Strategi Investasi untuk Membangun Kemandirian Finansial di Bulan Ramadan

15 Maret 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Ramadan. Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan suci yang penuh berkah dan juga merupakan kesempatan bagi kita untuk meningkatkan kemandirian finansial melalui investasi. Tujuan utama berinvestasi di bulan Ramadan ini adalah untuk membangun kemandirian finansial dalam jangka panjang, sehingga dapat memberikan manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain agar meraih berkah dalam setiap langkah yang diambil. Berikut ini adalah beberapa strategi investasi yang dapat membantu kamu membangun kemandirian finansial di bulan Ramadan.


Kira-kira bagaimana ya strategi untuk membangun kemandirian finansial di bulan Ramadan, yuk kita ulas bersama.


1. Memilih Investasi Yang Tepat


Mulailah berinvestasi dan mempelajari berbagai instrumen investasi terlebih dahulu, salah satunya seperti reksa dana. Pilihlah instrumen yang sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko kamu. Karena investasi merupakan bagian yang berasal dari apa yang kamu butuhkan, bukan apa kata orang.


2. Mengatur Rencana Keuangan yang Efektif Selama Bulan Ramadan


Dengan adanya kewajiban menunaikan zakat maupun sedekah (khusus bagi umat muslim), serta meningkatnya pengeluaran untuk kebutuhan berbuka dan sahur, sangat penting sekali untuk merencanakan anggaran dengan cermat. Tujuan keuangan yang dibuat haruslah spesifik dan teratur, sesuai dengan prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely). Tuliskan tujuan keuangan, baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang dan pastikan tujuan tersebut bisa diukur.


3. Mengelola Risiko Dalam Berinvestasi di Bulan Ramadan


Identifikasikan potensi risiko keuangan yang mungkin dihadapi dalam perjalananu Mencapai tujuan finansial. Contohnya, kehilangan pekerjaan, perubahan kondisi pasar dalam berbisnis maupun berinvestasi, keadaan mendadak yang membutuhkan dana darurat, dan sebagainya. Langkah ini membuat kita lebih cermat dalam melakukan manajemen risiko keuangan yang tepat, seperti mempunyai dana darurat atau diversifikasi dalam investasi.


Nah, di atas adalah beberapa strategi investasi yang bisa membantu kamu untuk mencapai kemandirian finansial di bulan Ramadan ini. Kamu bisa mulai berinvestasi sekarang di SayaKaya! Semoga melalui perencanaan ini, kamu dapat mengambil langkah yang menguntungkan bagi diri sendiri serta memberi manfaat kepada orang lain dan meraih keberkahan dalam setiap perjalanan investasinya.


Kamu juga bisa mempertimbangkan salah satu produk reksa dana berikut untuk dimasukan ke dalam portofoliomu. Namun balik lagi, sebelum berinvestasi bisa disesuaikan terlebih dahulu tujuan investasi dan profil risikomu yah..


Image Artikel.png


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Promo 15 Maret 2024

Bulan Ramadan Enaknya Emang Manfaatin Promo THR!

Halo teman Yamin! Mumpung bulan Ramadan masih berlangsung, ada promo yang bisa kamu pertimbangkan lho di aplikasi SayaKaya, Promo ini bisa kamu manfaatkan dengan ketentuan dan syarat berlaku di bawah ini ya:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Promo 15 Maret 2024

Wih, Mesti Dapetin Promo 3.3 Nih Guys!

Halo teman Yamin! Kapan lagi nih manfaatin promo di aplikasi SayaKaya dari Bahana? Buruan sebelum kehabisan! Tapi jangan lupa yah dibaca dulu untuk ketentuan dan syarat yang berlaku:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 14 Maret 2024

Ketidakpastian Ekonomi Global Berpotensi Mereda - Market Outlook 14 Maret 2024

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih bijak lagi. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.