Duel: Reksa Dana Saham vs Saham

9 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang masih penasaran men­ge­nai perbe­daan antara Rek­sa Dana saham dan saham? Yuk mari kita bahas bersama.


Sebelum menge­tahui perbe­daan dan duel sen­git antara Rek­sa Dana saham dan saham, mari kita paha­mi pengert­ian dari mas­ing-mas­ing instru­men instru­men inves­tasi ini ter­lebih dahulu.


Rek­sa Dana meru­pakan wadah untuk menghim­pun dana masyarakat yang dikelo­la oleh Man­a­jer Inves­tasi, kemu­di­an dana terse­but diin­ves­tasikan ke dalam surat berhar­ga seper­ti: saham, oblig­asi, dan instru­men pasar uang.


Sedan­gkan saham yaitu tan­da peny­er­taan modal indi­vidu atau pihak (badan usa­ha) dalam suatu perusa­haan atau perseroan ter­batas. Den­gan meny­er­takan modal terse­but, maka pihak yang bersangku­tan memi­li­ki klaim atas pen­da­p­atan perusa­haan, klaim atas aset perusa­haan, dan juga berhak hadir dalam Rap­at Umum Pemegang Saham (RUPS).


Selan­jut­nya, Rek­sa Dana saham yaitu jenis Rek­sa Dana yang meng­in­ves­tasikan seba­gian besar dananya ke dalam saham-saham yang diperda­gangkan di Bur­sa Efek Indone­sia (BEI). Rek­sa Dana saham memi­li­ki poten­si tingkat pengem­balian dan risiko yang relatif lebih ting­gi diband­ingkan den­gan jenis Rek­sa Dana lain­nya (high risk, high return).


“Lalu apa perbe­daan Rek­sa Dana saham dan saham?”



Walaupun kita sama-sama menge­tahui poten­si imbal hasil dari Rek­sa Dana saham lebih ren­dah diband­ingkan den­gan instru­men saham dalam jang­ka pan­jang, namun secara garis besar Rek­sa Dana saham memi­li­ki risiko yang min­im diband­ingkan den­gan saham itu sendiri.


Dita­m­bah ter­da­p­at pihak Man­a­jer Inves­tasi yang siap men­gelo­la dana dari para investor agar per­tum­buhan inves­tasinya terus bertum­buh. Tetapi balik lagi, kepu­tu­san inves­tasi bera­da di tan­gan teman Yamin semua.


Hal uta­ma yang per­lu diper­hatikan keti­ka ingin berin­ves­tasi adalah mem­bu­at ren­cana finan­sial ter­lebih dahu­lu dan memil­ih instru­men inves­tasi yang cocok den­gan kamu. Kalau masih bin­gung ingin berin­ves­tasi di mana, jelas di SayaKaya jawa­ban­nya. Yuk inves­tasi sekarang!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 8 Mei 2023

The FED Menaikan Tingkat Suku Bunga, Ini Dampaknya!

Halo teman Yamin! Beber­a­pa wak­tu lalu, The FED men­gadakan FOMC. FOMC kepan­jan­gan dari Fed­er­al Open Mar­ket Com­mit­tee yang meru­pakan dewan rap­at kebi­jakan bank sen­tral Ameri­ka Serikat.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 8 Mei 2023

Tingkat Pengangguran Indonesia Mulai Berkurang! — Market Outlook 8 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 2 Mei 2023

Krisis di Amerika Serikat Masih Berlanjut — Market Outlook 2 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.