Kulik Reksa Dana: Syailendra Balanced Opportunity Fund

23 Agustus 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Syailendra Capital.


Tapi sebelum masuk ke bagian reksa dana, kita akan mengulas latar belakang dari Syailendra Capital, setelah itu baru kita kulik kinerjanya. Disimak ya!


Syailendra Capital


PT Syailendra Capital beroperasi sebagai perusahaan manajemen investasi. Perusahaan menawarkan manajemen portofolio dan layanan konsultasi kepada individu, institusi, perwalian, dana pribadi, organisasi amal, dan perusahaan investasi.


Syailendra mendapatkan izin sebagai Manajer Investasi pada tanggal 26 November 2006 dari BAPEPAM-LK dengan nomor izin usaha : Nomor KEP-02/BL/MI/2006.


Syailendra Balanced Opportunity Fund


Salah satu produk Syailendra Capital yang ingin kita kulik yaitu Syailendra Balanced Opportunity Fund. Kita akan mengulas dari segi alokasi aset hingga performa reksa dana tersebut. Yuk mari kita baca lanjutannya!


Berikut adalah kinerja dari reksa dana campuran Syailendra Balanced Opportunity Fund secara year to date di aplikasi SayaKaya:


IMG_8364.PNG


Last updated: 22 Agustus 2023


Syailendra Balanced Opportunity Fund masuk dalam kategori reksa dana campuran. Reksa dana campuran merupakan jenis reksa dana yang menggabungkan investasi dalam berbagai jenis instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, dan juga aset lain seperti uang tunai atau instrumen pasar uang.


Tujuan dari reksa dana campuran yaitu untuk menciptakan portofolio yang seimbang antara potensi pertumbuhan dan risiko.


Portofolio reksa dana campuran dapat disusun dalam berbagai proporsi antara saham dan obligasi, tergantung pada tujuan investasi dan tingkat risiko yang diinginkan.


Jika proporsi saham lebih tinggi, reksa dana tersebut cenderung memiliki potensi pertumbuhan yang lebih tinggi tetapi juga lebih rentan terhadap fluktuasi pasar.


Di sisi lain, jika proporsi obligasi lebih tinggi, reksa dana tersebut cenderung lebih stabil namun dengan potensi pertumbuhan yang lebih rendah.


Reksa dana campuran cocok untuk investor yang mencari keseimbangan antara pertumbuhan investasi dan perlindungan nilai terhadap risiko.


Namun, perlu diingat bahwa performa reksa dana campuran sangat tergantung pada manajer investasi yang mengelola portofolio dan keadaan pasar finansial.


Alokasi Aset


Kulik Reksa Dana.png


Pada produk Syailendra Balanced Opportunity Fund, alokasi aset dibagi menjadi Equity sebesar 23.93%, Corporate Bond sebesar 49.02% dan Money Market sebesar 27.04%.


Adapun Top Ten Holdings yang terdapat pada alokasi aset reksa dana Syailendra Balanced Opportunity Fund yaitu:


1. ASDF05BCN5


2. BANK CIMB NIAGA


3. BANK OCBC NISP


4. BFIN05CCN3


5. BLUE BIRD


6. MDKA03BCN1


7. MIDI UTAMA INDONESIA


8. OPPM03B


9. SIEXCL03ACN1


10. SMAR03BCN


Adanya komposisi yang besar dalam kategori Corporate Bond pada produk reksa dana campuran tersebut, membuat kita harus memperhatikan atas perubahan pergerakan tingkat suku bunga, kondisi keuangan perusahaan, dan faktor lain yang bisa terjadi serta berpotensi dapat memengaruhi kinerja reksa dana itu sendiri.


Perbandingan Pertumbuhan Reksa Dana


Kali ini kita akan membandingkan antara performa reksa dana Syailendra Balanced Opportunity Fund dengan benchmark nya. Sudah pada siap belum?


Perbandingan Reksa Dana.jpeg


Sumber: pasardana.id


Berdasarkan data di atas, pergerakan kinerja reksa dana Syailendra Balanced Opportunity Fund tetap stabil dan bertumbuh dalam tiga (3) tahun terakhir.


Apalagi kinerja dari reksa dana tersebut melebihi pertumbuhan terhadap benchmark nya sendiri. Maka, produk reksa dana Syailendra Balanced Opportunity Fund dapat berpotensi menjadi alternatif investasi dalam jangka panjang.


Namun hal pertama yang harus dilakukan sebelum berinvestasi, pastikan kamu memiliki rencana atau tujuan finansialnya terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kinerja tiap produk reksa dana yang sesuai dengan profil risiko investasi mu.


Dengan memiliki tujuan investasi dan mengetahui profil risiko investasi mu sejak dini, keputusan investasi yang akan kamu lakukan akan berjalan lebih efektif dibandingkan ketika kamu tidak memiliki rencana investasi sebelumnya.


Jika masih bingung ingin berinvestasi di mana, langsung download aja aplikasi SayaKaya di appstore atau playstore sekarang!


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait Reksa Dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 21 Agustus 2023

Strategi APBN 2024 - Market Outlook 21 Agustus 2023

Hallo teman Yamin, kali ini kami ingin menginformasikan berita-berita yang dapat disajikan dan bermanfaat untuk menambah referensi kita dalam hal ekonomi. Berikut merupakan market outlook tersebut:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 17 Agustus 2023

7 Cara Merdeka Finansial ala SayaKaya

Hallo teman Yamin! Kemerdekaan finansial merupakan impian bagi banyak orang. Apalagi sekarang sudah masuk bulannya kemerdekaan Indonesia yang ke-78.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 16 Agustus 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Sustainability Equity Fund

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih samal performa dari produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini, kita akan mengulik salah satu produk reksa dana dari Manajer Investasi Sucorinvest Asset Management.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.