Ini Lho 5 "Privilege" Berinvestasi di Reksa Dana

31 Januari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang sudah menjadi investor reksa dana di SayaKaya? Kamu perlu tahu nih ada beberapa privilege yang bisa kamu dapatkan ketika berinvestasi reksa dana selain mendapatkan potensi imbal hasilnya dalam jangka panjang. Kira-kira apa saja yah, yuk simak bersama.


1. Diversifikasi Portofolio yang Mudah


Ketika kamu berinvestasi reksa dana, sangat memungkinkan sekali untuk mendiversifikasikan aset reksa danamu ke berbagai instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. Strategi diversifikasi dapat mengurangi risiko ketergantungan pada satu jenis aset saja dan meminimalisir dari fluktuasi atau pergerakan pasar. Ada lebih dari 50 produk reksa dana dari 8 Manajer Investasi di aplikasi SayaKaya. Kamu bisa memilih reksa dana tersebut sesuai dengan tujuan finansial dan profil risiko masing-masing ya.


2. Akses ke Manajer Profesional


Di dalam reksa dana, terdapat pihak yang bernama Manajer Investasi, Pihak tersebut melakukan analisis pasar secara terus-menerus, membuat keputusan investasi berdasarkan risiko dan potensi imbal hasil dengan output di tiap produk reksa dana berbentuk laporan yang disebut fund fact sheet. Dengan demikian, kamu dapat mengandalkan keahlian mereka tanpa harus menghabiskan waktu dan energi untuk mengelola portofolio investasi sendiri.


3. Modal Terjangkau


Reksa dana memungkinkan dari berbagai tingkat modal untuk berpartisipasi membeli instrumen keuangan tersebut. Sebagai investor reksa dana, Kamu dapat memulai dengan jumlah investasi yang relatif kecil, di SayaKaya kamu bisa membeli reksa dana dengan minimal Rp10 ribu saja! Ini membuka pintu investasi kepada banyak orang yang mungkin tidak memiliki modal besar untuk berinvestasi langsung di pasar saham atau obligasi.


4. Likuiditas yang Tinggi


Salah satu keuntungan besar reksa dana adalah likuiditasnya yang tinggi. Kamu dapat menjual unit reksa dananya dengan mudah setiap saat selama jam perdagangan, memberikan fleksibilitas untuk menarik investasi saat dibutuhkan. Ini berbeda dengan beberapa bentuk investasi lainnya, yang mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicairkan. Di reksa dana, kamu dapat mencairkan portofolio dengan maksimal T+7 (pada hari kerja).


5. Transparansi dan Regulasi yang Ketat


Reksa dana mengikuti pada regulasi yang ketat dan harus menyediakan informasi yang transparan kepada investor. Laporan kinerja berkala dan informasi mengenai portofolio reksa dana tersedia secara terbuka. Ini memberikan kepercayaan kepada investor bahwa investasi mereka dijalankan dengan integritas dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Salah satu pertimbangan bagi para investor kepada suatu APERD atau Agen Penjual Efek Reksa Dana yaitu apakah sudah diawasi oleh OJK?


Nah, SayaKaya juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lho. Berikut nomor registrasinyai KEP-17/PM.21/2021. Jadi kamu gak usah khawatir ketika berinvestasi reksa dana melalui aplikasi ini.


Berinvestasi di reksa dana memberikan sejumlah "privilege" yang signifikan bagi kita sebagai investor. Dengan diversifikasi yang mudah, akses ke manajer investasi profesional, modal yang terjangkau, likuiditas tinggi, dan kepatuhan terhadap regulasi, reksa dana menjadi pilihan menarik untuk kamu yang ingin membangun portofolio investasi yang seimbang dan berpotensi memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang.


Sebelum berinvestasi, penting untuk memahami profil risiko dan tujuan keuangan pribadi serta melakukan riset menyeluruh tentang reksa dana yang dipilih.


Yuk investasi reksa dana sekarang di SayaKaya!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 30 Januari 2024

Ini Dia Buah - Buahan untuk Diet di Malam Hari

Halo teman Yamin! Kamu pasti pernah mendengar saran untuk makan buah-buahan sebagai cemilan sehat. Tapi apa kamu tahu bahwa ada buah-buahan tertentu yang dapat membantu menurunkan berat badan, terutama jika dikonsumsi di malam hari.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 29 Januari 2024

Wajib Paham, Investment Grade pada Obligasi

Halo teman Yamin! Kali ini kita akan mengulas apa itu investment grade pada obligasi. Ini bisa jadi tambahan ilmu pengetahuan bagi kamu yang ingin berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap atau campuran yang alokasinya terdapat obligasi lho. Yuk kita simak bersama!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 26 Januari 2024

Udah Tahu Belum Soal Tarif Pajak Buat Karyawan Mulai 1 Januari 2024?

Halo teman Yamin! Udah pada tahu berita terbaru tentang Pajak Karyawan yang katanya ada update dan mulai diaplikasikan pada 1 Januari 2024 tahun ini! Yuk mari kita ulas bersama. Siapa tahu ini bisa menambah ilmu pengetahuan kamu soal berita-berita keuangan terkini di SayaKaya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.