Waktu Adalah Uang

27 Maret 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Time is mon­ey, rasanya selu­ruh manu­sia dari berba­gai kalan­gan usia dan bela­han dunia per­nah menden­gar ungka­pan ini. Meskipun terke­san seder­hana, namun ungka­pan ini memi­li­ki mak­na yang men­dalam, yang men­dorong kita seba­gai manu­sia untuk meman­faatkan wak­tu yang kita mili­ki den­gan sebaik-baiknya kare­na wak­tu tak akan bisa teru­lang kem­bali. Kelak bagi yang meng­har­gai wak­tu, maka wak­tu juga akan menghargainya.


Bagi pelaku pasar, ungka­pan time is mon­ey lebih sesuai dikaitkan den­gan durasi inves­tasi (invest­ment hori­zon). Durasi inves­tasi dap­at mem­pen­garuhi strate­gi inves­tasi dan risiko yang diter­i­ma. Bagi investor dan trad­er, durasi inves­tasi yang berbe­da mencer­minkan ekspek­tasi imbal hasil dan risiko yang diter­i­ma. Secara seder­hananya, investor melakukan pem­be­lian aset yang akan dipegang dalam jang­ka wak­tu pan­jang den­gan hara­pan men­da­p­atkan keun­tun­gan dari kenaikan har­ga ser­ta div­i­den. Di sisi lain, trad­er meman­faatkan momen­tum jang­ka pen­dek untuk melakukan jual-beli yang lebih cepat dan untuk men­da­p­atkan banyak keun­tun­gan dari fluk­tu­asi har­ga aset. Ked­u­anya sama-sama dianut oleh pelaku pasar dan banyak yang men­da­p­atkan keun­tun­gan fan­tastis dalam meneku­ni strate­ginya mas­ing-mas­ing. Apa­bi­la difokuskan pada aspek durasi inves­tasi, kajian risikonya bisa berbeda.


Semakin kecil durasi inves­tasi, semakin besar risikonya kare­na fluk­tu­asi jang­ka pen­dek lebih ting­gi dan volatil­i­tas lebih ser­ing ter­ja­di. Sehing­ga, durasi inves­tasi yang lebih pan­jang cen­derung lebih baik apa­bi­la difokuskan untuk kenaikan nilai den­gan sta­bil dan mem­i­ni­mal­isir risiko, namun mem­bu­tuhkan wak­tu yang lama hing­ga bertahun-tahun. Ter­lebih lagi, durasi inves­tasi yang berbe­da juga dap­at mem­berikan pen­garuh yang berbe­da dari segi behav­ioral finance, kare­na investor yang lebih berfokus dalam jang­ka pan­jang tidak ter­lalu ter­pen­garuh untuk mengam­bil kepu­tu­san dadakan dan emo­sion­al aki­bat volatil­i­tas jang­ka pendek.


Kon­disi aset saat ini dap­at dikatakan cukup volatil, teruta­ma seba­gai efek lan­ju­tan dari kejatuhan SVB (Sil­i­con Val­ley Bank), Sig­na­ture Bank, dan First Repub­lic Bank. Wajar apa­bi­la masyarakat/nasabah khawatir dan keper­cayaan ter­hadap per­bankan AS menu­run. Pelaku pasar pun mulai merasa bah­wa ini men­ja­di per­mu­laan dari kri­sis, seper­ti yang per­nah ter­ja­di di tahun 2007–2008. Ter­lebih lagi, kon­disi perekono­mi­an glob­al masih belum sta­bil: beber­a­pa  negara masih meng­hadapi inflasi yang ting­gi; kenaikan dan tingkat suku bun­ga ke lev­el yang ting­gi; per­lam­bat­an ekono­mi dan poten­si resesi atau stagflasi. Sehing­ga, perg­er­akan aset berisiko seper­ti saham, oblig­asi, dan rek­sa dana men­gala­mi penu­runan nilai dan volatil­i­tas­nya masih relatif tinggi.


