Kulik Reksa Dana: KISI Equity Fund!

17 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk Rek­sa Dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma Rek­sa Dana dari Man­a­jer Inves­tasi KISI Asset Management.


Tapi sebelum masuk ke bagian Rek­sa Dananya, kita akan men­gu­las latar belakang dari KISI Asset Man­age­ment dan mar­ket out­look secara glob­al ser­ta domestik dari analis KISI Asset Man­age­ment ter­lebih dahu­lu. Dis­i­mak ya!


KISI Asset Management


KISI Asset Man­age­ment didirikan pada tahun 2019, PT KISI Asset Man­age­ment adalah perusa­haan man­a­jer inves­tasi yang terdaf­tar dan diawasi oleh Otori­tas Jasa Keuan­gan (OJK). Per tang­gal 23 Juli 2019, PT KISI Asset Man­age­ment telah memi­li­ki izin OJK den­gan nomor surat KEP-50/D.04/2019. 


PT KISI Asset Man­age­ment adalah diawasi oleh tim man­a­je­men dan inves­tasi pro­fe­sion­al den­gan pen­gala­man rata-rata di atas 15 tahun di pasar modal Indonesia


Berikut mar­ket out­look yang diin­for­masikan dari analis KISI Asset Management.


Mar­ket Out­look (Glob­al)


Dalam beber­a­pa bulan ter­akhir, pasar AS telah men­gala­mi pros­es dis­in­flasi yang cukup sta­bil. Data inflasi ter­akhir menun­jukkan angka 4,9% YoY, jauh dari pun­caknya pada tahun lalu yang men­ca­pai 9,1%. Selain itu, suku bun­ga acuan Bank Sen­tral AS telah menun­jukkan tan­da-tan­da adanya per­lam­bat­an, den­gan kenaikan yang baru-baru ini sebe­sar 25bps, diband­ingkan den­gan tahun lalu tahun lalu yang men­ca­pai 75bps.


Mar­ket Out­look (Domestik)


Dalam tingkat inflasi dan suku bun­ga, kon­disi Indone­sia masih sta­bil. Tingkat inflasi ter­akhir yang dim­i­li­ki oleh Indone­sia sebe­sar 4,33%, selain itu tingkat suku bun­ga juga tetap sta­bil di lev­el 5,75% sejak awal  sejak awal tahun 2023. Indone­sia diproyek­sikan masih akan tetap tang­guh pada tahun 2023 yang dicer­minkan den­gan per­tum­buhan PDB sebe­sar 4,5% — 5% hing­ga saat ini. 


Pro­duk Rek­sa Dana di SayaKaya


Beber­a­pa jenis pro­duk yang dap­at teman Yamin temukan di aplikasi SayaKaya dari KISI Asset Man­age­ment adalah seba­gai berikut:



KISI Equi­ty Fund


Salah satu pro­duk KISI Asset Man­age­ment yang ingin kita ulik kali ini yaitu KISI Equi­ty Fund. Kita akan men­gu­lik dari segi alokasi aset hing­ga per­for­ma Rek­sa Dana tersebut.


Alokasi Aset



Pada pro­duk KISI Equi­ty Fund, alokasi aset diba­gi men­ja­di Pasar Uang sebe­sar 12.47% (12.5% dibu­latkan) dan Saham sebe­sar 87.53% (87.5% dibu­latkan). Ada­pun Top Equi­ty Hold­ings yang ter­da­p­at pada aset alokasi KISI Equi­ty Fund yaitu**:**


1. Merde­ka Bat­tery Mate­ri­als Tbk. (MBMA)


2. GoTo Gojek Toko­pe­dia Tbk (GOTO)


3. Gudang Garam Tbk. (GGRM)


4. Ind­o­food CBP Suk­ses Mak­mur Tbk. (ICBP)


5. Indo­ce­ment Tung­gal Prakarsa Tbk. (INTP)


6. May­o­ra Indah Tbk. (MYOR)


7. Bank Cen­tral Asia Tbk. (BBCA)


8. Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI)


9. Telkom Indone­sia (Persero) Tbk. (TLKM)


10. Bank Raky­at Indone­sia (Persero) Tbk. (BBRI)


Adanya kom­po­sisi yang besar dalam kat­e­gori saham pada pro­duk Rek­sa Dana terse­but mem­bu­at kita harus lebih cer­mat dan men­gan­tisi­pasi atas peruba­han perg­er­akan pasar saham atau Indeks Har­ga Saham Gabun­gan (IHSG) yang sedang ter­ja­di ser­ta dap­at memen­garuhi kin­er­ja Rek­sa Dana saham itu sendiri.



Sum­ber: pasardana.id


Dap­at dil­i­hat adanya penu­runan kin­er­ja Rek­sa Dana saham dari KISI Equi­ty Fund bila diband­ingkan den­gan Pasar Index Rek­sa Dana Saham (PIRS) . Analis KISI Asset Man­age­ment berpen­da­p­at,  bah­wa dalam jang­ka pen­dek, pasar oblig­asi akan lebih sta­bil diband­ingkan den­gan pasar saham. 


Namun kami mema­ha­mi bah­wa suku bun­ga sudah men­ca­pai pun­caknya dan mungkin akan segera men­ca­pai pun­caknya. Keti­ka suku bun­ga Indone­sia / AS / Glob­al masih ting­gi, sulit untuk men­ja­di bull­ish kecuali kami yakin penu­runan suku bun­ga akan segera ter­ja­di, yang akan men­dorong momen­tum bull­ish di pasar saham dan obligasi.


Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?


Per­hatikan kin­er­ja pro­duk Rek­sa Dana ter­lebih dahu­lu sebelum berin­ves­tasi. Pastikan kamu memi­li­ki ren­cana finan­sial dan pro­duk Rek­sa Dana yang dip­il­ih juga sesuai den­gan pro­fil risiko kamu. Kalau masih bin­gung memil­ih dan berin­ves­tasi di mana, di SayaKaya jawabannya!


Dis­claimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait Rek­sa Dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 15 Mei 2023

Titik Terang! Indonesia Berpeluang Jadi Negara Maju Dalam 13 Tahun ke Depan! — Market Outlook 15 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 12 Mei 2023

Tips Investasi Reksa Dana Khusus Newbie!

Hal­lo teman Yamin! Inves­tasi Rek­sa Dana telah men­ja­di salah satu pil­i­han yang pop­uler bagi para pem­u­la yang ingin mem­u­lai per­jalanan mere­ka dalam men­ca­pai tujuan finan­sial­nya. Rek­sa Dana meru­pakan wadah inves­tasi yang ter­diri dari dana yang dikumpulkan dari para investor untuk diin­ves­tasikan ke dalam berba­gai instru­men keuan­gan seper­ti saham, oblig­asi, dan pasar uang. Namun, bagi pem­u­la, anal­i­sis Rek­sa Dana bisa men­ja­di tugas yang menantang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 11 Mei 2023

Mau Beli Tiket Konser? Ini Tipsnya

Hal­lo teman Yamin, tak kenal maka tak Cold­play, halah! Kabar ren­cana “mang­gung” dari salah satu grup musik terke­nal di dunia Cold­play cukup menggem­parkan masyarakat Indone­sia. Bagaimana tidak, cold­play beren­cana men­gadakan konser musik di Indone­sia pada tang­gal 15 Novem­ber 2023 mendatang.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.