Memiliki Hobi Memelihara Binatang dan Kamu Pemula? Ini Cara Merawat yang Tepat

5 Januari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Mungkin diantara kamu ada yang suka memelihara hewan di rumahnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara merawat igauan dan apa saja yang dibutuhkan untuk merawat iguana dengan benar. Mulai dari habitat yang tepat, suhu dan cahaya yang dibutuhkan, hingga makanan apa saja yang harus diberikan setiap hari.


Bagaimana Merawat Iguana Dengan Benar


Jika kamu seorang pemula dalam merawat Iguana, mengetahui bagaimana merawat iguana dengan benar merupakan hal yang penting kamu lakukan. Maka dari itu simak ulasan berikut ini ya, supaya kamu tahu cara merawatnya.


1. Makanan


Iguana adalah pemakan tumbuhan, jadi makanan utamanya terdiri dari sayuran hijau dan buah-buahan. Kamu bisa kasih makan iguanamu dengan jenis-jenis sayuran seperti bayam, kangkung, dan selada setiap hari. Buah-buahan seperti pisang, pepaya, dan buah naga juga bagus untuk diberikan 2-3 kali seminggu.


Pastikan untuk membersihkan dan memotong makanan iguanamu ke dalam potongan yang mudah dimakan. Jangan memberinya makanan yang masih utuh atau berbiji karena dapat menyumbat kerongkongannya.


Kamu juga bisa memberikan makanan komersial atau makanan kemasan khusus untuk iguana dan jangan lupa perhatikan usia nya karena setiap kemasan memiliki komposisi yang berbeda untuk setiap usia Iguana tersebut.


2. Vitamin dan Suplemen Tambahan


Iguana membutuhkan tambahan kalsium dan vitamin untuk tumbuh sehat. Berikan iguana 2-3 tetes suplemen kalsium dan vitamin reptil setiap hari, baik diteteskan langsung ke mulutnya atau diserapkan ke makanannya.


3. Berat Badan


Perhatikan berat badan iguanamu, timbang setiap minggu untuk memastikan ia mendapat makan yang cukup. Iguana dewasa membutuhkan sekitar 60%-80% sayuran hijau dan 20%-40% buah setiap hari.


Kebutuhan Tambahan Dalam Merawat Iguana


Merawat iguana bukan hanya memperhatikan makanannya saja, tapi juga perlu diperhatikan dari sisi kandangnya, apa saja kebutuhan tambahannya? Simak informasi dibawah ini:


a. Lampu dan pemanas


Iguana berasal dari daerah tropis dan merupakan hewan berdarah dingin, jadi kamu perlu memberinya lampu UVB dan kehangatan tambahan pada kandangnya agar Iguana kamu tetap sehat, karena suhu yang tidak sesuai bisa membuat hewan peliharaan mudah stress.


b. Tempat tinggal


Akuarium atau kandang kaca ukuran sedang hingga besar adalah tempat tinggal terbaik untuk Iguana, buatlah kandang yang sesuai karena Iguana adalah hewan dengan pertumbuhan yang cepat.


c. Perawatan medis


Siapkan juga dana untuk perawatan medisnya, karena bisa saja sewaktu-waktu peliharaan yang kamu rawat mengalami sakit dan harus membutuhkan perawatan ke dokter hewan untuk pengobatan dan konsultasinya.


Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan merawat iguana? Semua hewan peliharaan pastinya membutuhkan perawatan yang tepat, maka dari itu siapkan diri kamu terlebih dahulu untuk berkomitmen menjaga dan merawat hewan peliharaan dengan baik dan perlu diingat ketika kamu memiliki hewan peliharaan butuh dana tambahan untuk makanan hewan dan biaya medis jika sewaktu-waktu hewan peliharaan kamu sakit.


Biar dana kamu mencukupi, kamu bisa mulai berinvestasi. Karena dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan dana tambahan dari pendapatan utama kamu, dengan berinvestasi kamu juga bisa mencapai tujuan finansialmu di masa yang akan datang, jadi semakin mudah untuk melakukan apa saja.


Kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana, download aplikasi SayaKaya dan mulai berinvestasi!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 4 Januari 2024

Top 3 Reksa Dana Campuran di Awal 2024

Halo teman Yamin! Bagaimana kabarnya di awal tahun 2024, semoga tetap bahagia dan sehat selalu ya. Kalian tahu kan kalo di SayaKaya itu memiliki berbagai macam kategori reksa dana. Ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana saham, dan reksa dana indeks.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 3 Januari 2024

Cara Mengelola Krisis pada Bisnis dengan Efektif

Halo teman Yamin! Dalam dunia bisnis, menghadapi krisis merupakan sebuah keniscayaan. Krisis dapat berupa penurunan ekonomi, masalah hubungan masyarakat, atau tantangan lain yang mengancam kestabilan dan kelangsungan perusahaan.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 2 Januari 2024

8 Rekomendasi Tempat Makan di Jogja yang Wajib Kamu Datangi Saat Berkunjung Ke Jogja

Halo teman Yamin! Kali ini kita akan membahas soal kota Jogja, kota yang penuh dengan tempat makan enak dan murah. Kamu pasti bingung mau mencoba yang mana dulu. Tenang, Yamin punya rekomendasi tempat makan di Jogja yang wajib kamu coba. Di artikel ini Yamin akan membagikan rekomendasi tempat makan dari yang tradisional sampai kafe modern, semua ada. Yuk simak informasinya!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.