membelinya secara online atau di toko penjual peralatan kebersihan.


3. Buat jadwal rutin untuk membersihkan kamar dan apartemen pelanggan. Pastikan untuk selalu tepat waktu dan memberikan hasil kerja terbaik. Pelanggan yang puas akan merekomendasikan jasa kamu ke teman lain.


4. Untuk memulai, kamu bisa membersihkan 3-4 kamar per minggu. Jika bisnismu berkembang, rekrut teman untuk membantu. Bagi hasil keuntungan bersama mereka.


Dengan ide bisnis kecil ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk membiayai kuliah. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk bertemu banyak orang dan membangun relasi.


Pekerjaan Paruh Waktu Terbaik Untuk Mahasiswa


Sebagai mahasiswa, mencari pekerjaan paruh waktu yang fleksibel dan menghasilkan uang tambahan adalah ide yang bagus. Berikut adalah beberapa pilihan pekerjaan paruh waktu terbaik untuk mahasiswa:


A. Penjaga toko


Para penjaga toko dapat mengatur jam kerja mereka di seputar jadwal kuliah dan ujian mereka. Mereka bertanggung jawab atas operasi harian toko, seperti membantu pelanggan, menangani transaksi, dan memastikan toko tetap rapi.


B. Pengiriman makanan


Jika kamu memiliki kendaraan sendiri, mengantarkan makanan dari restoran ke pelanggan dapat menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Pengiriman makanan tidak memerlukan jadwal yang tepat dan kamu dapat bekerja kapanpun kamu mau.


C. Penyedia Jasa Online


Mahasiswa dapat menawarkan jasa online mereka di situs web seperti Fiverr atau Upwork. Hal ini dapat mencakup penulisan konten, pemasaran media sosial, desain grafis, dan banyak lagi. Penyedia jasa online dapat menetapkan harga sendiri, jadi jika kamu memiliki keahlian yang diminati, kamu dapat memperoleh penghasilan yang baik.


D. Tutor Privat/Pembimbing Belajar


Jika kamu menguasai mata pelajaran tertentu, menawarkan jasa atau pembimbing belajar dapat menjadi pekerjaan sampingan yang sangat menguntungkan. Tarif rata-rata untuk tutor adalah Rp75.000-Rp 200.000 per jam. Sebagai tutor, kamu dapat membuat jadwal kerja kamu sendiri di sekitar jadwal kuliah kamu.


Kiat Hemat Uang Agar Punya Tabungan Lebih


Beberapa tips hemat uang untuk mahasiswa perguruan tinggi dapat membantu mengumpulkan tabungan lebih banyak. Ini akan memberimu kebebasan finansial dan membuatmu siap menghadapi tantangan keuangan di masa depan.


1. Hemat Uang dengan Memasak Sendiri


Memasak makanan sendiri adalah salah satu cara termudah untuk menghemat uang. Makan di luar atau memesan jasa pengiriman makanan dapat dengan cepat menguras dompetmu. Coba memasak makanan sederhana di rumah, seperti nasi, telur, sayuran, dan daging sapi atau ayam.


Kumpulkan resep-resep yang kamu sukai dan praktikkan. Setelah beberapa saat, kamu akan lihai dalam memasak dan menghemat ratusan ribu per bulan.


2. Cari Beasiswa


Mencari beasiswa adalah cara cerdas untuk membiayai kuliah tanpa utang. Banyak perguruan tinggi dan yayasan swasta menawarkan beasiswa berdasarkan kebutuhan atau prestasi akademik.


Ajukan permohonan untuk semua beasiswa yang kamu kualifikasi. Jika kamu memenuhi syarat, kamu bisa mendapatkan dana bantuan dalam membayar uang kulaih kamu.


3. Cari Pekerjaan Paruh Waktu yang Fleksibel


Pekerjaan paruh waktu yang fleksibel dapat menambah penghasilan tanpa mengganggu jadwal kuliahmu. Cari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan kamu.


Cara Investasi Untuk Mahasiswa Pemula


Sebagai mahasiswa kuliah, menghasilkan uang ekstra dapat membantu meringankan beban keuangan dan biaya kuliah. Salah satu cara terbaik untuk mahasiswa mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan berinvestasi.


Meskipun mungkin terdengar rumit, berinvestasi sebenarnya dapat sangat sederhana dan mudah dilakukan bahkan oleh mahasiswa pemula.


a. Mulai dengan apa yang kamu ketahui


Sebagai pemula, investasikan uang kamu di tempat yang familiar dan nyaman bagi kamu seperti Sayakaya. Dengan berinvestasi di perusahaan yang kamu ketahui dan gunakan, kamu dapat dengan mudah memahami tentang bisnis mereka dan prospeknya di masa depan.


b. Lakukan riset


Sebelum membeli reksa dana, lakukan riset untuk memahami bisnis dan kinerja keuangan mereka. Baca laporan tahunan terbaru mereka dan teliti tren penjualan & keuntungan dari tahun ke tahun. Periksa apakah kinerja dari produk reksa dana itu sangat baik atau kurang bertumbuh. Semakin banyak kamu belajar, semakin baik keputusan investasi yang dapat kamu buat.


c. Mulai dengan dana kecil


Saat kamu baru memulai, mulai investasikan dengan dana kecil terlebih dahulu sambil kamu memahami cara kerja dari investasi yang kamu pilih seperti reksa dana misalnya. Dengan berinvestasi secara konsisten dalam jumlah kecil, kamu dapat membangun kekayaan dalam jangka panjang tanpa mengambil risiko yang terlalu besar.


Investasi Reksa Dana di SayaKaya


Kamu bisa memulai investasi reksa dana di SayaKaya yang sudah terdaftar di OJK dengan minimal Rp10.000. Di SayaKaya kamu juga bisa belajar bagaimana memulai investasi untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Download sekarang dan mulailah berinvestasi.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 6 November 2023

Tips Solo Traveling Aman Untuk Para Wanita

Beberapa bulan lagi kita sudah masuk di akhir tahun 2023. Mungkin artikel ini bisa menjadi inspirasi buat kamu nantinya. Halo teman Yamin! sebagian orang beranggapan kalau traveling sendiri itu penuh risiko, apalagi kalau wanita yang solo traveling.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 3 November 2023

Penasaran dengan Kinerja Reksa Dana? Kenalkan Treynor Ratio

Halo teman Yamin! Mungkin beberapa waktu lalu kamu telah membaca artikel dari SayaKaya yang bercerita tentang bagaimana cara menganalisis reksa dana melalui pengukuran sharpe ratio.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 2 November 2023

Efek Stress Terhadap Kesehatan Kamu, Kelola Stress Dengan Cara Ini

Halo teman Yamin! Kamu pasti sering merasakan stres dalam kehidupan sehari-hari kan? Stres itu wajar dan bahkan berguna tapi dalam dosis kecil ya. Terlalu banyak stres juga bisa berdampak buruk pada kesehatanmu.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.