Bagi traders, volatil­i­tas ini men­ja­di risiko ekstra yang harus diper­hatikan kare­na fluk­tu­asi har­ga san­gat sulit untuk dipredik­si dan banyak faktor/sentimen yang mem­pen­garuhi. Namun, bagi investor, volatil­i­tas ini hanya bersi­fat jang­ka pen­dek dan fokus­nya tetap jang­ka pan­jang. Ter­lebih lagi, pelaku pasar umum­nya bersi­fat san­gat sen­si­tif, reak­tif, dan cepat tang­gap atas suatu infor­masi, sehing­ga volatil­i­tas pun semakin ting­gi.  Uniknya, hold­ing peri­od (spe­si­fiknya di AS) pelaku pasar semakin ren­dah, dari yang umum­nya sela­ma bertahun-tahun sekarang men­ja­di hitun­gan bulan. Ini juga berkat semakin banyaknya pelaku pasar, teruta­ma investor indi­vid­ual yang dap­at melakukan transak­si jual-beli yang jauh lebih mudah berkat perkem­ban­gan teknologi.


You just have to be will­ing to wait long enough for your time hori­zon to work in your favor. Sehing­ga, wak­tu tidak hanya men­ja­di uang bagi investor, namun juga men­ja­di sahabat.


Dis­claimer: Anal­i­sis dan infor­masi yang terkan­dung dalam artikel ini men­gan­dung opi­ni yang bersi­fat sub­jek­tif. Kepu­tu­san dan hasil dari inves­tasi meru­pakan risiko dan tang­gung jawab dari mas­ing-mas­ing investor.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 20 Maret 2023

Market Research 20 Maret 2023: Unchanged Rate

Jum­lah PHK yang ter­ja­di sela­ma bulan Jan­u­ari-Feb­ru­ari 2023 menyen­tuh lev­el tert­ing­gi sejak tahun 2009, den­gan seper­ti­ga dari jum­lah PHK terse­but berasal dari sek­tor teknolo­gi. PHK ini dis­am­but posi­tif oleh investor seba­gai langkah efisien­si biaya. Den­gan poten­si kenaikan suku bun­ga lan­ju­tan, maka jum­lah PHK juga dap­at meningkat lebih lan­jut. Pemer­in­tah dihara­p­kan dap­at men­e­mukan solusi dalam meng­hadapi gelom­bang PHK. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 20 Maret 2023

Efek Keruntuhan Silicon Valley Bank

Pasar glob­al baru saja dike­jutkan den­gan beri­ta men­ge­nai kolap­snya Sil­i­con Val­ley Bank (SVB), salah satu per­bankan yang cukup besar di AS dan telah beru­sia 40 tahun. Hanya dalam kurun wak­tu kurang dari 48 jam, nasabah melakukan penarikan dana besar-besaran yang menye­babkan SVB bangkrut. Para pelaku pasar pun meli­hat dan mem­band­ingkan kebangkru­tan SVB den­gan Lehman Broth­ers di tahun 2007–2008, meli­hat peri­s­ti­wa terse­but seba­gai per­mu­laan dari kri­sis yang baru.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 13 Maret 2023

Market Research 13 Maret 2023: New Terminal Rate

IMF untuk semen­tara menaikkan batas mak­si­mal pen­danaan bagi negara anggota yang terlilit utang dan sulit untuk menghim­pun pener­i­maan. Pada perte­muan Menteri Keuan­gan G20, isu penan­ganan utang yang men­ja­di salah satu pokok pem­ba­hasan ter­p­ing­girkan oleh isu lain­nya, yaitu mem­anas­nya hubun­gan AS-Chi­na. Dis­isi lain, arah perekono­mi­an Chi­na men­ja­di per­ha­t­ian bagi selu­ruh negara lain­nya. Menu­rut IMF, per­tum­buhan 1 persen poin dari perekono­mi­an Chi­na men­dorong per­tum­buhan 0,3 persen poin di negara lain. Bagi Indone­sia seba­gai mitra dagang Chi­na, ekspor Indone­sia dap­at men­gala­mi kenaikan. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.