Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Premium Fund

25 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. 


Tapi sebelum masuk ke bagian rek­sa dananya, kita akan men­gu­las latar belakang dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment, sete­lah itu kita akan mem­ba­has mar­ket out­look ser­ta data lan­ju­tan­nya. Dis­i­mak ya!


Sucor­in­vest Asset Management


Sucor­in­vest Asset Man­age­ment berdiri sejak 1997, telah berizin dan diawasi oleh Otori­tas Jasa Keuan­gan (OJK) berdasarkan izin dari BAPEPAM & LK No.Kep-01/PM/MI/1999 ter­tang­gal 1 Juni 1999, ser­ta men­gelo­la sejum­lah rek­sa dana yang meme­nangkan banyak peng­har­gaan di dalam dan luar negeri. 


Sep­a­n­jang tahun 2022, Sucor­in­vest Asset Man­age­ment telah mener­i­ma berba­gai Peng­har­gaan yaitu seba­gai Asset Man­age­ment Com­pa­ny of the Year Indone­sia 2022 dari The Asset Triple A Sus­tain­able Invest­ing Award 2022 dan Asset Man­age­ment Com­pa­ny of the year South East Asia & Asset Man­age­ment Com­pa­ny of the year Indone­sia dari Glob­al Bank­ing & Finance Awards 2022. 


Per akhir April 2023, Sucor Asset Man­age­ment mem­bukukan dana kelo­laan lebih dari Rp31.11 Tril­i­un.


Berikut mar­ket out­look yang diin­for­masikan dari analis Sucor­in­vest Asset Management.


Mar­ket Outlook


Pada US mar­ket, kon­gres Ameri­ka Serikat (AS) masih belum men­ca­pai titik temu dalam mem­ba­has pagu utang. Fitch men­gungkap­kan, hal terse­but dap­at mem­bu­at AS ter­an­cam men­gala­mi default atau gagal bayar yang kemu­di­an dap­at mem­ba­hayakan per­ingkat kred­it AS. Menteri Keuan­gan AS, Janet Yellen sebelum­nya telah mem­peringatkan para anggota par­lemen bah­wa poten­si gagal bayar pada awal Juni san­gat mungkin terjadi.


Pada Asia mar­ket, may­ori­tas bur­sa Asia-Pasi­fik kem­bali dibu­ka melemah pada perda­gan­gan Kamis (25/5), investor masih mem­per­tim­bangkan isu pagu utang AS. Selain itu, Bank of Korea (BoK) kem­bali mem­per­ta­hankan suku bun­ga acuan di lev­el 3,5%, suku bun­ga BoK telah diper­ta­hankan sela­ma tiga (3) bulan beruntun.


Pro­duk rek­sa dana di SayaKayaBerba­gai kat­e­gori jenis pro­duk yang dap­at teman Yamin temukan di aplikasi SayaKaya dari Sucor­in­vest Asset Man­age­ment yaitu rek­sa dana Pasar Uang, rek­sa dana Pen­da­p­atan Tetap, rek­sa dana Cam­pu­ran, rek­sa dana Saham, dan rek­sa dana Index. Namun kali ini kita akan men­gu­lik salah satu kat­e­gori dari rek­sa dana campuran!



Dari kat­e­gori rek­sa dana Cam­pu­ran di atas, kita akan memil­ih salah satu rek­sa dana yang dim­i­li­ki oleh Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment yaitu Sucor­in­vest Pre­mi­um Fund.


