Pengaruh Teknologi Finansial (Fintech) dalam Investasi Reksa Dana

7 Februari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Kamu merasakan gak, teknologi telah mengubah cara dunia berinvestasi saat ini. Perkembangan teknologi membawa inovasi yang mengubah cara orang berinvestasi, mengelola portofolio, dan mengakses informasi pasar. Berikut adalah beberapa pengaruh utama teknologi terhadap dunia investasi:


1. Aksesibilitas yang lebih baik


Salah satu dampak paling signifikan dari teknologi dalam investasi adalah peningkatan aksesibilitas. Platform investasi yang diluncurkan melalui aplikasi, memungkinkan kamu lebih mudah untuk membeli, menjual, dan mengelola investasi tanpa harus melalui perantara secara tradisional. Selain itu, hal ini bisa mencakup ke berbagai lapisan masyarakat untuk berinvestasi dengan mudah tanpa ada batasan wilayah manapun.


2. Informasi pengetahuan yang terjangkau


Kini, kamu bisa belajar ilmu pengetahuan investasi melalui aplikasi. Di SayaKaya, kamu bisa mendapatkan berita dan informasi terbaru melalui artikel yang ada di sana. Dari market update, penjelasan spesifik mengenai reksa dana, dan artikel menarik lainnya. Dengan bertambahnya ilmu pengetahuanmu pada dunia investasi, maka secara gak sadar kemampuan dalam mengelola investasi pada portofoliomu juga bertambah besar lho.


3. Peningkatan likuiditas


Dengan pengaruh teknologi, hal itu bisa meningkatkan likuiditas pada pasar reksa bagi investor individu dan institusional. Sebagai contoh, bisa memungkinkan para investor untuk membeli atau menjual unit reksa dana dengan lebih mudah dan cepat.


Meskipun terdapat dampak positif dari perkembangan Fintech dalam investasi reksa dana, penting untuk diingat bahwa ada juga risiko terkait, seperti risiko keamanan data, risiko teknologi, dan risiko regulasi. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan penelitian yang cermat sebelum menggunakan platform Fintech dan memastikan bahwa mereka memahami sepenuhnya risiko yang terlibat.


Namun kamu tidak perlu khawatir, salah satu syarat melihat kredibilitas dan tingkat keamanan sebuah aplikasi reksa dana berasal dari pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Nah, aplikasi investasi reksa dana SayaKaya sudah di awasi OJK, berikut nomor registrasinya KEP-17/PM.21/2021


Sekarang kamu sudah paham kan pengaruh dari berkembangnya teknologi. Yuk lanjut berinvestasi reksa dana sekarang di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 6 Februari 2024

4 Gaya Hidup Generasi Milenial yang Bisa Mengancam Keuangan Tidak Sehat

Halo teman Yamin! Apakah kamu termasuk dari generasi milenial? Generasi ini dikenal sebagai kelompok yang aktif, inovatif, dan cenderung memiliki preferensi gaya hidup yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 5 Februari 2024

Ini Hak-hak Investor Reksa Dana yang Perlu Kamu Tahu!

Halo teman Yamin! Kamu tau gak, ternyata sebagai investor kamu juga memiliki hak lho. Sebagai seorang investor, sangat penting untuk memahami hak-hak kamu agar dapat melakukan keputusan investasi yang cerdas dan merasa aman dalam berinvestasi. Berikut adalah beberapa hak penting yang dimiliki oleh setiap investor:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 2 Februari 2024

Mengapa Rebalancing Portofolio itu Penting? Ini Jawabannya

Halo teman Yamin! Pernah mendengar kata “rebalancing”? Salah satu konsep penting yang perlu dipahami oleh kamu sebagai investor reksa dana adalah "rebalancing" atau penyesuaian kembali portofolio. Rebalancing menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan dan memaksimalkan potensi pengembalian investasi dalam jangka panjang. Yuk kita bahas!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.