Ini Cara Biar Abis Lebaran Uang Kamu Gak Langsung Habis

22 Maret 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin, menjelang lebaran segala kebutuhan bisa saja tiba-tiba muncul. Misalnya membeli pakaian baru, membeli kue kering untuk menyambut tamu, memberikan THR untuk saudara dan sepupu serta kebutuhan untuk mudik. Pasalnya semua ini adalah bagian dari kegembiraan menyambut momen Lebaran.


Namun, tidak boleh terlalu terhanyut dalam momen lebaran dengan tidak mengontrol pengeluaran finansial kamu ya. Jika tidak hati-hati dalam mengelola keuangan, kondisi keuanganmu dapat terancam dan bisa berakhir dengan cepat habis.


Nah disini aku mau berbagi tips mengatur keuangan agar setelah lebaran uang kamu ga langsung habis nih teman-teman Yamin!


1. Metode Budgeting yang Tepat


Tips pertama adalah menerapkan metode budgeting dengan tepat. Dalam menghadapi situasi ini, penting bagi kita untuk bisa menunda pengeluaran yang tidak perlu dan membatasi biaya untuk keinginan yang tidak terlalu dibutuhkan. Prioritaskan kebutuhan yang mendesak dan penting, seperti kebutuhan pokok dan tagihan rutin, sementara pengeluaran yang bersifat tidak mendadak dapat ditunda untuk waktu yang lebih sesuai.


2. Menghindari Utang Konsumtif dan Pengeluaran yang Tidak Perlu


Setelah Hari Raya, seringkali uang yang telah diperoleh selama bulan puasa dan lebaran dapat habis dengan cepat jika tidak dikelola dengan bijak. Salah satu cara untuk mencegah agar uang tidak langsung habis adalah dengan menghindari utang dan pengeluaran yang tidak perlu setelah Hari Raya.


Utang dapat menjadi beban yang berat bagi keuangan kita di masa mendatang. Sebaiknya, hindari untuk meminjam uang dari teman atau keluarga jika memungkinkan. Selain itu, jangan terpancing untuk melakukan pembelian-pembelian impulsif atau menghabiskan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.


3. Mengalokasikan Dana untuk Investasi


Berikutnya, tips mengatur keuangan setelah lebaran yang perlu dilakukan adalah mengalokasikan dana untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa mengembangkan danamu demi membantu mencapai tujuan finansial.


Dengan mengalokasikan sebagian uang lebaran untuk diinvestasikan, kamu dapat memperoleh potensi keuntungan jangka panjang yang bisa membantu memperkuat kondisi keuangan. Salah satu instrumen keuangan yang bisa dipertimbangkan untuk berinvestasi salah satunya adalah reksa dana.


Sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya biar sehabis lebaran uang kamu gak habis dan bisa disisihkan untuk berinvestasi. Yuk download dan investasi sekarang di SayaKaya!


Ada salah satu reksa dana yang bisa kamu pertimbangkan untuk menambah portofolio investasi di jangka panjang, yaitu Sucorinvest Sharia Balanced Fund. Dengan kinerja menarik, reksa dana jenis campuran yang memiliki strategi pengelolaan konservatif dan dikelola sesuai dengan prinsip syariah.


Image Artikel (1).png


Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, penting untuk kita melakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis investasi tersebut serta menentukan tujuan finansial dan profil risiko masing-masing ya.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Kulik Reksa Dana 21 Maret 2024

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Sukuk Fund

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi **Sucorinvest Asset Management. **

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 20 Maret 2024

Fitch: Ini Peringkat Kredit di Indonesia - Market Outlook 20 Maret 2024

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih bijak lagi. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 19 Maret 2024

6 Rekomendasi Makanan Takjil Enak di Bulan Ramadan

Halo teman Yamin! Bulan Ramadan telah tiba, sebuah masa yang dinanti-nantikan khususnya bagi umat Islam di seluruh dunia. Salah satu momen yang paling dinanti saat berbuka adalah menyantap takjil, hidangan ringan yang disiapkan untuk mengakhiri puasa. Berikut adalah 6 jenis takjil yang wajib untuk dibeli pada bulan Ramadan:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.