Olahraga Simple untuk Kamu yang Sibuk di Kantor

25 Oktober 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Tubuh yang kurang olahraga akan mudah terasa pegal dan cepat capek, karena stamina tubuh yang kurang terjaga. Turunnya kualitas kesehatan juga bisa disebabkan karena kurangnya olahraga. Maka tidak heran jika sekarang ini banyak sekali pekerja kantoran yang memiliki masalah kesehatan, karena kurangnya olahraga dan asupan gizi yang seimbang.


Pekerjaan dan rutinitas yang padat bukan alasan untuk kamu tidak berolahraga, kamu masih bisa berolahraga di tengah aktivitas yang padat, olahraga simple seperti pemanasan, berjalan kaki, stretching, angkat beban, dll bisa kamu lakuin disela waktu kamu yang padat, sempatkan 30 menit untuk berolahraga ringan supaya tubuh kamu tetap sehat.


Berikut ini olahraga simple yang bisa kamu lakuin untuk kamu yang sibuk di kantor:


Latihan Yang Sederhana Untuk Anda Yang Sibuk Di Kantor


Masih tetap bugar tanpa perlu repot pergi ke gym, cukup rutin lakuin olahraga simple ini. Yuk intip apa saja olahraga yang bisa kamu lakuin di kantor.


1. Squat


Squat olahraga andalan buat kamu kaum sibuk ngantor, disela waktu kerja kamu, luangin waktu 5 menit untuk squat. Squat ngasih manfaat untuk tubuh kamu dalam membakar kalori dan mengencangkan perut, paha dan pinggang supaya tetap proporsional serta meregangkan otot yang kaku akibat duduk terlalu lama.


Untuk lakuin squat kamu cukup berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari bahu, lalu turunkan pantat seolah-olah kamu hendak duduk di kursi. Naikkan kembali ke posisi awal. Ulangi 10-15 kali. Squat baik untuk paha, bokong dan otot inti.


2. Push Up


Kamu bisa melakukan push up di lantai atau di tembok, push up membantu otot tangan, otot dada dan otot perut kamu menjadi lebih rileks. Kamu bisa lakuin olahraga simple ini di sela waktu padat kamu, cukup sisihkan 5 - 10 menit untuk lakuin push up sebanyak 10 - 15 kali dalam 3 set.


3. Berjalan


Duduk di meja kerja selama berjam - jam tentu akan membuat otot badan kamu menjadi kaku terutama otot kaki karena posisi lutut yang tertekuk terus selama berjam-jam. Kalo hal ini terus dibiarkan bisa berdampak ke kesehatan kamu seperti postur tubuh yang tidak proporsional. Kamu bisa meluangkan waktu 5 -10 menit untuk berjalan kaki atau naik turun tangga supaya ada pergerakan dan peregangan pada otot, terutama otot kaki.


4. Angkat beban


Kamu bisa siapin beberapa peralatan olahraga di ruang kerja kamu, seperti barbel untuk olahraga angkat beban. Kamu bisa buat beberapa set untuk angkat beban, angkat beban membantu meregangkan otot tangan kamu supaya bisa jadi lebih kuat, dan tidak hanya itu, berolahraga angkat beban juga memberikan manfaat pada metabolisme tubuh, menurunkan berat badan, membakar kalori dan mengurangi nyeri di bagian punggung bawah.


Cocok bangetkan buat kamu yang suka sakit punggung karena terlalu lama duduk, angkat beban bisa jadi solusi untuk kamu. Peregangan


Peregangan atau yang juga sering disebut stretching, gerakan simple yang jadi andalan banyak orang, karena tidak perlu alat dan efek yang diberikan begitu terasa saat itu juga.


