Mengapa Rebalancing Portofolio itu Penting? Ini Jawabannya

2 Februari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Pernah mendengar kata “rebalancing”? Salah satu konsep penting yang perlu dipahami oleh kamu sebagai investor reksa dana adalah "rebalancing" atau penyesuaian kembali portofolio. Rebalancing menjadi kunci untuk menjaga keseimbangan dan memaksimalkan potensi pengembalian investasi dalam jangka panjang. Yuk kita bahas!


Apa itu Rebalancing?


Rebalancing yaitu tindakan mengatur atau mengelola kembali alokasi aset dalam portofolio investasi agar sesuai dengan tujuan investasi awalmu. Dalam konteks reksa dana, portofolio terdiri dari berbagai instrumen seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang.


Alokasi awalmu mungkin berubah seiring waktu karena nilai aset masing-masing memiliki perubahan kinerja. Oleh karena itu, tindakan rebalancing diperlukan untuk mengembalikan proporsi aset ke tingkat yang diinginkan.


Mengapa Rebalancing Penting?


Berikut beberapa hal penting dari rebalancing portofolio investasi kita.


1. Pertahankan Risiko yang Diinginkan


Rebalancing membantu kamu sebagai investor reksa dana untuk menjaga tingkat risiko portofolio sesuai dengan toleransi risikonya masing-masing. Jika kinerja satu jenis aset reksa dana lebih baik dari yang lain, alokasi aset dapat berubah, dan risiko portofolio pun dapat meningkat. Rebalancing membantu kamu mengurangi risiko dengan mengembalikan portofolio ke proporsi yang diinginkan.


2. Optimalkan Pengembalian Investasi


Ketika beberapa instrumen dalam portofolio mencapai kinerja di atas rata-rata, rebalancing memungkinkan kamu untuk merealokasikan keuntungan tersebut ke instrumen lain yang mungkin sedang di bawah rata-rata. Hal ini dapat mengoptimalkan pengembalian investasi dalam jangka panjang.


3. Pertahankan Tujuan Investasi


Investor biasanya memiliki tujuan investasi jangka panjang, seperti untuk pensiun atau pendidikan anak. Rebalancing membantu memastikan bahwa portofolio investasimu tetap sesuai dengan tujuan tersebut, karena perubahan kondisi pasar dapat memengaruhi keseimbangan aset.


Ini Cara Melakukan Rebalancing


Penasaran bagaimana cara melakukan rebalancing, mari kita kupas bersama-sama.


a. Periode Rebalancing


Kamu perlu menentukan frekuensi rebalancing yang sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko mereka. Beberapa melakukan rebalancing setiap kuartal, setahun sekali, atau saat alokasi aset mengalami perubahan signifikan.


b. Analisis Kinerja


Sebelum melakukan rebalancing, kamu perlu menganalisis kinerja masing-masing instrumen di dalam portofolio. Ini membantu identifikasi instrumen mana yang kinerja asetnya melebihi atau di bawah target.


c. Alokasi Kembali Aset Investasmu


Setelah menganalisis, kamu dapat mengalokasikan kembali aset dengan menjual instrumen yang melampaui target dan menginvestasikan hasilnya ke instrumen yang kurang dari target.


Dengan memahami konsep rebalancing, kamu dapat menjaga kondisi portofolio agar tetap sesuai dengan tujuan investasi dan meningkatkan peluang meraih hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang.


Penting bagi kamu untuk memantau kondisi pasar dan melakukan tindakan yang diperlukan secara berkala untuk menjaga keseimbangan portofolio investasi.


Sekarang sudah paham soal rebalancing? Yuk investasi reksa dana lagi di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 1 Februari 2024

Teruntuk Umur 20-an, Ini Pesan Buatmu

Halo teman Yamin! Untuk kamu yang telah menginjak usia 20-an. Mengelola keuangan di usia tersebut adalah langkah awal yang krusial untuk membangun pondasi keuangan yang kokoh di masa depan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 31 Januari 2024

Ini Lho 5 "Privilege" Berinvestasi di Reksa Dana

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang sudah menjadi investor reksa dana di SayaKaya? Kamu perlu tahu nih ada beberapa privilege yang bisa kamu dapatkan ketika berinvestasi reksa dana selain mendapatkan potensi imbal hasilnya dalam jangka panjang. Kira-kira apa saja yah, yuk simak bersama.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 30 Januari 2024

Ini Dia Buah - Buahan untuk Diet di Malam Hari

Halo teman Yamin! Kamu pasti pernah mendengar saran untuk makan buah-buahan sebagai cemilan sehat. Tapi apa kamu tahu bahwa ada buah-buahan tertentu yang dapat membantu menurunkan berat badan, terutama jika dikonsumsi di malam hari.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.