3 Tipe Investor Reksa Dana, Kamu “Si Paling” yang Mana?

30 Maret 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang mau mulai berin­ves­tasi atau sudah berin­ves­tasi rek­sa dana? Kali ini kita akan mem­ba­has 3 tipe investor rek­sa dana. Kira-kira kamu tipe investor si pal­ing apa ya..


Salah satu fak­tor untuk meningkatkan efisien­si dan efek­tiv­i­tas dalam berin­ves­tasi rek­sa dana yaitu den­gan cara menge­tahui tipe inves­tasi kita. Man­faat­nya adalah agar pro­duk rek­sa dana yang dip­il­ih nan­ti dap­at sesuai den­gan pro­fil risiko ser­ta tujuan inves­tasi kita.


Selain itu, den­gan menge­tahui tipe inves­tasinya, kamu bisa memu­tuskan strate­gi dan metode apa saja yang efek­tif dalam berin­ves­tasi rek­sa dana. Apakah ingin berin­ves­tasi dalam jang­ka pen­dek, menen­gah, maupun jang­ka pan­jang. Sekarang, mari kita ulas bersama 3 tipe investor rek­sa dana di bawah ini!


1. Si Pal­ing Aman


Hay­oo.. Sia­pa di sini yang ingin berin­ves­tasi tapi takut mengam­bil risiko dan men­cari aman? Gak usah khawatir, tipe si pal­ing aman adalah investor yang memil­ih berin­ves­tasi den­gan tingkat risiko ren­dah. Jika mem­ba­has pengert­ian aslinya, tipe investor ini meru­pakan tipe investor konservatif. 


Pro­duk rek­sa dana yang cocok diin­ves­tasikan oleh tipe investor si pal­ing aman yaitu rek­sa dana pasar uang. Kare­na rek­sa dana pasar uang memi­li­ki tingkat risiko pal­ing ren­dah diantara rek­sa dana lain­nya. Tapi ingat, semakin ren­dah­nya tingkat risiko keru­gian, maka semakin ren­dah juga poten­si imbal hasilnya.


2. Si Pal­ing Santai


Tipe investor si pal­ing san­tai meru­pakan investor yang cukup berani mengam­bil risiko dan meng­in­car poten­si imbal hasil inves­tasi yang lebih ting­gi diband­ingkan tipe si pal­ing aman. Tipe investor ini meru­pakan tipe mod­er­at.


Pro­duk rek­sa dana yang cocok diin­ves­tasikan oleh investor si pal­ing san­tai yaitu rek­sa dana pen­da­p­atan tetap atau oblig­asi. Rek­sa dana pen­da­p­atan tetap memi­li­ki tingkat risiko menen­gah diband­ingkan rek­sa dana lainnya. 


3. Si Pal­ing Berani


Tipe investor ini meru­pakan investor yang san­gat berani memil­ih poten­si imbal hasil ting­gi dan bisa mener­i­ma risiko yang ting­gi juga. Tipe investor ini meru­pakan tipe agre­sif.


Pro­duk rek­sa dana yang cocok diin­ves­tasikan oleh investor si pal­ing berani yaitu rek­sa dana saham. Rek­sa dana saham memi­li­ki poten­si imbal hasil dan risiko yang pal­ing ting­gi diband­ingkan pro­duk rek­sa dana lainnya.


Nah sekarang sudah tahu kan tipe investor kamu yang mana? Jan­gan lupa, sebelum berin­ves­tasi rek­sa dana, pastikan tujuan inves­tasi kamu sudah diren­canakan sebelumnya.


Ingat, semakin cepat kamu berin­ves­tasi rek­sa dana, maka tujuan finan­sial mu akan segera ter­ca­pai. Yuk inves­tasi rek­sa dana sekarang di SayaKaya!



Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 27 Maret 2023

Market Research 27 Maret 2023: Another Rate Hike

Berkat keta­hanan sis­tem keuan­gan, per­modalan, risiko kred­it, dan likuid­i­tas, per­bankan Indone­sia dap­at dikatakan tidak ter­dampak dari penu­tu­pan SVB (Sil­i­con Val­ley Bank), Sig­na­ture Bank, dan Sil­ver­gate Bank. UBS menan­datan­gani pem­be­lian Cred­it Suisse sehar­ga USD 3,24 mil­iar untuk men­gatasi kri­sis keper­cayaan pada keuan­gan glob­al. Bank sen­tral Swiss juga mem­berikan ban­tu­an likuid­i­tas sebe­sar USD 108 mil­iar. Berikut meru­pakan mar­ket updates dari domestik dan global.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 27 Maret 2023

Waktu Adalah Uang

Time is mon­ey, rasanya selu­ruh manu­sia dari berba­gai kalan­gan usia dan bela­han dunia per­nah menden­gar ungka­pan ini. Meskipun terke­san seder­hana, namun ungka­pan ini memi­li­ki mak­na yang men­dalam, yang men­dorong kita seba­gai manu­sia untuk meman­faatkan wak­tu yang kita mili­ki den­gan sebaik-baiknya kare­na wak­tu tak akan bisa teru­lang kem­bali. Kelak bagi yang meng­har­gai wak­tu, maka wak­tu juga akan menghargainya.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 20 Maret 2023

Market Research 20 Maret 2023: Unchanged Rate

Jum­lah PHK yang ter­ja­di sela­ma bulan Jan­u­ari-Feb­ru­ari 2023 menyen­tuh lev­el tert­ing­gi sejak tahun 2009, den­gan seper­ti­ga dari jum­lah PHK terse­but berasal dari sek­tor teknolo­gi. PHK ini dis­am­but posi­tif oleh investor seba­gai langkah efisien­si biaya. Den­gan poten­si kenaikan suku bun­ga lan­ju­tan, maka jum­lah PHK juga dap­at meningkat lebih lan­jut. Pemer­in­tah dihara­p­kan dap­at men­e­mukan solusi dalam meng­hadapi gelom­bang PHK. Berikut meru­pakan mar­ket updates secara domestik dan global:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.