Ini Tips Mengelola THR Dan Gaji Secara Bijak Di Bulan Ramadhan

18 Maret 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji secara bijak menjadi sangat penting untuk memastikan kebutuhan sehari-hari terpenuhi agar tidak mengalami kekurangan di akhir bulan. Apalagi selama bulan puasa pengeluaran dapat meningkat karena adanya kebutuhan tambahan seperti makanan sahur dan berbuka bagi umat muslim (khususnya), serta persiapan untuk merayakan Idul Fitri dan juga berkunjung ke kampung halaman.


Disini Yamin mau memberikan beberapa tips untuk mengelola THR dan gaji secara bijak selama Bulan Ramadan agar finansial kalian tidak mengalami kerugian. Yuk kita lihat tipsnya!


A. Buatlah Daftar Prioritas Kebutuhan


Meski uang THR diberikan dalam nominal yang cukup besar, tetap saja tidak mungkin bisa kita gunakan untuk memenuhi semua keinginan. Buatlah daftar prioritas yang sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa menggunakan metode 50-30-20 yaitu buat posko untuk kebutuhan prioritas sebesar 50%, kemudian 30% untuk investasi atau dana darurat, dan 20% disisihkan untuk keinginan pribadi, seperti membagikan amplop ke saudara-saudara, membeli baju lebaran, dan sebagainya.


B. Disiplin Alokasi Pengeluaran


Setelah membuat daftar prioritas kebutuhan, pastikan untuk menerapkan kedisiplinan pada biaya pengeluarannya. Menjaga kedisiplinan dalam mengalokasikan pengeluaran merupakan langkah penting setelah menyusun daftar pada prioritas kebutuhan. Dengan mematuhi rencana pengeluaran, kita dapat memastikan bahwa setiap langkah keuangan yang diambil sesuai dengan tujuan jangka panjang serta memberikan ketenangan pikiran dan stabilitas finansial.


C. Hindari Pembelian Impulsif dan Perilaku Konsumtif


Mendapat uang lebih seringkali menjadi penyebab meningkatnya pengeluaran impulsif yang tidak diperlukan. Alokasikan dana THR sesuai dengan kebutuhan prioritas, disiplin dalam alokasi pada pengeluaran dan jangan lupa untuk investasikan sebagian THR untuk masa depan. Dengan mengambil langkah ini, kita dapat mengelola THR dengan bijak, menjaga keseimbangan antara kebutuhan saat ini dan tujuan keuangan masa depan kamu, serta mencegah meningkatnya pengeluaran impulsif yang tidak perlu.


Nah, di atas adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengelola THR dan gaji di Bulan Ramadan secara bijak. Jangan ragu untuk menambah aset baru ke dalam portofolio investasi kamu. Pahami tujuan investasi dan profil risiko kamu sebelum berinvestasi pada instrumen keuangan, salah satunya instrumen reksa dana. Jika sudah tau tujuan dan profil risikonya, langsung investasi reksa dana di SayaKaya sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 15 Maret 2024

Strategi Investasi untuk Membangun Kemandirian Finansial di Bulan Ramadan

Halo teman Yamin! Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan. Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan suci yang penuh berkah dan juga merupakan kesempatan bagi kita untuk meningkatkan kemandirian finansial melalui investasi. Tujuan utama berinvestasi di bulan Ramadan ini adalah untuk membangun kemandirian finansial dalam jangka panjang, sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain agar meraih berkah dalam setiap langkah yang diambil. Berikut ini adalah beberapa strategi investasi yang dapat membantu kamu membangun kemandirian finansial di bulan Ramadan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Promo 15 Maret 2024

Bulan Ramadan Enaknya Emang Manfaatin Promo THR!

Halo teman Yamin! Mumpung bulan Ramadan masih berlangsung, ada promo yang bisa kamu pertimbangkan lho di aplikasi SayaKaya, Promo ini bisa kamu manfaatkan dengan ketentuan dan syarat berlaku di bawah ini ya:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Promo 15 Maret 2024

Wih, Mesti Dapetin Promo 3.3 Nih Guys!

Halo teman Yamin! Kapan lagi nih manfaatin promo di aplikasi SayaKaya dari Bahana? Buruan sebelum kehabisan! Tapi jangan lupa yah dibaca dulu untuk ketentuan dan syarat yang berlaku:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.