Tingkat Pengangguran Indonesia Mulai Berkurang! — Market Outlook 8 Mei 2023

8 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. Keren! Per­tum­buhan Ekono­mi di Indone­sia Terus Berlanjut


Per­tum­buhan ekono­mi di Indone­sia melan­jutkan pen­guatan pada tri­wu­lan I 2023 sebe­sar 5,03% (yoy). Kuat­nya per­tum­buhan ekono­mi didukung oleh aktiv­i­tas kon­sum­si masyarakat, seper­ti kon­sum­si rumah tang­ga yang tum­buh sebe­sar 4,5% (yoy), men­gala­mi pen­guatan diband­ing per­tum­buhan pada  tri­wu­lan I 2022 (4,3%) ser­ta tum­buh posi­tif 0,2% secara quar­ter-to-quar­ter.


2. Tingkat Pen­gang­gu­ran Indone­sia Mulai Berkurang


Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) men­catat bah­wa tingkat pen­gang­gu­ran ter­bu­ka (TPT) di Indone­sia turun 0,38% pada Feb­ru­ari 2023 bila diband­ingkan Feb­ru­ari 2022, dari sebe­sar 5,83% men­ja­di 5,45%.


Jika berdasarkan jum­lah, tingkat pen­gang­gu­ran di Indone­sia turun sebanyak 0,41 juta orang, dari 8.4 juta pada Feb­ru­ari 2022 men­ja­di 7,99 juta orang pada Feb­ru­ari 2023.


3. Yield Oblig­asi Tenor 10 Tahun Men­gala­mi Penguatan


Pada Kamis (4/5), yield oblig­asi tenor 10 tahun Indone­sia men­gala­mi pen­guatan sebe­sar 1,20% ke lev­el 6,58%. Analis Fixed Income Sucor­in­vest Asset Man­age­ment Alvaro Ihsan men­gungkap­kan, saat ini sen­ti­men glob­al terkait penu­runan yield didom­i­nasi oleh fenom­e­na keja­di­an Cred­it Suisse, SVB, hing­ga First Repub­lic Bank. Keja­di­an terse­but mem­bu­at para investor mulai beral­ih ke instru­men inves­tasi yang lebih aman.


Alvaro juga berpen­da­p­at, bah­wa prospek perekono­mi­an Indone­sia ke depan masih posi­tif, seir­ing den­gan poten­si adanya penu­runan tingkat inflasi AS dan Indone­sia. Meskipun inflasi AS masih cukup jauh dari tar­get 2%.


4. Walaupun Sem­pat Naik, Inflasi Tetap Terkendali


Menteri Dalam Negeri RI (Menda­gri RI) Tito Kar­na­vian men­gungkap­kan, telah mem­berikan infor­masi kepa­da Pres­i­den Jokowi men­ge­nai capa­ian inflasi pada bulan April yang san­gat baik dan terk­endali. Tingkat inflasi terse­but turun ke angka 4,33% (yoy), lebih ren­dah diband­ing tahun lalu dalam peri­ode yang sama, walaupun secara month to month ter­da­p­at kenaikan sebe­sar 0,33% dikare­nakan musim libu­ran hari raya dan per­ayaan pada bulan ramad­han yang men­gak­i­batkan tingkat per­mintaan men­ja­di tinggi.


5. Menarik, Rata-Rata Nilai Transak­si Peng­gu­naan Uang Lokal Meningkat


Deputi Guber­nur Senior Bank Indone­sia (BI) Destry Damayan­ti men­gungkap­kan, dalam dua bulan per­ta­ma tahun 2023, total nilai transak­si Local Cur­ren­cy Trans­ac­tion (LCT) men­ca­pai US$957 juta atau sek­i­tar US450 juta per bulan.


Destry opti­mistis, bah­wa jum­lah pelaku LCT dan juga total nilai transak­si LCT akan makin meningkat pada tahun ini. Seba­gai infor­masi tam­ba­han, Indone­sia akan menam­bah negara mitra. Dik­abarkan, bah­wa pada, awal Mei 2023 akan ada penan­datan­ganan nota kesep­a­haman peng­gu­naan LCT den­gan Korea Selatan.


6. Penu­runan Cadev Indone­sia Untuk Mem­ba­yar Utang


Bank Indone­sia (BI) men­catatkan cadan­gan devisa Indone­sia pada akhir April 2023 tetap bera­da di lev­el ting­gi sebe­sar US$144,2 mil­iar. Namun posisi terse­but  sedik­it menu­run diband­ing den­gan posisi pada akhir Maret 2023 sebe­sar US$145,2 miliar.Pada Senin (8/5), Direk­tur Ekseku­tif Kepala Departe­men Komu­nikasi BI Erwin Hary­ono men­gungkap­kan, penu­runan posisi cadan­gan devisa pada April 2023 dipen­garuhi oleh kebu­tuhan pem­ba­yaran utang luar negeri pemer­in­tah ser­ta ter­da­p­at kebu­tuhan likuid­i­tas valas yang juga sejalan den­gan anti­si­pasi dalam rang­ka Hari Besar Keaga­maan Nasional.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 2 Mei 2023

Krisis di Amerika Serikat Masih Berlanjut — Market Outlook 2 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 28 April 2023

Ngeri “Kabut” Resesi, Indonesia Peringkat Berapa?

Hai teman Yamin! Beri­ta adanya resesi dari ming­gu ke ming­gu kayaknya belum juga reda ya. Banyak Negara glob­al yang dik­abarkan memi­li­ki poten­si terke­na dampaknya. Kira-kira bera­pa besar resesi itu akan berdampak ke Indonesia?

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 26 April 2023

Mantab, Inflasi 2023 Akan Turun Lebih Cepat! — Market Outlook 26 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.