AS Gak Jadi Gagal Bayar? — Market Outlook 29 Mei 2023

29 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:


1. AS Gak Jadi Gagal Bayar?


Ket­ua DPR Kevin McCarthy mengk­laim telah men­ca­pai kesep­a­katan den­gan Pres­i­den AS Joe Biden men­ge­nai kenaikan pla­fon utang demi menghin­dari kebangkru­tan Ameri­ka Serikat. Mes­ki belum dirin­ci di dalam isi kesep­a­katan terse­but, namun Biden dan McCarthy dik­laim sep­a­kat untuk menaikkan batas utang sela­ma dua (2) tahun sam­bil mem­bat­asi pen­gelu­aran sela­ma kurun wak­tu tersebut. 


Kesep­a­katan itu juga men­cakup beber­a­pa per­syaratan men­ge­nai pro­gram bagi orang miskin. Satu titik terang dari AS, kare­na bila default atau gagal bayar ter­ja­di, san­gat berisiko sekali men­jatuhkan ekono­mi AS dan meng­gang­gu pasar secara global.


2. BI Mem­per­ta­hankan Suku Bun­ga Acuan 5.75%


Bank Indone­sia (BI) mem­per­ta­hankan suku bun­ga acuan pada tingkat 5,75% untuk keem­pat (4) kalinya pada Rap­at Dewan Guber­nur (RDG) Mei 2023.


Menu­rut Guber­nur Bank Indone­sia Per­ry War­jiyo dalam kon­fer­en­si pers pada Kamis (25/5) men­gungkap­kan, bah­wa kepu­tu­san mem­per­ta­hankan suku bun­ga acuan terse­but kon­sis­ten den­gan sikap dari kebi­jakan mon­eter dalam memas­tikan inflasi inti agar terk­endali dalam kisaran 3,0±1 persen di 2023 (tingkat inflasi april: 2.83%).


3. BI: Revisi Per­tum­buhan Ekono­mi Glob­al Jadi 2.7%


Bank Indone­sia (BI) menaikan proyek­si per­tum­buhan ekono­mi dunia men­ja­di 2,7% year on year, diband­ingkan tar­get sem­u­la sebe­sar 2,6%. 


Dari sisi domestik, per­tum­buhan kuar­tal I 2023 tetap kuat di angka 5,03% (yoy), sedik­it meningkat dari kuar­tal sebelum­nya yang sebe­sar 5,01% (yoy). Pen­ingkatan per­tum­buhan ekono­mi didorong oleh tingginya ekspor dan meningkat­nya per­mintaan domestik pada sek­tor kon­sum­si rumah tang­ga, pen­ingkatan kon­sum­si pemer­in­tah, ser­ta inves­tasi non ban­gu­nan yang cukup efektif.


4. Alokasi Dana Rp8 T untuk Soft Diplo­ma­cy


Pemer­in­tah Melalui Kementer­ian Keuan­gan (Kemenkeu) telah men­ga­lokasikan anggaran sebe­sar Rp8 tril­i­un dalam men­dukung soft diplo­ma­cy den­gan negara-negara lain melalui pro­gram-pro­gram Lem­ba­ga Dana Ker­ja Sama Pem­ban­gu­nan Inter­na­sion­al (LDKPI).


Anggaran Rp8 tril­i­un itu meru­pakan dana LDKPI yang sudah dima­sukkan sejak 2022 hing­ga 2023.


Menteri Keuan­gan Sri Mulyani men­gungkap­kan, salah satu ben­tuk dalam pro­gram terse­but yaitu pem­ber­ian ban­tu­an pada dukun­gan vaksi­nasi bagi pen­duduk Nige­ria sebanyak 1,5 juta dosis vaksin pen­tavalen seni­lai Rp30,3 miliar.


5. Rupi­ah Belum Bersemangat


Pada Senin pagi (29/5), rupi­ah spot dibu­ka melemah di perda­gan­gan Pukul 09.10 WIB, rupi­ah spot bera­da ada di lev­el Rp14.965 per dolar Ameri­ka Serikat (AS), melemah 0,07% dari akhir pekan lalu yang bera­da di lev­el Rp14.955 per dolar AS.


Pelema­han rupi­ah dikare­nakan masih belum ada kepas­t­ian rin­cian yang res­mi dari ren­cana kenaikan pla­fon utang yang diala­mi oleh AS.


6. Har­ga Minyak Melompat!


Har­ga minyak men­gala­mi pen­ingkatan pada awal perda­gan­gan Senin (29/5). Hal terse­but dikare­nakan adanya kabar men­ge­nai Ameri­ka Serikat (AS) yang mendekati kesep­a­katan men­ge­nai utang.


Har­ga minyak men­tah WTI men­guat hing­ga 1,10% ke posisi US$73,47 per barel, semen­tara itu har­ga minyak men­tah Brent juga dibu­ka men­guat hing­ga 0,92% ke posisi US$77,66 per barel.


Namun, kon­disi pasar tetap berhati-hati kare­na pem­bicaraan utang yang mungkin akan berlarut-larut dan dap­at meningkatkan poten­si kekhawati­ran pada keti­dak­pas­t­ian perg­er­akan ekono­mi di Ameri­ka Serikat yang bisa berdampak secara global.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 25 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Premium Fund

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 23 Mei 2023

Berkenalan Yuk Dengan “AUM” di Reksa Dana

Hal­lo teman Yamin! Salah satu indika­tor untuk memil­ih dan memi­lah Rek­sa Dana dalam berin­ves­tasi dap­at dil­i­hat dari perkem­ban­gan AUM-nya. Tapi sudah pada tahu belum AUM itu apa? 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 22 Mei 2023

Kondisi Ekonomi Indonesia Cukup Stabil — Market Outlook 22 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.