Info Menarik! Ini Kriteria Penting dalam Memilih Manajer Investasi di Bulan Ramadan

13 Maret 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Oh iya, bulan Ramadan bukan hanya tentang spiritualitas dan ibadah lho, tetapi juga tentang keberkahan finansial. Bagi sebagian dari kita, ini adalah momen yang ideal untuk melakukan investasi, dan salah satu pilihan yang bisa menjadi pertimbangan yaitu melalui reksa dana.


Namun, sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi, sangat penting sekali untuk memilih manajer investasi yang tepat. Berikut adalah beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan ketika memilih manajer investasi khususnya untuk berinvestasi di bulan Ramadan:


1. Pengawasan yang Jelas!


Sebelum kamu memilih manajer investasi, pastikan terlebih dahulu MI sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Kenuangan (OJK). Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerugian akibat penipuan, karena banyak juga pihak atau oknum tidak bertanggung jawab di luar sana yang mengumpulkan dana dari masyarakat dan menjanjikan keuntungan.


Bila mendapat Izin dari OJK, dapat mencerminkan bahwa manajer investasi tersebut dapat dipercaya. Sehingga kamu bisa lebih fleksibel dan bijak lagi dalam memilih produk reksa dana untuk diinvestasikan.


2. Reputasi dan Pengalaman


Penting untuk memeriksa reputasi dan pengalaman manajer investasi yang kamu pertimbangkan. Carilah manajer investasi yang telah terbukti memiliki rekam jejak yang kuat dan pengalaman yang relevan dalam mengelola dana di pasar keuangan, termasuk pengalaman khusus selama bulan Ramadan jika memungkinkan.


3. Strategi Investasi


Setiap manajer investasi memiliki pendekatan yang berbeda terhadap pengelolaan portofolio mereka. Beberapa mungkin lebih cenderung pada strategi pertumbuhan jangka panjang, sementara yang lain mungkin fokus pada pendapatan rutin atau perlindungan modal. Pastikan bahwa strategi pengelolaan dana dari manajer investasi tersebut sejalan dengan tujuan dan profil risiko kamu.


4. Konsistensi Kinerja


Tinjau kinerja historis dari reksa dana yang dikelola oleh manajer tersebut, khususnya selama bulan Ramadan. Perhatikan konsistensi kinerja selama periode waktu yang relevan. Meskipun kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan, konsistensi kinerja dapat memberikan indikasi tentang kemampuan manajer untuk mengelola dana secara efektif dalam berbagai kondisi pasar, termasuk selama bulan Ramadan.


5. Transparansi dan Komunikasi


Pastikan manajer investasi memberikan tingkat keterbukaan yang tinggi dalam hal pengelolaan dana pada keputusan investasi. kamu harus dapat dengan jelas memahami strategi investasi mereka, alokasi aset, dan biaya yang terkait. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan interaksi dan komunikasi dari manajer investasi tersebut. Kamu harus merasa nyaman dan diinformasikan tentang perkembangan portofolio dari kinerja produk reksa dana yang dimiliki dari masing-masing manajer investasi.


Dalam memilih manajer investasi pada reksa dana untuk berinvestasi di bulan Ramadan, penting untuk mengambil waktu untuk melakukan riset dan evaluasi yang cermat. Dengan memperhatikan kriteria-kriteria di atas, kamu dapat memilih manajer investasi yang sesuai dengan tujuan keuangan dan kebutuhan investasi kamu selama bulan yang penuh berkah ini.


Nah sekarang waktunya deh tambah aset di portofolio investasimu. Ada 8 manajer investasi nih di aplikasi SayaKaya yang sudah terkurasi secara profesional dan diawasi oleh OJK. Yuk investasi sekarang di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 8 Maret 2024

5 Aktivitas Keuangan Seru di Bulan Ramadan, Mesti Lakuin!

Halo teman Yamin! Wah dikit lagi sudah masuk bulan Ramadan nih. Bulan Ramadan bukan hanya tentang puasa dan ibadah, tetapi juga tentang merenungkan dan meningkatkan aspek-aspek kehidupan lainnya, termasuk kesadaran finansial.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 7 Maret 2024

7 Tips Mengajarkan Anak Investasi Sejak Dini

Halo teman Yamin! Buat kamu yang sudah memiliki buah hati, ada tips kecil-kecilan nih yang bisa jadi inspirasi untuk mengajarkan anak dalam berinvestasi. Kamu tau kan, Investasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. Namun, banyak orang dewasa yang baru mulai mempelajari investasi ketika sudah dewasa, yang dapat mengurangi potensi pertumbuhan kekayaan mereka.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 6 Maret 2024

Yuk, Mari Berkenalan dengan Reksa Dana Syariah

Halo teman Yamin, sudah tahu beluma apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa dana syariah merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa jadi pertimbangan kamu, terutama bagi yang ingin berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Investasi ini menawarkan kesempatan bagi kamu untuk mengalokasikan dana investasi ke dalam portofolio yang dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.