Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Balanced Fund - 4 Desember 2023

4 Desember 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management.


Tapi sebelum masuk ke bagian reksa dana, kita akan mengulas latar belakang dari Sucorinvest Asset Management terlebih dahulu. Mari disimak bersama ya!


Sucorinvest Asset Management

Sucorinvest Asset Management berdiri sejak 1997, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan izin dari BAPEPAM & LK No.Kep-01/PM/MI/1999 tertanggal 1 Juni 1999, dan mengelola sejumlah reksa dana yang memenangkan banyak penghargaan di dalam dan luar negeri.


Sepanjang tahun 2022 Sucorinvest Asset Management telah menerima berbagai penghargaan yaitu sebagai Asset Management Company of the Year Indonesia 2022 dari The Asset Triple A Sustainable Investing Award 2022 dan Asset Management Company of the year South East Asia & Asset Management Company of the year Indonesia dari Global Banking & Finance Awards 2022.


Didukung tim yang berpengalaman, kinerja reksa dana yang baik dan konsiten telah mendorong perusahaan bertumbuh pesat. Per akhir Oktober 2023, Sucor Asset Management membukukan dana kelolaan lebih dari Rp23.79 Triliun.


Reksa Dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund

Reksa dana yang ingin kita kulik kali ini masuk pada kategori reksa dana campuran yaitu reksa dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund (SSBF). Berikut juga akan ditampilkan perbandingan dari beberapa produk reksa dana yang memiliki karakter pertumbuhan stabil secara performa dalam 1 bulan:


Kulik Reksa Dana (5).png


Reksa dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund merupakan reksa dana yang memiliki performa terbaik dibanding reksa dana sejenisnya.


Reksa dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund juga masuk dalam kategori reksa dana aktif. Reksa dana aktif merupakan reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi secara aktif dan melakukan pembelian serta penjualan aset dalam portofolio reksa dana. Tujuannya adalah untuk menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada indeks acuan atau benchmark.


Selain itu, reksa dana ini juga memiliki unsur sharia, yang mana reksa dana sharia memiliki prinsip berdasar nilai Islami yang mengedepankan sisi amanah dan kepercayaan. Baik dari pemilik modal, manajer investasi maupun pihak yang menggunakan dana harus memiliki keterbukaan.


Alokasi Aset

Aset Alokasi.png


Pada produk Sucorinvest Sharia Balanced Fund, alokasi aset dibagi menjadi Efek Ekuitas Syariah sebesar 8.85%, Sukuk sebesar 75.33%, dan Kas &/ Inst. Psr. Uang Syariah sebesar 15.82% . Adapun Top Holdings yang terdapat pada aset alokasi reksa dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund yaitu:


1. Sukuk SIAGII02ACN5 (2.25%)


2. Sukuk SIBMTR03BCN1 (2.40%


3. Sukuk SIDILD01BCN3 (3.09%)


4. Sukuk SIDILD01CN2 (5.08%


5. Sukuk SIMORA02ACN1 (17.65%)


6. Sukuk SMINKP03BCN2 (20.19%)


7. Sukuk SMMFIN01BCN2 (2.29%)


8. Sukuk SMMFIN01BCN3 (2.21%)


9. Sukuk SMPIDL01B25 (9.81%)


10. Sukuk SWMEDP01ACN2 (6.07%)


Adanya komposisi yang besar dalam kategori sukuk pada produk reksa dana tersebut membuat kita harus lebih cermat dan mengantisipasi atas perubahan pergerakan tingkat suku bunga yang sedang terjadi dan berpotensi dapat memengaruhi kinerja reksa dana itu sendiri.


Perbandingan Pertumbuhan Reksa Dana

Compare.png


Sumber: pasardana.id


Bila kita melihat data di atas, pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund memiliki pergerakan yang stabil dan terus bertumbuh. Selain itu, pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund berada di atas dari kinerja benchmarknya secara year to date.


“Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?”

Berdasarkan data tersebut, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih produk reksa dana Sucorinvest Sharia Balanced Fund dan diinvestasikan dalam jangka waktu menengah ke panjang. Reksa dana ini juga termasuk menjadi pilihan juara dari Ci Jess.


Namun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kamu memiliki rencana finansial terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kinerja tiap produk reksa dana yang sesuai dengan rencana dan profil risiko investasi mu. Setelah kamu merencanakan dan mengetahui profil risiko, saatnya mulai berinvestasi.


Bila masih bingung ingin berinvestasi di mana, di SayaKaya jawabannya!


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait reksa dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Promo 1 Desember 2023

Promo "Cuan Akhir Tahun", Dengan Kuota Terbatas!

Halo teman Yamin! Nikmati promo istimewa akhir tahun untuk memaksimal aset investasmu. Jangan lewatkan kesempatan ini dalam meraih hasil investasi yang optimal.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 1 Desember 2023

Mengenali “Pencuri Waktu”dalam Rutinitas Harian

Halo Teman Yamin! Kali ini, kita akan membahas topik penting yang sering terlewatkan tapi memiliki dampak besar dalam kehidupan sehari-hari kita yaitu “Pencuri Waktu” dalam Rutinitas Harian.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 1 Desember 2023

Mulai Atur Kehidupan Finansial: Cara Mengatur Keuangan Dengan Tepat

Halo teman Yamin, apa kabar? Sepertinya kamu ingin mulai mengatur keuangan pribadimu ya, apalagi sudah mau menutup tahun 2023. Bagus sekali, ini adalah langkah penting menuju kebebasan finansial. Mengelola uang dengan baik bisa membuat hidup jadi lebih mudah dan menyenangkan. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.