Mantab, Inflasi 2023 Akan Turun Lebih Cepat! — Market Outlook 26 April 2023

26 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. BI: Suku Bun­ga Acuan Masih Ting­gi di Lev­el 5,25%


Bank Indone­sia (BI) mem­proyek­si tingkat suku bun­ga acuan bank sen­tral Ameri­ka Serikat (AS) The Fed­er­al Reserve (The Fed) atau Fed funds rate (FFR) akan tetap ting­gi di lev­el 5,25% hing­ga tahun 2024 mendatang.


Menu­rut Guber­nur BI Per­ry War­jiyo, ter­da­p­at dua fak­tor yang men­ja­di per­tim­ban­gan The Fed men­ge­nai suku bun­ga acuan, yaitu tingkat inflasi yang masih ting­gi dan sta­bil­i­tas pada sis­tem keuangan.


2. ADB Kucurkan US$20,5 Mil­iar Untuk Pemuli­han Pan­de­mi Covid-19


Bank Pem­ban­gu­nan Asia (Asian Devel­op­ment Bank/ADB) men­gu­curkan dana sebanyak US$20,5 mil­iar dalam mem­ban­tu pemuli­han di Asia dan Pasi­fik dari pan­de­mi COVID-19.


Pres­i­den ADB Masat­sugu Asakawa men­gungkap­kan, dana US$20,5 mil­iar terse­but ter­diri atas inves­tasi ekuitas, hibah, pin­ja­man dan jam­i­nan, ser­ta ban­tu­an tek­nis yang diberikan kepa­da pemer­in­tah dan sek­tor swasta. 


3. Inflasi 2023 Akan Turun Lebih Cepat!


Bank Indone­sia (BI) mem­proyek­sikan tingkat inflasi tahun 2023 akan bera­da di bawah 4% atau bisa turun lebih cepat dari perkiraan. 


Guber­nur Bank Indone­sia Per­ry War­jiyo men­gungkap­kan, ada empat (4) fak­tor yang bisa memicu penu­runan inflasi dap­at lebih cepat: 


- Respons BI yang men­jalankan kebi­jakan suku bun­ga secara secara front loaded dan pre­emp­tive.


- Terk­endalinya import­ed infla­tion.


- Kesuk­sesan pada koor­di­nasi BI, pemer­in­tah pusat dan pemer­in­tah daer­ah dalam men­jalankan Ger­akan Nasion­al Pen­gen­dalian Inflasi Pan­gan (GNPIP).


- Pada kebi­jakan fiskal yang dilakukan dalam ben­tuk pem­ber­ian sub­si­di BBM maupun energi.


4. Pener­bi­tan Oblig­asi Capai Rp27,08 T!


Pener­bi­tan oblig­asi dan sukuk kor­po­rasi sep­a­n­jang tahun 2023 ber­jalan sedang men­gala­mi penu­runan. Berdasar data Otori­tas Jasa Keuan­gan (OJK), jum­lah pener­bi­tan oblig­asi dan sukuk kor­po­rasi hing­ga akhir Maret 2023 sebanyak 24 emisi den­gan nilai sebe­sar Rp27,08 triliun.


Sedan­gkan data peri­ode yang sama tahun 2022 menun­jukkan, jum­lah pener­bi­tan oblig­asi dan sukuk men­ca­pai 38 emisi den­gan nilai Rp42,49 triliun.


Penye­bab uta­ma ter­jadinya penu­runan pener­bi­tan oblig­asi dan sukuk pada kuar­tal I‑2023 yaitu berasal dari adanya kenaikan suku bun­ga acuan yang ter­ja­di sejak kuar­tal IV-2022 hing­ga saat ini, ungkap Analis Fixed Income Sucor­in­vest Asset Man­age­ment Alvaro Ihsan.


5. IHSG Masih Jauh ke 7.000, Investor Wait and See


Per­jalanan Indeks Har­ga Saham Gabun­gan (IHSG) untuk mendekati 7.000 pas­ca libur lebaran masih jauh. CEO Sucor Seku­ri­tas Bernadus Wijaya meng­in­for­masikan, bah­wa saat ini pelaku pasar masih wait and see ter­hadap hasil Fed­er­al Open Mar­ket Com­mit­tee (FOMC) The Fed. Kenaikan suku bun­ga terse­but akan men­ja­di sen­ti­men negatif dan bisa memen­garuhi perg­er­akan may­ori­tas indeks saham. 


6. Duh Mata Uang Asia Lagi Loyo


Seba­gian besar mata uang Asia kem­bali melemah ter­hadap dolar Ameri­ka Serikat (AS), meskipun dolar Ameri­ka Serikat (AS) juga sedang lesu. Pelema­han mata uang Asia juga sejalan den­gan koreksinya bur­sa Asia pada Rabu (26/04). 


Pada pukul 12:12 WIB, indeks Hang Seng Hong Kong melemah sebe­sar 1,87%, Shang­hai Com­pos­ite Chi­na melemah sebe­sar 0,85%, Straits Times Sin­ga­pu­ra terko­rek­si sebe­sar 0,76%, dan KOSPI Korea Sela­tan melemah sebe­sar 1,59%. Sedan­gkan hanya indeks Nikkei 225 Jepang saja yang men­gala­mi pen­guatan sebe­sar 0,15%,


Dalam pekan ini, ter­da­p­at data pent­ing seper­ti pen­gelu­aran kon­sumen, per­tum­buhan ekono­mi, ser­ta indeks keyak­i­nan kon­sumen (IKK).


Data terse­but bisa men­ja­di per­tim­ban­gan pada bank sen­tral AS (The Fed) dalam menen­tukan kebi­jakan suku bun­ga berikut­nya pada perte­muan awal Mei mendatang.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 19 April 2023

5 Rahasia Terbesar Penyebab Orang Kaya Makin Kaya!

Hal­lo teman Yamin! Kamu sadar gak, terny­a­ta seti­ap tahun pasti ada saja penam­ba­han orang kaya baru lho. Orang terse­but bisa berasal dari pen­gusa­ha, influ­encer, artis, dan berba­gai macam latar belakang peker­jaan lainnya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 17 April 2023

Cling! Obligasi Jadi Incaran Dana Asing — Market Outlook 17 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 14 April 2023

Bye-bye Dolar, Negara ini Mau Ngeluarin Mata Uang Baru!

Hal­lo teman Yamin! Kira-kira ada apa yah den­gan Dolar AS, katanya ada beber­a­pa Negara yang ingin mening­galkan­nya. Penasaran? Mari kita ulas bersama.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.