Titik Terang! Indonesia Berpeluang Jadi Negara Maju Dalam 13 Tahun ke Depan! — Market Outlook 15 Mei 2023

15 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. Titik Terang! Indone­sia Berpelu­ang Jadi Negara Maju Dalam 13 Tahun ke Depan


Pelu­ang terse­but dikatakan oleh Pres­i­den Jokowi kare­na Indone­sia memi­li­ki bonus demografi atau jum­lah pen­duduk usia pro­duk­tif (usia ker­ja) yang terus bertam­bah dari tahun ke tahun. Dimana tepat­nya bonus demografi ini akan ter­ja­di pada tahun 2030.


Pres­i­den Jokowi men­gungkap­kan, bah­wa kesem­patan untuk men­ja­di negara maju ini hanya akan datang sekali dalam sejarah. Kare­na itu sudah sep­a­n­tas­nya, negeri ini harus men­jar­ing calon pemimpin yang layak dalam meneruskan tongkat estafet kepemimpinannya


2. Indone­sia Res­mi Men­ja­di Pemegang Saham Terbe­sar Keti­ga di IDB!


Saat Sidang Tahu­nan Islam­ic Devel­op­ment Bank (IsDB) yang ke-48 pada 10–13 Mei 2023 di Jed­dah, Arab Sau­di. Dewan Guber­nur Islam­ic Devel­op­ment Bank mem­berikan per­se­tu­juan men­ge­nai  pro­pos­al kenaikan saham Indonesia.


Indone­sia res­mi men­dudu­ki per­ingkat terbe­sar keti­ga untuk pemegang saham Islam­ic Devel­op­ment Bank sete­lah Arab Sau­di dan Libya, ser­ta bera­da di atas Iran, Nige­ria, Qatar, Mesir, Kuwait, UAE, dan Turki.


Sri Mulyani men­gungkap­kan, seba­gai negara den­gan pen­duduk mus­lim terbe­sar, Indone­sia ingin men­ja­di mitra IsDB yang lebih kuat untuk meningkatkan per­an, dan melak­sanakan tujuan­nya dalam mem­ban­tu negara-negara anggota, teruta­ma negara-negara anggota yang men­gala­mi kemiski­nan dan rentan, ser­ta komu­ni­tas mus­lim di dunia.


3. Ner­a­ca Perda­gan­gan Indone­sia Sur­plus di atas US$3.5 M!


 Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) men­gungkap­kan, Ner­a­ca perda­gan­gan barang Indone­sia kem­bali men­catat sur­plus pada bulan April 2023. Jum­lah sur­plus terse­but sebe­sar US$3,94 mil­iar. Cukup meningkat diband­ing den­gan sur­plus ner­a­ca perda­gan­gan Maret 2023 yang sebe­sar US$2,83 miliar. 


Deputi Bidang Metodolo­gi dan Infor­masi Sta­tis­tik BPS Imam Mach­di men­gungkap­kan, ini meru­pakan sur­plus ke-36 sejak Mei 2020 dan selalu menc­etak sur­plus positif.


4. Yah, Nilai Impor Indone­sia Turun Pada April 2023


Badan Pusat Sta­tis­tik (BPS) men­catat, nilai impor pada bulan April 2023 sebe­sar US$15,35 mil­iar, turun 25,45% secara bulanan alias month on month (MoM). Deputi Bidang Metodolo­gi dan Infor­masi Sta­tis­tik BPS Imam Mach­di men­gungkap­kan, penu­runan impor secara bulanan ini melan­jutkan pola musiman. 


Kemu­di­an, penu­runan impor pada bulan April 2023 didorong adanya penu­runan baik impor minyak dan gas (migas) maupun impor non migas. Bila dil­i­hat secara tahu­nan, nilai impor pada April 2023 ter­catat melemah sebe­sar 22,32% (year on year/YoY). 


5. Inves­tasi Mangkrak akan Segera Rampung!


Menteri Inves­tasi dan Kepala Badan Koor­di­nasi Penana­man Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meng­in­for­masikan, hing­ga akhir 2023 ini ditar­getkan 87% inves­tasi mangkrak bisa ram­pung. Total inves­tasi mangkrak pada 2019 sebe­sar Rp708 T. Kemu­di­an untuk saat ini telah terse­le­saikan lebih dari 80%.


Ia menar­getkan, pada tahun 2024 inves­tasi mangkrak bisa sele­sai 90%. Kemu­di­an akhir tahun ini ram­pung 87%. Bahlil juga mene­gaskan, bah­wa pres­i­den Jokowi memer­in­tahkan jajaran­nya agar tidak hanya men­datangkan para investor saja, namun juga bagaimana caranya agar para investor yang sudah masuk dap­at menye­le­saikan inves­tasi yang telah ditanamkan.


6. Utang Luar Negeri Pemer­in­tah dan Swasta Naik?


Posisi Utang Luar Negeri (ULN) Pemer­in­tah pada bulan Maret 2023 ter­catat sebe­sar US$194,0 mil­iar. Jum­lah terse­but meningkat dari bulan sebelum­nya yang sebe­sar US$192,3 mil­iar. Kemu­di­an, posisi ULN swasta pada peri­ode lapo­ran ter­catat sebe­sar US$199,4 mil­iar. Jum­lah terse­but meningkat dari bulan sebelum­nya yang sebe­sar US$198,6 miliar. 


Direk­tur Ekseku­tif Kepala Departe­men Komu­nikasi BI Erwin Hary­ono men­gungkap­kan, perkem­ban­gan ULN Pemer­in­tah dipen­garuhi oleh pen­em­patan inves­tasi porto­fo­lio di pasar Surat Berhar­ga Negara (SBN) domestik.


Penarikan ULN pemer­in­tah pada tri­wu­lan I 2023 masih diu­ta­makan dalam men­dukung  pem­bi­ayaan pada sek­tor pro­duk­tif dan belan­ja pri­or­i­tas, khusus­nya untuk men­ja­ga momen­tum adanya pemuli­han ekono­mi Indone­sia di ten­gah keti­dak­pas­t­ian perekono­mi­an secara global.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 12 Mei 2023

Tips Investasi Reksa Dana Khusus Newbie!

Hal­lo teman Yamin! Inves­tasi Rek­sa Dana telah men­ja­di salah satu pil­i­han yang pop­uler bagi para pem­u­la yang ingin mem­u­lai per­jalanan mere­ka dalam men­ca­pai tujuan finan­sial­nya. Rek­sa Dana meru­pakan wadah inves­tasi yang ter­diri dari dana yang dikumpulkan dari para investor untuk diin­ves­tasikan ke dalam berba­gai instru­men keuan­gan seper­ti saham, oblig­asi, dan pasar uang. Namun, bagi pem­u­la, anal­i­sis Rek­sa Dana bisa men­ja­di tugas yang menantang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 11 Mei 2023

Mau Beli Tiket Konser? Ini Tipsnya

Hal­lo teman Yamin, tak kenal maka tak Cold­play, halah! Kabar ren­cana “mang­gung” dari salah satu grup musik terke­nal di dunia Cold­play cukup menggem­parkan masyarakat Indone­sia. Bagaimana tidak, cold­play beren­cana men­gadakan konser musik di Indone­sia pada tang­gal 15 Novem­ber 2023 mendatang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 9 Mei 2023

Duel: Reksa Dana Saham vs Saham

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang masih penasaran men­ge­nai perbe­daan antara Rek­sa Dana saham dan saham? Yuk mari kita bahas bersama.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.