Bingung Mau Investasi Reksa Dana, Ini 7 Tipsnya!

26 Oktober 2023 Ditulis oleh Ilham Fitriadi B
Featured

Halo teman Yamin! Investasi di reksa dana merupakan cara yang populer dan mudah bagi kamu untuk membangun portofolio investasi. Reksa dana memungkinkan kamu untuk menginvestasikan uang ke dalam berbagai instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, atau pasar uang.


Namun, dengan berbagai pilihan reksa dana yang tersedia, penting untuk memilih yang paling sesuai dengan tujuan investasi mu. Di dalam artikel ini kita akan membahas tujuh (7) langkah untuk membantu kamu berinvestasi reksa dana.


1. Tentukan Tujuan Investasi kamu


Langkah pertama adalah mengidentifikasi tujuan investasi kamu. Apakah kamu ingin mengumpulkan dana untuk pensiun, membeli rumah, pendidikan anak-anak, atau sekadar menghasilkan pendapatan tambahan? Tujuan ini akan memengaruhi pilihan reksa dana kamu, karena masing-masing memiliki profil risiko yang berbeda.


2. Kenali Profil Risiko kamu


Setiap investor memiliki toleransi risiko yang berbeda. kamu perlu memahami sejauh mana kamu bersedia mengambil risiko dalam investasi. Reksa dana memiliki berbagai tingkat risiko, mulai dari konservatif (misalnya, reksa dana pasar uang) hingga agresif (misalnya, reksa dana saham). Pastikan untuk memilih reksa dana yang sesuai dengan profil risikomu.


3. Pahami Jenis Reksa Dana


Reksa dana dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis, seperti reksa dana saham, reksa dana obligasi, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran. Masing-masing jenis memiliki karakteristik unik yang harus kamu pahami. Misalnya, reksa dana saham cenderung memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar, tetapi juga memiliki risiko yang lebih tinggi daripada reksa dana obligasi.


4. Tinjau Kinerja Historis


Melihat kinerja historis reksa dana adalah salah satu cara untuk menilai sejarah kinerja investasi tersebut. Meskipun kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan, analisis historis dapat memberikan wawasan kepada kamu tentang bagaimana reksa dana telah berkinerja selama beberapa tahun terakhir.


Perhatikan apakah reksa dana tersebut telah mencapai hasil yang konsisten dan memiliki perkembangan yang baik? Jika iya, reksa dana itu bisa menjadi pertimbangan kamu untuk berinvestasi dalam mencapai impian di masa depan.


5. Pilih Manajer Investasi yang Kompeten


Manajer investasi memiliki peran kunci dalam kinerja reksa dana. Teliti latar belakang, pengalaman, dan rekam jejak manajer investasi yang mengelola dana tersebut. Manajer yang berpengalaman dan memiliki strategi investasi yang sesuai dengan tujuan kamu lebih mungkin dapat menghasilkan hasil yang baik.


Ada 7 Manajer Investasi saat ini di SayaKaya. Kamu bisa menemukan dan mempelajari latar belakang dan produknya melalui aplikasi SayaKaya.


6. Perhatikan Portofolio Diversifikasi


Diversifikasi adalah prinsip penting dalam investasi. Pilih reksa dana yang memiliki portofolio yang terdiversifikasi dengan baik. Ini akan membantu mengurangi risiko dan memastikan bahwa investasi kamu tidak terlalu terkonsentrasi dalam satu jenis aset.


7. Lakukan Evaluasi Berkala


Terakhir, ingatlah bahwa keputusan kamu dalam memilih reksa dana tidak harus permanen. Lakukan evaluasi berkala terhadap portofolio investasi kamu untuk memastikan bahwa reksa dana yang kamu pilih masih sesuai dengan tujuan kamu. Jika situasi berubah, kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan perubahan.


Memilih reksa dana yang sesuai dengan tujuan investasi kamu adalah langkah penting dalam membangun masa depan keuangan yang stabil. Dengan mempertimbangkan tujuh faktor di atas, kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan sesuai dengan kebutuhan kamu.


Ingin berinvestasi reksa dana, download aplikasi SayaKaya di playstore atau appstore sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Promo 25 Oktober 2023

Buruan Manfaatkan Promo Top Spender Sekarang!

Buat kamu yang ingin mulai berinvestasi, Ini adalah saat yang tepat untuk mencapai impianmu. Manfaatkan promo ini sekarang agar tidak ketinggalan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 25 Oktober 2023

Olahraga Simple untuk Kamu yang Sibuk di Kantor

Tubuh yang kurang olahraga akan mudah terasa pegal dan cepat capek, karena stamina tubuh yang kurang terjaga. Turunnya kualitas kesehatan juga bisa disebabkan karena kurangnya olahraga. Maka tidak heran jika sekarang ini banyak sekali pekerja kantoran yang memiliki masalah kesehatan, karena kurangnya olahraga dan asupan gizi yang seimbang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Promo 24 Oktober 2023

Jangan Sampai Ketinggalan! Segera Manfaatkan Promo Gajian di SayaKaya

Ini adalah saat yang tepat untuk berinvestasi dan mencapai impian kamu. Kesempatan ini tidak akan berlangsung selamanya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.