Layangan Boleh Putus, Tapi...

13 Januari 2022 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Belakan­gan ini media sosial heboh sekali den­gan screen­shot, meme, dan review dari web series yang sedang hot, Layan­gan Putus. Disadur dari nov­el terke­nal gara­pan Mom­my ASF, ser­i­al ini suk­ses mem­bu­at banyak istri inse­cure, banyak sua­mi kena getah­nya, dan para muda mudi yang belum menikah mem­per­tim­bangkan ulang pil­i­han jodoh mere­ka nantinya.


Kare­na penasaran (pada­hal belum per­nah baca nov­el­nya atau non­ton seri­al­nya), saya men­cari-cari sosok penulis dan jalan ceri­ta hidup beli­au keti­ka men­gala­mi trage­di terse­but. Dan real­i­tanya, kehidu­pan Mom­my ASF keti­ka dit­ing­galkan oleh man­tan suaminya itu lebih sedih dari apa yang (katanya) dita­mpilkan dalam TV.


Kon­disi finan­sial tidak baik, kesuli­tan mem­ba­yar kon­trakan, tidak men­da­p­atkan sup­port finan­sial dari man­tan suaminya untuk keem­pat anaknya, dan tetap harus bek­er­ja untuk memenuhi kebu­tuhan sehari-hari. Saya san­gat bersim­patik pada perjuangannya.


Seba­gai perem­puan, saya san­gat merasa bah­wa nor­ma stan­dar Indone­sia itu memang dou­ble stan­dard, khusus­nya untuk perem­puan. Sebaiknya tun­duk pada sua­mi, sebaiknya diam di rumah men­gu­rus anak. Jika pun­ya karir, usa­hakan karir kamu tidak sebaik karir sua­mi kamu. Jika karir kamu baik, anak-anak kamu harus “jadi”. Jika kamu wani­ta karir, kamu tetap sebaiknya pulang ke rumah sebelum sua­mi kamu pulang. Sebaiknya di kan­tor jan­gan tun­jukkan emosi, kalau kamu emo­sion­al kamu diang­gap seba­gai perem­puan emo­sion­al dan kalau kamu tegas, kamu diang­gap menye­balkan. We just can’t win!


Sosok Mom­my ASF sendiri pada real­i­tanya berpro­fe­si seba­gai dok­ter hewan. Berpen­didikan, itu pasti. Dan tidak lupa juga, mam­pu men­gu­rus keem­pat anaknya sam­bil mem­ban­gun karir. Ada yang berpen­da­p­at, suaminya mening­galkan dia kare­na men­ja­di perem­puan yang ter­lalu mandiri. Pada­hal, seharus­nya ego laki-laki tidak ser­a­puh itu sam­pai takut pada kemandiri­an dan kesuk­sesan istrinya. 


Yes ladies, layan­gan boleh putus. Namun hidup kamu tetap harus bisa berjalan. 


Suka atau tidak, mon­ey talks. Alasan kena­pa begi­tu banyak istri yang ter­pak­sa tun­duk ter­hadap suaminya dalam kon­disi apapun adalah, kare­na sua­mi meru­pakan bread­win­ner uta­ma dan pemegang kon­trol penuh dalam kon­disi finan­sial kelu­ar­ga. Istri tidak diper­bolehkan untuk berkarir dan men­cari uang sendiri, sehing­ga tidak bisa men­ja­di prib­a­di yang merde­ka. Menu­rut saya, jika seo­rang istri tidak diper­bolehkan oleh suaminya untuk bek­er­ja, sang sua­mi ide­al­nya bisa men­cukupi kebu­tuhan istri, ter­ma­suk kebu­tuhan istri untuk mengumpulkan uang dan berin­ves­tasi secara personal. 


