Teruntuk Umur 20-an, Ini Pesan Buatmu

1 Februari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Untuk kamu yang telah menginjak usia 20-an. Mengelola keuangan di usia tersebut adalah langkah awal yang krusial untuk membangun pondasi keuangan yang kokoh di masa depan.


Pada masa tersebut, banyak di antara kamu yang baru saja memasuki dunia kerja atau masih mengejar pendidikan tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pemahaman yang baik mengenai pengelolaan keuangan pribadi. Berikut adalah pesan keuangan untuk membantu kamu mengarungi masa ini dengan lebih bijak.


1. Pahami Prioritas Keuangan


Penting untuk memahami dan menetapkan prioritas keuangan di usia 20-an. Tentukan tujuan finansial jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, seperti membayar utang konsumtif, menabung untuk pendidikan lanjutan, atau merencanakan pembelian besar seperti kendaraan atau dana untuk menikah. Prioritaskan kebutuhan sebelum keinginan, dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting.


2. Pelajari Mengenai Investasi


Investasi bukan hanya sesuatu yang harus dijalani oleh para profesional keuangan. Mulailah memahami dasar-dasar investasi seperti mengenal instrumen keuangan salah satunya reksa dana. Dengan memahami risiko dan potensi keuntungannya, kamu dapat membuat keputusan investasi yang cerdas. Ingatlah bahwa memulai investasi di usia muda memberikan keuntungan waktu yang panjang untuk pertumbuhan investasi.


3. Tanggung Jawab Utang Dengan Bijak


Jika kamu memiliki utang konsumtif, seperti kartu kredit, kelolakan dengan bijak. Tentukan strategi pembayaran yang realistis dan disiplin dalam melunasi utang. Hindari menambah utang tanpa perencanaan yang matang, dan selalu perhatikan bunga yang dikenakan pada utang tersebut.


4. Bangun Darurat Keuangan


Ketidakpastian selalu menjadi bagian dari kehidupan dan memiliki dana darurat sangat penting. Mulailah menyisihkan sebagian kecil dari pendapatan bulananmu untuk membangun tabungan darurat. Dana darurat dapat memberikan perlindungan finansial jika terjadi kejadian tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau biaya medis mendesak.


5. Belajarlah Dari Kesalahan


Jangan takut untuk membuat kesalahan finansial, karena itu adalah bagian dari proses pembelajaran. Hal yang paling penting adalah belajar dari kesalahan tersebut dan membuat perubahan yang diperlukan. Terkadang, pengalaman adalah guru terbaik dalam hal keuangan.


6. Rencanakan Untuk Masa Depan


Meskipun masa pensiun mungkin terasa jauh, memulai perencanaan pensiun di usia 20-an adalah salah satu langkah cerdas. Persiapkan masa pensiun dengan baik, salah satu strateginya dengan cara berinvestasi di reksa dana bersama SayaKaya.


Usia 20-an adalah waktu yang sangat berharga untuk membangun pondasi keuangan yang kokoh. Dengan kamu memahami prioritas keuangan, belajar mengenai investasi, dan mengelola utang dengan bijak dari awal, kamu dapat mengambil langkah-langkah penting untuk mencapai kestabilan keuangan jangka panjang.


Mulailah belajar dan berinvestasi dari sekarang untuk mempersiapkan perjalanan mencapai tujuan finansialmu bersama SayaKaya ke depan!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 31 Januari 2024

Ini Lho 5 "Privilege" Berinvestasi di Reksa Dana

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang sudah menjadi investor reksa dana di SayaKaya? Kamu perlu tahu nih ada beberapa privilege yang bisa kamu dapatkan ketika berinvestasi reksa dana selain mendapatkan potensi imbal hasilnya dalam jangka panjang. Kira-kira apa saja yah, yuk simak bersama.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 30 Januari 2024

Ini Dia Buah - Buahan untuk Diet di Malam Hari

Halo teman Yamin! Kamu pasti pernah mendengar saran untuk makan buah-buahan sebagai cemilan sehat. Tapi apa kamu tahu bahwa ada buah-buahan tertentu yang dapat membantu menurunkan berat badan, terutama jika dikonsumsi di malam hari.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 29 Januari 2024

Wajib Paham, Investment Grade pada Obligasi

Halo teman Yamin! Kali ini kita akan mengulas apa itu investment grade pada obligasi. Ini bisa jadi tambahan ilmu pengetahuan bagi kamu yang ingin berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap atau campuran yang alokasinya terdapat obligasi lho. Yuk kita simak bersama!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.