Berikut Waktu yang Tepat Untuk Jual Reksa Dana

27 Februari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Reksa dana memang jadi pilihan menarik untuk masyarakat yang ingin mengembangkan dana yang dimiliki. Tapi, banyak juga yang belum tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual aset reksa dana tersebut.


Waktu Jual Reksa Dana yang Tepat


Jika kamu masih sering bertanya-tanya kapan waktu yang paling tepat untuk jual reksa dana, tidak perlu merasa bingung lagi. Tapi sebelum kamu tahu kapan waktu yang tepat, penting sekali untuk memiliki alasan kenapa kamu ingin jual aset kamu. Supaya lebih jelas, yuk sama-sama kita cari tahu kapan waktu yang pas untuk jual reksa dana kamu!


1. Saat Kebutuhan Mendesak


Jika memang kamu sedang butuh dana mendadak, menjual aset adalah solusi terbaik, tidak ada salahnya buat menjual reksa dana. Asalkan kamu bisa menghitung sendiri berapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dan berapa kerugian yang mungkin kamu tanggung karena jual aset reksa dana.


2. Sudah Sampai ke Tujuan Investasi


Jika ternyata kamu sudah mencapai tujuan investasi, tentu tidak ada salahnya jika kamu jual aset reksa dana. Misalnya saja, kamu berinvestasi reksa dana supaya bisa membeli mobil. Ternyata uang yang kamu investasikan sudah sesuai sama target yang kamu bikin. Jadi, kamu bisa langsung jual aset reksa dana kamu dan bisa digunakan untuk beli mobil impian.


3. Saat Pindah Manajer Investasi


Saat kamu ingin melakukan berpindah manajer investasi, kamu harus menarik atau menjual aset reksa dana terlebih dahulu. Selanjutnya, aset reksa dana ini bisa kamu investasikan lewat manajer investasi lain yang lebih profesional. Tapi, jika kamu memang ingin ganti manajer investasi, pastikan untuk benar-benar riset manajer investasi yang sesuai sama keinginan kamu.


4. Kinerja Menurun


Hal lain yang juga bisa jadi alasan kamu untuk jual reksa dana yaitu jika kinerjanya sudah mulai menurun dan jarang memberikan kamu keuntungan. Apabila hal seperti ini sudah terjadi, memang bisa jadi pertimbangan jika kamu menjual aset reksa dana dibandingkan harus mengalami kerugian. Atau kamu dapat melakukan switching antara produk satu ke produk lainnya dalam satu manajer investasi.


Jika kamu sudah investasi reksa dana dan memiliki alasan kuat untuk jual reksa dana, tidak perlu ragu untuk jual aset kamu. Setelah kamu jual aset reksa dana, selanjutnya kamu bisa menentukan apakah ingin investasi lagi atau coba investasi reksa dana dengan manajer investasi yang lain.


Yuk tambahkan aset reksa danamu sekarang untuk mencapai tujuan finansial di masa depan melalui aplikasi SayaKaya yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 26 Februari 2024

Pemerintah Siapkan Dana Segini untuk Bansos - Market Outlook 26 Februari 2024

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 23 Februari 2024

Bagaimana Cara Membeli reksa dana? Dan Pahami Cara Kerjanya

Halo teman Yamin! Kalau kamu mau mulai berinvestasi dan ternyata belum tahu bagaimana cara membeli reksa dana, penting sekali untuk memahami bagaimana cara membelinya serta paham bagaimana cara kerjanya. Membeli reksa dana tidak sesulit yang kamu bayangkan apalagi kalau ternyata kamu sudah paham caranya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 22 Februari 2024

Kamu Wajib Tahu, Ini yang Dilakukan oleh Manajer Investasi

Halo teman Yamin! Sudah seringkan kita mendengar kata “Manajer Investasi” dalam investasi reksa dana? Manajer investasi merupakan pihak yang memegang peran dalam mengelola dan mengoptimalkan investasi untuk para nasabah atau perusahaan yang mempercayakan dana investasi mereka.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.