Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Sharia Sukuk Fund

21 Maret 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi **Sucorinvest Asset Management. **


Tapi sebelum masuk ke bagian reksa dana, kita akan mengulas latar belakang dari Sucorinvest Asset Management terlebih dahulu. Mari disimak bersama ya!


Sucorinvest Sharia Sukuk Fund


Sucorinvest Asset Management berdiri sejak 1997, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan berdasarkan izin dari BAPEPAM & LK No.Kep-01/PM/MI/1999 tertanggal 1 Juni 1999, dan mengelola sejumlah reksa dana yang memenangkan banyak penghargaan di dalam dan luar negeri.


Sepanjang tahun 2022 Sucorinvest Asset Management telah menerima berbagai Penghargaan yaitu sebagai Asset Management Company of the Year Indonesia 2022 dari The Asset Triple A Sustainable Investing Award 2022 dan Asset Management Company of the year South East Asia & Asset Management Company of the year Indonesia dari Global Banking & Finance Awards 2022.


Didukung tim yang berpengalaman, kinerja reksa dana yang baik dan konsisten telah mendorong perusahaan bertumbuh pesat. Per akhir Februari 2024, Sucor Asset Management membukukan dana kelolaan lebih dari Rp23.45 Triliun.


Reksa Dana Pendapatan Tetap


Reksa dana yang ingin kita kulik kali ini masuk dalam kategori reksa dana pendapatan tetap syariah yaitu reksa dana Sucorinvest Sharia Sukuk Fund (SSSF). Berikut merupakan beberapa produk reksa dana pendapatan tetap syariah yang ada di aplikasi SayaKaya:


1.png


Reksa dana Sucorinvest Sharia Sukuk Fund (SSSF) juga masuk dalam kategori reksa dana aktif. Reksa dana aktif merupakan reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi secara aktif dan melakukan pembelian serta penjualan aset dalam portofolio reksa dana. Tujuannya adalah untuk menghasilkan imbal hasil yang lebih tinggi daripada indeks acuan atau benchmarknya.


Selain itu, Sucorinvest Sharia Sukuk Fund (SSSF) memiliki keunggulan seperti tingkat risiko menengah, memiliki kinerja yang unggul, dan diinvestasikan sesuai dengan prinsip syariah di pasar modal


Alokasi Aset


2.png


Pada produk Sucorinvest Sharia Sukuk Fund (SSSF), alokasi aset dibagi menjadi Sukuk &/ SBSN sebesar 83.78%% dan Efek Syariah Berpendapatan Tetap &/ Inst. Psr Uang Syariah Dlm. Negeri &/ Deposito Syariah sebesar 16.22%, dan Setara Kas & Deposito Berjangka sebesar 21.44%. Adapun Top Holdings yang terdapat pada aset alokasi reksa dana Sucorinvest Sharia Sukuk Fund (SSSF) yaitu:


1. Sukuk SIDILD01CN2 (8.17%)


2. Sukuk SIMORA02ACN1 (7.57%)


3. Sukuk SMINKP01BCN3 (6.50%)


4. Sukuk SMINKP02BCN1 (5.49%)


5. Sukuk SMINKP03BCN2 (10.04%)


6. Sukuk SMMFIN01BCN3 (7.06%)


7. Sukuk SMPIDL01B25 (6.32%)


8. Sukuk SWMEDP01ACN2 (5.57%)


9. TD PT. BANK SYARIAH INDONESIA (4.32%)


10. TD PT. BTPN SYARIAH (4.13%)


Adanya komposisi yang besar dalam kategori Sukuk &/ SBSN pada produk reksa dana tersebut membuat kita harus lebih cermat dan mengantisipasi atas perubahan pergerakan tingkat suku bunga yang sedang terjadi dan berpotensi dapat memengaruhi kinerja reksa dana itu sendiri. Reksa dana Sucorinvest Sharia Sukuk Fund (SSSF) berpotensi akan mengalami dampak positif terhadap penurunan tingkat suku bunga.


Perbandingan Pertumbuhan Reksa Dana


Sharia Sukuk Fund Compare.png


Bila kita melihat data di atas, pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Sharia Sukuk Fund memiliki pergerakan yang optimal dan terus bertumbuh. Selain itu pergerakan kinerja reksa dana Sucorinvest Sharia Sukuk Fund berada di atas dari kinerja benchmarknya dalam satu (1) tahun terakhir.


"Lalu apa yang perlu dilakukan bagi investor?"


Berdasarkan data tersebut, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih produk reksa dana pendapatan tetap dan diinvestasikan dalam jangka waktu menengah hingga panjang.


Namun, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kamu memiliki rencana finansial terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kinerja tiap produk reksa dana yang sesuai dengan rencana dan profil risiko investasi mu. Setelah kamu merencanakan dan mengetahui profil risiko, saatnya mulai berinvestasi.


Bila masih bingung ingin berinvestasi di mana, di SayaKaya jawabannya! Kamu bisa membeli Sucor Sharia Sukuk Fund melalui aplikasi SayaKaya. Aplikasi investasi ini berfungsi sebagai Agen Penjual Efek Reksa dana atau APERD. SayaKaya memiliki produk reksa dana dan manajer investasi yang telah dikurasi, sehingga dapat dipercaya.


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait reksa dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 20 Maret 2024

Fitch: Ini Peringkat Kredit di Indonesia - Market Outlook 20 Maret 2024

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih bijak lagi. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 19 Maret 2024

6 Rekomendasi Makanan Takjil Enak di Bulan Ramadan

Halo teman Yamin! Bulan Ramadan telah tiba, sebuah masa yang dinanti-nantikan khususnya bagi umat Islam di seluruh dunia. Salah satu momen yang paling dinanti saat berbuka adalah menyantap takjil, hidangan ringan yang disiapkan untuk mengakhiri puasa. Berikut adalah 6 jenis takjil yang wajib untuk dibeli pada bulan Ramadan:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 18 Maret 2024

Ini Tips Mengelola THR Dan Gaji Secara Bijak Di Bulan Ramadhan

Halo teman Yamin! mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji secara bijak menjadi sangat penting untuk memastikan kebutuhan sehari-hari terpenuhi agar tidak mengalami kekurangan di akhir bulan. Apalagi selama bulan puasa pengeluaran dapat meningkat karena adanya kebutuhan tambahan seperti makanan sahur dan berbuka bagi umat muslim (khususnya), serta persiapan untuk merayakan Idul Fitri dan juga berkunjung ke kampung halaman.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.