Kamu bisa ngelakuin 5 gerakan ini untuk ngeregangin otot kamu supaya kembali rileks. Berikut ini 5 gerakan peregangan sederhana yang bisa kamu lakukan di kantor :


5 Gerakan peregangan atau stretching yang mudah dilakukan di kantor


1. Peregangan Leher


Duduk tegak di kursi, arahkan kepala atau leher kamu ke arah langit-langit dan tahan selama 5 detik, kemudian tarik dagu kamu ke arah dada tahan selama 5 detik. Kamu bisa mengulangi gerakan ini beberapa kali, sampai otot leher kamu terasa rileks.


2. Peregangan Bahu


Duduk tegak dan angkat bahu sementara mendorong siku ke belakang. Tahan selama 30 detik dan ulangi dua kali. Lakukan gerakan memutar bahu ke depan dan ke belakang beberapa kali. Bahu dan punggung atas akan terasa rileks.


3. Peregangan Pinggang


Berdiri di belakang kursi dan letakkan kedua tangan di sandaran kursi. Dorong pinggul ke depan dan bengkokkan lutut sedikit. Tahan selama 30 detik, dan ulangi sebanyak dua kali. Ini akan meregangkan pinggang dan punggung bawah.


4. Peregangan Kaki


Duduk di ujung kursi dan ulurkan satu kaki. Tegakkan punggung dan tarik jari kaki ke arah tubuh serta tekan tumit ke lantai. Tahan selama 30 detik. Ulangi sebanyak dua kali dengan kaki yang lain. Ini akan meregangkan punggung belakang dan juga otot kaki.


5. Peregangan Pergelangan Tangan


Duduk tegak dan letakkan tangan di meja dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Dorong ke depan tahan dan jaga agar siku di tempat atau tidak bergerak saat peregangan. Tahan selama 30 detik. Ulangi dua kali. Ini akan meregangkan pergelangan tangan dan lengan atas.


Latihan ringan ini bisa kamu lakukan 2-3 kali sehari, 3-4 kali seminggu. Olahraga simple ini mudah untuk kamu lakukan, jadi gak ada lagi alasan buat kamu gak olahraga, latihan ini efektif untuk menjaga kebugaran dan mengisi waktu senggang di kantor.


Jadi, kesimpulannya adalah jangan menyerah pada kesempatan untuk berolahraga hanya karena kesibukan di kantor. Rutinitas sederhana bisa membantu meningkatkan energi dan fokus kamu serta memiliki dampak baik buat kesehatan dan produktivitas kamu.


Tentu saja, jika kamu memiliki waktu lebih, gerakan yang lebih intens bisa dilakukan. Tapi setidaknya lakukan sesuatu untuk tubuhmu, walau hanya beberapa menit saja.


Jangan lupa, uang yang kamu hasilkan dari produktivitas tinggi perlu diinvestasikan dengan bijak. Kamu bisa download aplikasi SayaKaya buat tahu lebih banyak lagi tentang investasi yang bisa bantu kamu investasikan uang kamu di instrumen investasi yang tepat, download sekarang!


Jadi mulailah berolahraga, tingkatkan fokus dan produktivitas, hasilkan uang lebih, dan investasikanlah! Kecil-kecilan tapi terus bergerak maju, maka akan menemukan dirimu yang lebih sehat, lebih kaya, dan lebih bahagia.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Promo 24 Oktober 2023

Jangan Sampai Ketinggalan! Segera Manfaatkan Promo Gajian di SayaKaya

Ini adalah saat yang tepat untuk berinvestasi dan mencapai impian kamu. Kesempatan ini tidak akan berlangsung selamanya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 24 Oktober 2023

Suku Bunga Indonesia Naik 25 bps - Market Outlook 24 Oktober 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 23 Oktober 2023

Yuk, Hidup Lebih Sederhana dengan Gaya Hidup Minimalis!

Halo teman Yamin! Pernah merasa kepala pusing dengan banyaknya barang di rumah? Atau merasa bahwa banyak barang yang dimiliki sebenarnya tidak kita butuhkan?

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +62212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.