7 Strategi Investasi Setelah Pemilu 2024

19 Februari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Beberapa waktu lalu kita sudah menggunakan hak suara untuk memilih siapa yang menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden dalam 5 tahun ke depan. Walaupun memang, pada saat artikel ini ditulis, hasil perhitungan suara secara riil belum selesai.


Tapi Yamin mendoakan, siapapun nanti yang menjadi pemimpin di Indonesia, semoga bisa memegang amanat dan membawa Indonesia lebih berkembang secara positif dibanding masa sebelumnya.


Berbicara mengenai pemilu dan juga investasi, kali ini kita akan membahas beberapa strategi investasi setelah diadakannya pemilu. Kita simak bersama ya!


1. Tujuan Investasi dan Profil Risiko

Walaupun masih ada potensi volatilitas yang terjadi setelah berlangsungnya pemilu, namun hal pertama yang mesti kita perhatikan sebelum berinvestasi yaitu menentukan tujuannya terlebih dahulu. Tentukan tujuan investasi kamu misalnya untuk dana pensiun, dana pendidikan, dan lainnya serta pahami profil risiko kamu. Profil risiko yaitu seberapa besar kamu bersedia menanggung risiko investasi terhadap volatilitas dan fluktuasi yang terjadi di pasar keuangan. Untuk pemula, biasanya disarankan untuk memiliki profil risiko yang lebih konservatif atau seimbang.


Ada beberapa jenis profil risiko seperti konservatif, moderat, dan agresif. Kamu harus memahami tujuan dan profil risikomu sebelum berinvestasi.


2. Diversifikasi

Pilih reksa dana yang terdapat diversifikasi pada aset alokasinya yang baik di berbagai sektor industri, perusahaan, dan instrumen keuangan. Diversifikasi membantumu mengurangi risiko spesifik dan dapat meningkatkan hasil investasi dalam jangka panjang.


3. Pemilihan Reksa Dana

Ada berbagai jenis reksa dana di SayaKaya, termasuk reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham. Pemula mungkin lebih nyaman memulai dengan reksa dana pasar uang yang cenderung lebih stabil dan minim volatilitas daripada reksa dana saham. Tapi disesuaikan terlebih dahulu dengan tujuan investasi dan profil risikomu ya.


4. Riset

Lakukan riset mendalam tentang reksa dana yang kamu pilih. Tinjau kinerja historis, strategi investasi, dan manajer investasi yang terlibat. Pastikan untuk memilih reksa dana yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko kamu.


5. Biaya

Perhatikan biaya yang terkait dengan investasi dalam reksa dana, termasuk biaya pembelian, biaya penjualan, biaya administrasi, dan biaya manajemen. Pilihlah reksa dana dengan biaya yang rendah agar tidak menggerus hasil investasi kamu. DI SayaKaya, kamu tidak dikenakan biaya sama sekali pada saat berinvestasi. Menarik bukan!


6. Monitor dan Evaluasi

Setelah kamu ber investasi, penting untuk memantau kinerja reksa dana kamu secara berkala. Evaluasi apakah investasimu masih sesuai dengan tujuan dan profil risiko kamu, dan sesuaikanlah jika diperlukan.


7. Tambah Ilmu Pengetahuan

Terus tingkatkan pengetahuan kamu tentang investasi dan pasar keuangan secara umum agar dapat membuat keputusan investasi yang lebih bijak lagi dan berdampak positif pada portofolio investasimu dalam jangka panjang.


Ingatlah bahwa investasi selalu memiliki risiko. Oleh karena itu, penting untuk melakukan investasi dengan hati-hati, sesuaikan dengan tujuan investasimu dan profil risiko masing-masing. Sudah paham kan strategi investasinya?


Yuk, investasi sekarang di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 7 Februari 2024

Pengaruh Teknologi Finansial (Fintech) dalam Investasi Reksa Dana

Halo teman Yamin! Kamu merasakan gak, teknologi telah mengubah cara dunia berinvestasi saat ini. Perkembangan teknologi membawa inovasi yang mengubah cara orang berinvestasi, mengelola portofolio, dan mengakses informasi pasar. Berikut adalah beberapa pengaruh utama teknologi terhadap dunia investasi:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 6 Februari 2024

4 Gaya Hidup Generasi Milenial yang Bisa Mengancam Keuangan Tidak Sehat

Halo teman Yamin! Apakah kamu termasuk dari generasi milenial? Generasi ini dikenal sebagai kelompok yang aktif, inovatif, dan cenderung memiliki preferensi gaya hidup yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 5 Februari 2024

Ini Hak-hak Investor Reksa Dana yang Perlu Kamu Tahu!

Halo teman Yamin! Kamu tau gak, ternyata sebagai investor kamu juga memiliki hak lho. Sebagai seorang investor, sangat penting untuk memahami hak-hak kamu agar dapat melakukan keputusan investasi yang cerdas dan merasa aman dalam berinvestasi. Berikut adalah beberapa hak penting yang dimiliki oleh setiap investor:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.