Kulik Reksa Dana: Trimegah FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index

31 Mei 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Trimegah Asset Man­age­ment. 


Tapi sebelum masuk ke bagian rek­sa dana, kita akan men­gu­las latar belakang dari Trimegah Asset Man­age­ment, perbe­daan rek­sa dana aktif dan pasif, kemu­di­an baru kita kulik kin­er­janya. Dis­i­mak ya!


Trimegah Asset Management


PT Trimegah Asset Man­age­ment berdiri pada Jan­u­ari 2011 meru­pakan anak perusa­haan dari PT Trimegah Seku­ri­tas Indone­sia, yang memi­li­ki pen­gala­man lebih dari 30 tahun di Pasar Modal Indone­sia. Trimegah memi­li­ki izin usa­ha dari OJK seba­gai Man­a­jer Inves­tasi den­gan Nomor KEP-02/ BL/MI/2011.


Top 3 Rek­sa Dana Indeks


Rek­sa dana yang ingin kita kulik kali ini terny­a­ta masuk dalam top 3 rek­sa dana indeks den­gan kin­er­ja imbal hasil ter­baik di aplikasi SayaKaya dalam kurun wak­tu sela­ma 1 tahun terakhir.



Rek­sa dana indeks adalah jenis rek­sa dana pasif yang bertu­juan untuk meniru kin­er­ja indeks pasar ter­ten­tu. Tujuan uta­ma dari rek­sa dana indeks adalah untuk men­da­p­atkan hasil yang setara den­gan indeks yang dip­il­ih dan bukan untuk men­galahkan­nya. Indeks terse­but bisa beru­pa indeks saham, indeks oblig­asi, atau indeks komoditas.


Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index


Salah satu pro­duk Trimegah Asset Man­age­ment  yang ingin kita kulik yaitu Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index. Kita akan men­gu­lik dari segi alokasi aset hing­ga per­for­ma rek­sa dana tersebut.


Seba­gai infor­masi tam­ba­han, Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index melakukan pen­dekatan inves­tasi pasif yang sejalan den­gan kin­er­ja indeks den­gan merep­likasi FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index atas nilai inves­tasi jang­ka pan­jang, kemu­di­an Rek­sa Dana Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index berin­ves­tasi pada saham-saham yang masuk dalam FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index dan dikat­e­gorikan memi­li­ki risiko tinggi.


Alokasi Aset



Pada pro­duk Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index , alokasi aset diba­gi men­ja­di Saham sebe­sar 97.4% dan lain­nya sebe­sar 2.6%. Ada­pun Top Equi­ty Hold­ings yang ter­da­p­at pada aset alokasi saham rek­sa dana Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index yaitu**:**


1. Bank Cen­tral Asia (29.81%)


2. Bank Raky­at Indone­sia (16.22%)


3. Teleko­mu­nikasi Indone­sia (10.87%) 


4. Bank Mandiri (Persero) (9.43%)


5. Astra Inter­na­tion­al (6.92%)


6. Bank Negara Indone­sia (2.92%)


7. Sum­ber Alfaria Tri­jaya (2.33%)


8. Kalbe Far­ma (2.09%)


9. Unit­ed Trac­tors (1.99%)


10. Ind­o­food Suk­ses Mak­mur (1.58%)


Adanya kom­po­sisi yang besar dalam kat­e­gori saham pada pro­duk rek­sa dana indeks terse­but mem­bu­at kita harus lebih cer­mat dan men­gan­tisi­pasi atas peruba­han perg­er­akan pasar saham yang sedang ter­ja­di yang berpoten­si dap­at memen­garuhi kin­er­ja rek­sa dana itu sendiri.


Per­bandin­gan per­tum­buhan rek­sa dana


Kali ini kita tidak hanya men­gu­lik dan mem­bandin­gan dari satu acuan saja (antara Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index den­gan PIRS/Pasardana Index Rek­sa Dana Saham). Namun kita akan menam­bahkan ser­ta mem­band­ingkan den­gan salah satu rek­sa dana aktif yang memi­li­ki kin­er­ja posi­tif, yaitu rek­sa dana saham Trimegah Kap­i­tal Plus yang memi­li­ki tingkat imbal hasil 0.86% per tahun (data diam­bil tang­gal 30 mei 2023).


“Kira-kira perbe­daaan antara rek­sa dana aktif dan pasif apa ya?”


Rek­sa dana aktif: Rek­sa dana yang dikelo­la oleh man­a­jer inves­tasi secara aktif dan melakukan pem­be­lian ser­ta pen­jualan saham atau oblig­asi dalam porto­fo­lio rek­sa dana. Tujuan­nya adalah untuk meng­hasilkan imbal hasil yang lebih ting­gi dari­pa­da indeks acuan atau benchmark. 


Rek­sa dana pasif: yaitu jenis rek­sa dana yang strate­gi man­a­je­men­nya diran­cang untuk meniru atau mencer­minkan kin­er­ja dari indeks pasar ter­ten­tu. Tujuan­nya untuk men­da­p­atkan hasil yang seband­ing den­gan indeks terse­but, bukan untuk mengunggulinya.



Sum­ber: pasardana.id


Bila kita meli­hat data di atas, kin­er­ja rek­sa dana Trimegah FTSE Indone­sia Low Volatil­i­ty Fac­tor Index dap­at melebi­hi kin­er­ja dari ked­ua jenis rek­sa dana yang men­ja­di pem­band­ingnya dalam satu (1) tahun ter­akhir. Pem­band­ing per­ta­ma den­gan rek­sa dana saham Trimegah Kap­i­tal Plus dan pem­band­ing ked­ua den­gan PIRS atau Pasar­dana Index Rek­sa Dana Saham.


“Lalu apa yang harus dilakukan bagi para investor?”


Berdasarkan data terse­but kita dap­at mem­per­tim­bangkan untuk memil­ih pro­duk rek­sa dana indeks men­ja­di salah satu alter­natif dalam berin­ves­tasi secara jang­ka panjang.


Tetapi selain itu, yang harus dilakukan per­ta­ma kali adalah pastikan kamu memi­li­ki ren­cana finan­sial ter­lebih dahu­lu. Kemu­di­an mem­per­hatikan kin­er­ja tiap pro­duk rek­sa dana yang sesuai den­gan ren­cana dan pro­fil risiko inves­tasi mu. Sete­lah kamu sudah meren­canakan dan menge­tahui pro­fil risikonya, saat­nya kamu berin­ves­tasi. Kalau masih bin­gung ingin berin­ves­tasi di mana, di SayaKaya jawabannya!


Dis­claimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait rek­sa dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 29 Mei 2023

AS Gak Jadi Gagal Bayar? — Market Outlook 29 Mei 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 25 Mei 2023

Kulik Reksa Dana: Sucorinvest Premium Fund

Hal­lo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal per­for­ma pro­duk-pro­duk rek­sa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan men­gu­lik salah satu per­for­ma rek­sa dana dari Man­a­jer Inves­tasi Sucor­in­vest Asset Man­age­ment. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 23 Mei 2023

Berkenalan Yuk Dengan “AUM” di Reksa Dana

Hal­lo teman Yamin! Salah satu indika­tor untuk memil­ih dan memi­lah Rek­sa Dana dalam berin­ves­tasi dap­at dil­i­hat dari perkem­ban­gan AUM-nya. Tapi sudah pada tahu belum AUM itu apa? 

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.