Yuk, Mari Berkenalan dengan Reksa Dana Syariah

6 Maret 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin, sudah tahu beluma apa itu Reksa Dana Syariah? Reksa dana syariah merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa jadi pertimbangan kamu, terutama bagi yang ingin berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Investasi ini menawarkan kesempatan bagi kamu untuk mengalokasikan dana investasi ke dalam portofolio yang dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam.


Apa Itu Reksa Dana Syariah?


Reksa dana syariah adalah reksa dana yang dikelola sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Artinya, dana yang diinvestasikan akan dialokasikan pada instrumen-instrumen keuangan yang diizinkan dalam Islam, seperti saham-saham perusahaan yang tidak terlibat dalam industri perjudian, minuman beralkohol, perusahaan rokok, dan instrumen keuangan lain yang tidak memenuhi kriteria syariah.


Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 20/DSN-MUI/IV/2001, disebutkan bahwa hukum reksa dana syariah adalah mubah atau diperbolehkan.


Setelah membahas pengertian reksa dana syariah dan hukumnya, kali ini akan dibahas perbedaan reksa dana syariah dan konvensional, selengkapnya berikut ini.


1. Adanya Proses Cleansing


Proses cleansing mengacu pada proses pemisahani dana dari investasi yang dianggap tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam, seperti melibatkan larangan terhadap riba, perjudian, gharar (ketidakpastian yang berlebihan), dan investasi dalam bisnis yang dianggap haram.


Dalam pengelolaan dana investasi, biasanya akan muncul riba dalam bentuk bunga. Saat dana mengendap di bank kustodian. Adanya riba ini akan mengganggu status kehalalan dana investasi. Untuk itu, proses cleansing atau pembersihan ini diberlakukan.


Umumnya, pihak pengelola dana akan mengalokasikan dana tersebut pada keperluan amal. Jadi, pemilik modal tidak akan menerima riba dari proses pengelolaan dana investasi di akhir periode.


2. Pengawasan khusus dari DPS


Reksa dana syariah mendapat pengawasan khusus dari DPS (Dewan Pengawas Syariah). Hal ini tidak ditemukan pada reksa dana konvensional yang hanya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). DPS memiliki bertugas mengawasi jalannya pengelolaan dana investasi syariah. Badan ini memastikan bahwa seluruh proses investasi syariah tetap berjalan sesuai dengan ketentuan syariah Islam.


Tidak hanya itu, DPS juga mengawasi direksi pengelola investasi syariah, kemudian Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), komisaris, hingga Bank Indonesia (BI).


Dengan adanya Dewan Pengawas Syariah, investasi reksa dana syariah bukan hanya aman dari segi hukum negara saja, tetapi juga aman dari segi prinsip syariah Islam.


Keuntungan Investasi dalam Reksa Dana Syariah


a. Diversifikasi Portofolio


Reksa dana syariah biasanya melakukan diversifikasi portofolio yang baik, karena alokasi dana dilakukan pada berbagai instrumen keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah.


b. Potensi Imbal Hasil yang Kompetitif


Meskipun ada pembatasan dalam pemilihan instrumen investasi, reksa dana syariah masih memiliki potensi untuk memberikan imbal hasil yang kompetitif dengan instrumen-instrumen investasi konvensional.


Reksa dana syariah dapat menjadi pertimbangan bagi kamuuntuk berinvestasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Reksa dana syariah dapat dibeli oleh kalangan siapapun. Salah satu reksa dana yang memiliki kinerja optimal yaitu Sucorinvest Sharia Balanced Fund. Kinerja reksa dana dalam satu tahun terakhir 7.46% (last updated: 5 Maret 2024).


Namun, seperti investasi lainnya, penting bagi kamu untuk memahami tujuan investasi dan profil risiko sebelum berinvestasi pada reksa dana. Kalau sudah tau tujuan dan profil risikonya, yuk investasi reksa dana di SayaKaya sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 1 Maret 2024

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Money Market Fund - 1 Maret 2024

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 28 Februari 2024

Rekomendasi Aplikasi untuk Beli Reksa Dana Syariah

Halo teman Yamin! Banyak orang yang seringkali merasa bingung saat ingin mulai berinvestasi. Apabila kamu ingin melakukan investasi dengan membeli reksa dana Syariah, maka penting untuk memilih aplikasi Reksa dana yang tepat.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 27 Februari 2024

Berikut Waktu yang Tepat Untuk Jual Reksa Dana

Halo teman Yamin! Reksa dana memang jadi pilihan menarik untuk masyarakat yang ingin mengembangkan dana yang dimiliki. Tapi, banyak juga yang belum tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual aset reksa dana tersebut.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.