Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund

16 Agustus 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih samal performa dari produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini, kita akan mengulik salah satu produk reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management.


Tapi sebelum masuk ke bagian performanya, kita akan mengulas latar belakang dari Sucorinvest Asset Management terlebih dahulu. Mari disimak bersama ya!


Sucorinvest Asset Management


Sucorinvest Asset Management berdiri sejak 1997, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan izin dari BAPEPAM & LK No.Kep-01/PM/MI/1999 tertanggal 1 Juni 1999, dan mengelola sejumlah reksa dana yang memenangkan banyak penghargaan di dalam dan luar negeri.


Sepanjang tahun 2022 Sucorinvest Asset Management telah menerima berbagai Penghargaan yaitu sebagai Asset Management Company of the Year Indonesia 2022 dari The Asset Triple A Sustainable Investing Award 2022 dan Asset Management Company of the year South East Asia & Asset Management Company of the year Indonesia dari Global Banking & Finance Awards 2022.


Didukung tim yang berpengalaman, kinerja reksa dana yang baik dan konsiten telah mendorong perusahaan bertumbuh pesat. Per akhir Juli 2023, Sucor Asset Management membukukan dana kelolaan lebih dari Rp28.94 Triliun.


Top 3 Reksa Dana Saham Sharia


Reksa dana yang ingin kita kulik kali ini masuk dalam top 3 reksa dana saham sharia dengan performa terbaik secara year to date di aplikasi SayaKaya.


1.png


Reksa dana Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund masuk dalam kategori reksa dana aktif. Reksa dana aktif merupakan reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi secara aktif dan melakukan pembelian serta penjualan aset dalam portofolio reksa dana.


Tujuannya adalah untuk menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada indeks acuan atau benchmark.


Selain itu, reksa dana sharia memiliki prinsip berdasar nilai Islami yang mengedepankan sisi amanah dan kepercayaan. Baik dari pemilik modal, manajer investasi maupun pihak yang menggunakan dana harus memiliki keterbukaan.


Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund


Salah satu produk Sucorinvest Asset Management yang ingin kita kulik yaitu Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund. Kita akan mengulik dari segi alokasi aset hingga performa reksa dana tersebut.


Alokasi Aset


2.png


Pada produk Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund, alokasi aset dibagi menjadi Efek Syariah Bersifat Ekuitas sebesar 87.67% dan Efek Syariah Berpendapatan Tetap &/ Inst. Psr. Uang Syariah Dalam Negeri &/ Deposito Syariah sebesar 12.33%.


Adapun Top Equity Holdings yang terdapat pada aset alokasi reksa dana Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund yaitu:


  1. ADARO MINERALS INDONESIA Tbk (9.12%)
  2. ENERGI MEGA PERSADA Tbk (5.26%)
  3. ERAJAYA SWASEMBADA Tbk (4.58%)
  4. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk (5.13%)
  5. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk (18.06%)
  6. INDUSTRI JAMU DAN FARMASI SIDO MUNCUL Tbk (2.70%)
  7. JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk (13.34%)
  8. MEDIA NUSANTARA CITRA Tbk (4.44%)
  9. PERUSAHAAN GAS NEGARA Tbk (3.61%)
  10. TELKOM INDONESIA (PERSERO) Tbk (7.86%)

Adanya komposisi yang besar dalam kategori saham pada produk reksa dana tersebut membuat kita harus lebih cermat dan mengantisipasi atas perubahan pergerakan pasar saham yang sedang terjadi dan berpotensi dapat memengaruhi kinerja reksa dana itu sendiri.


Perbandingan Pertumbuhan Reksa Dana


Kinerja.jpeg


Sumber: pasardana.id


Bila kita melihat data di atas, pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund memiliki yang stabil dan terus bertumbuh. Selain itu pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund berada di atas dari kinerja benchmarknya secara year to date.


“Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?”


Berdasarkan data tersebut, kita dapat mempertimbangkan untuk memilih produk reksa dana saham sharia menjadi salah satu alternatif investasi untuk jangka panjang.


Namun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kamu memiliki rencana finansial terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kinerja tiap produk reksa dana yang sesuai dengan rencana dan profil risiko investasi mu. Setelah kamu merencanakan dan mengetahui profil risiko, saatnya mulai berinvestasi. Bila masih bingung ingin berinvestasi di mana, di SayaKaya jawabannya!


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait reksa dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 14 Agustus 2023

Alokasi Belanja Pemerintah Pusat - Market Outlook 14 Agustus 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 11 Agustus 2023

Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Reksa Dana Indeks

Hallo teman Yamin! Investasi telah menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan aset dan mencapai tujuan finansial jangka panjang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 11 Agustus 2023

Kulik Reksa Dana: KISI Fixed Income Fund

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi KISI Asset Management.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.