Kulik Reksa Dana: Syailendra Pendapatan Tetap Premium

21 September 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Syailendra Capital dan reksa dana ini merupakan produk yang baru masuk di aplikasi SayaKaya lho.


Tapi sebelum masuk ke bagian reksa dana, kita akan mengulas latar belakang dari Syailendra Capital, setelah itu baru kita kulik kinerjanya. Disimak ya!


Syailendra Capital


PT Syailendra Capital beroperasi sebagai perusahaan manajemen investasi. Perusahaan menawarkan manajemen portofolio dan layanan konsultasi kepada individu, institusi, perwalian, dana pribadi, organisasi amal, dan perusahaan investasi.


Syailendra mendapatkan izin sebagai Manajer Investasi pada tanggal 26 November 2006 dari BAPEPAM-LK dengan nomor izin usaha : Nomor KEP-02/BL/MI/2006.


Syailendra Pendapatan Tetap Premium


Salah satu produk Syailendra Capital yang ingin kita kulik yaitu Syailendra Pendapatan Tetap Premium. Kita akan mengulas dari segi alokasi aset hingga performa reksa dana tersebut. Yuk mari kita baca lanjutannya!


Berikut adalah kinerja dari reksa dana Syailendra Pendapatan Tetap Premium dalam tiga (3) tahun terakhir di aplikasi SayaKaya:


IMG_8493.jpg


Last updated: 20 September 2023 (Aplikasi SayaKaya)


Syailendra Pendapatan Tetap Premium masuk dalam kategori reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana pendapatan tetap merupakan jenis reksa dana yang menginvestasikan sebagian besar portofolionya dalam instrumen keuangan yang memiliki tingkat pengembalian tetap atau stabil, seperti obligasi pemerintah, obligasi perusahaan, atau instrumen pasar uang.


Tujuan dari reksa dana pendapatan tetap yaitu untuk menghasilkan pendapatan tetap dan stabil bagi para investor, sehingga cocok untuk mereka yang mencari investasi dengan risiko yang lebih rendah daripada reksa dana campuran atau saham.


Beberapa keuntungan dari reksa dana pendapatan tetap yaitu potensi pendapatan yang cenderung stabil, serta likuiditas yang relatif tinggi. Namun, tingkat pengembalian biasanya lebih rendah daripada reksa dana yang berfokus pada saham, dan ada risiko yang terkait dengan fluktuasi suku bunga yang dapat memengaruhi nilai investasi.


Reksa dana pendapatan tetap sering menjadi pilihan bagi investor yang ingin menghindari risiko pasar yang tinggi.


Alokasi Aset


chart.png


Sumber: Fund Fact Sheet Agustus 2023


Pada produk Syailendra Pendapatan Tetap Premium, alokasi aset dibagi menjadi Government Bond sebesar 45.73%, Corporate Bond sebesar 43.92%, Equity sebesar 8.84% dan Money Market sebesar 1.51%.


Adapun Top Ten Holdings yang terdapat pada alokasi aset reksa dana Syailendra Pendapatan Tetap Premium yaitu:


1. BAFI02BCN3


2. BFIN05BCN4


3. FR0068


4. FR0072


5. FR0075


6. FR0077


7. FR0082


8. FR0089


9. FR0098


10. WOMF04BCN3


Adanya komposisi yang hampir seimbang dalam kategori Corporate Bond dan Government Bond pada produk reksa dana pendapatan tetap tersebut, membuat kita harus memperhatikan kecenderungan atas perubahan pergerakan tingkat suku bunga, kondisi makro ekonomi, dan faktor lain yang dapat terjadi serta berpotensi bisa memengaruhi kinerja reksa dana tersebut.


Perbandingan Pertumbuhan Reksa Dana


Kali ini kita akan membandingkan antara performa reksa dana Syailendra Pendapatan Tetap Premium dengan benchmark nya. Sudah pada siap belum?


Perbandingan.png


Sumber: pasardana.id / 20 September 2023


Berdasarkan data di atas, pergerakan kinerja reksa dana Syailendra Pendapatan Tetap Premium memiliki pertumbuhan yang cukup stabil dalam tiga (3) tahun terakhir. Apalagi kinerja dari reksa dana tersebut melebihi pertumbuhan benchmark nya sendiri.


Berdasarkan data dan kinerja di atas, produk reksa dana Syailendra Pendapatan Tetap Premium juga bisa menjadi alternatif pertimbangan untuk investasi dalam jangka panjang.


Namun hal pertama yang harus dilakukan sebelum berinvestasi, pastikan kamu memiliki rencana atau tujuan finansialnya terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kinerja tiap produk reksa dana yang sesuai dengan profil risiko investasi mu.


Dengan memiliki tujuan investasi dan mengetahui profil risiko investasi mu sejak dini, keputusan investasi yang akan kamu lakukan akan berjalan lebih efektif dibandingkan ketika kamu tidak memiliki rencana investasi sebelumnya.


Jika masih bingung ingin berinvestasi di mana, langsung download aja aplikasi SayaKaya di appstore atau playstore sekarang!


Disclaimer: Data-data di atas meru­pakan infor­masi terkait Reksa Dana dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 18 September 2023

5 Tantangan Ekonomi ke Depan - Market Outlook 18 September 2023

Halo Teman Yamin, pada kesempatan kali ini team SayaKaya telah merangkum dan memilah beberapa berita yang bisa bermanfaat dalam membuat keputusan investasi kamu agar lebih optimal. Mari kita ulas berita di bawah ini:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 15 September 2023

Mau Analisis Reksa Dana, Pahami Konsep Ini Dulu Yuk!

Hallo teman Yamin! Pernah gak sih kamu merasa, ketika ingin menganalisis kinerja sebuah reksa dana, kamu masih bingung caranya bagaimana? Kali ini, kita akan membahas salah satu metode untuk mengukur kinerja reksa dana agar dapat memudahkan kamu untuk mempertimbangkan dalam berinvestasi. Disimak ya!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Kulik Reksa Dana 13 September 2023

Kulik Reksa Dana: TRIM Dana Tetap 2

Hallo teman Yamin! Pada penasaran gak sih soal performa produk-produk reksa dana yang ada di aplikasi SayaKaya? Kali ini kita akan mengulik salah satu performa reksa dana dari Manajer Investasi Trimegah Asset Management.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.