Alokasi Aset



Pada pro­duk Sucor­in­vest Pre­mi­um Fund, alokasi aset diba­gi men­ja­di Efek Ekuitas sebe­sar 17.23%, Oblig­asi sebe­sar 82.75%, dan Inst. Psr. Uang Dalam Negeri sebe­sar 0.02%. Kemu­di­an alokasi aset terbe­sar dari Sucor­in­vest Pre­mi­um fund ter­da­p­at dari (berdasar uru­tan abjad):


1. Oblig­asi BVIC02SBCN2 (2.40%)


2. Oblig­asi DART03CN1 (5.60%)


3. Oblig­asi IMFI04BCN3 (7.64%)


4. Oblig­asi LPPI01BCN1 (3.89%)


5. Oblig­asi LPPI01BCN2 (2.80%)


6. Oblig­asi LTLS03ACN2 (3.08%)


7. Oblig­asi MDKA03ACN2 (5.21%)


8. Oblig­asi MDKA03BCN1 (2.35%)


9. Oblig­asi MDKA03BCN3 (2.48%)


10. Sukuk SMPPGD02ACN1 (3.00%)


Adanya kom­po­sisi yang besar dalam kat­e­gori oblig­asi pada pro­duk Sucor­in­vest Pre­mi­um Fund mem­bu­at kita harus lebih cer­mat dan men­gan­tisi­pasi atas peruba­han kon­disi ekono­mi makro ser­ta mikro yang sedang ter­ja­di dan bisa berpoten­si memen­garuhi kin­er­ja rek­sa dana tersebut.



Sum­ber: pasardana.id


Dap­at dil­i­hat untuk per­tum­buhan kin­er­ja rek­sa dana cam­pu­ran Sucor­in­vest Pre­mi­um Fund  terus men­gala­mi pen­ingkatan. Bila diband­ingkan den­gan Pasar Index Rek­sa Dana Cam­pu­ran (PIRC), posisi per­tum­buhan Sucor­in­vest Pre­mi­um Fund pun bera­da di atas­nya (data: 24 Mei 2023). Adanya per­tum­buhan posi­tif terse­but mencer­minkan bah­wa man­a­jer inves­tasi dari Sucor­in­vest Asset Man­age­ment cukup efek­tif dalam men­gelo­la pro­duk rek­sa dana terkait.


Sekarang kita sudah sama-sama men­gu­lik bagaimana kin­er­ja rek­sa dana cam­pu­ran Sucor­in­vest Pre­mi­um Fund. Menu­rut kamu bagaimana kinerjanya? 


Walau berdasarkan data di atas secara garis besar dan jang­ka pan­jang berpoten­si terus bertum­buh, namun tetap dis­arankan agar mem­per­tim­bangkan seti­ap kepu­tu­san inves­tasi ke depan.


Selalu per­hatikan kin­er­ja per­tum­buhan dari pro­duk rek­sa dana yang ada ter­lebih dahu­lu sebelum berin­ves­tasi. Kemu­di­an, pastikan bah­wa rek­sa dana yang kamu pil­ih memang sesuai den­gan tujuan finan­sial dan pro­fil risiko mu.


Kalau mau tau lebih lan­jut men­ge­nai pro­duk-pro­duk rek­sa dana kami lain, lang­sung aja down­load dan berin­ves­tasi sekarang di SayaKaya!


Dis­claimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait rek­sa dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 23 Mei 2023

Berkenalan Yuk Dengan “AUM” di Reksa Dana

Hal­lo teman Yamin! Salah satu indika­tor untuk memil­ih dan memi­lah Rek­sa Dana dalam berin­ves­tasi dap­at dil­i­hat dari perkem­ban­gan AUM-nya. Tapi sudah pada tahu belum AUM itu apa? 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 22 Mei 2023

Kondisi Ekonomi Indonesia Cukup Stabil — Market Outlook 22 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 19 Mei 2023

Tips Menghitung Persentase Imbal Hasil Investasi Mu!

Hal­lo teman Yamin! Persen­tase imbal hasil meru­pakan salah satu indika­tor untuk kita dalam meli­hat per­tum­buhan inves­tasi. Semakin besar persen­tase imbal hasil­nya, maka hati kita semakin baha­gia bukan? Imbal hasil yang ting­gi memu­ngkinkan kita dalam men­ca­pai tujuan finan­sial yang telah direncanakan.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.