Para wani­ta juga harus menyadari penuh hal ini, dan bela­jar untuk mem­inta apa yang men­ja­di hak mere­ka. Risiko dalam pernika­han itu banyak, bukan hanya sua­mi yang poten­tial­ly bisa sel­ingkuh dan mening­galkan kelu­ar­ga tan­pa ada per­tang­gung­jawa­ban, namun juga risiko PHK, terke­na musi­bah penyak­it, kece­lakaan, hing­ga mening­gal. Saya meli­hat begi­tu banyak istri yang seo­lah kehi­lan­gan arah keti­ka dit­ing­galkan secara men­dadak oleh suaminya; tidak mam­pu memu­tuskan arah inves­tasi, apa yang harus dilakukan untuk men­ja­ga pema­sukan rutin yang tetap untuk kelu­ar­ga, tidak mandiri secara finan­sial, dan sebagainya. 


Layan­gan boleh putus, hidup kamu jangan.


Kare­na itu, saya selalu merasa bah­wa salah satu jalan untuk kemerdekaan wani­ta secara prib­a­di adalah keti­ka mere­ka bisa mem­ber­dayakan diri mere­ka sendiri secara finan­sial. Ya, pasti ujung-ujungnya duit. Wani­ta jan­gan abai ter­hadap kon­disi keuan­gan per­son­al dan kelu­ar­ga. Jika tidak boleh bek­er­ja, maka minta­lah por­si pen­da­p­atan sua­mi seba­gai pema­sukan bagi dirimu sendiri! Yes, kamu men­gu­rus rumah, kamu men­gu­rus anak, 24 jam peker­jaan yang kamu lakukan di rumah. Kita boleh bilang bah­wa ini adalah ben­tuk pengab­di­an kamu seba­gai istri dan ibu, tapi jika ada keja­di­an yang tidak kamu perki­rakan sebelum­nya memu­tus pen­da­p­atan kelu­ar­ga dan kamu tidak bisa apa-apa, sebaik-baiknya seo­rang istri dan/atau Ibu adalah seo­rang yang sudah bersi­ap sebelumnya. 


Kamu bisa mem­u­lai usa­ha dari rumah, dan bisa juga mulai berin­ves­tasi den­gan uang yang diberikan oleh sua­mi kamu. Jika kamu bek­er­ja, sisakan seba­gian besar pen­da­p­atan kamu untuk diin­ves­tasikan untuk masa depan. Alangkah indah­nya jika kamu seba­gai seo­rang ibu dap­at mening­galkan lega­cy atau warisan kepa­da anak-anakmu juga nantinya.


Ingat, para wani­ta. Per­juan­gan itu tidak ada yang diberikan secara sukarela. Jika kita mau men­gubah nasib kita, kita harus berani untuk memec­ahkan lan­git-lan­git kaca yang mem­bat­asi ger­ak kita seba­gai manu­sia. Cre­ate your own des­tiny! Jan­gan sam­pai layan­gan putus, menghen­tikan jalan hidup baha­gia kita.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Gaya Hidup 13 Januari 2022

New Year, New Habit

Tahun baru, res­o­lusi baru! Seti­ap awal tahun baru, agen­da dan notes kita penuh den­gan res­o­lusi baru yang dit­ulis beru­lang kali namun biasa kita (saya) lupakan di perten­ga­han tahun. 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 21 Oktober 2021

Moves Like Jagger

Dalam satu week­end di Ameri­ka Serikat, saya sem­patkan non­ton dua konser. Jumat malam dan ming­gu malam. Norak abis memang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 28 September 2021

Kisah Dua Sahabat

Berkat per­sis­ten­si istri, akhirnya saya sem­patkan non­ton satu lagi K‑drama. Squid Game. Jujur, saya harus men­gakui bah­wa walaupun very dark dan twist­ed, Squid Game memang amat memikat. Kom­bi­nasi momen-momen yang aneh (kebanyakan in a good way), yang mene­gangkan, dan yang men­gaduk-aduk perasaan, memak­sa saya untuk berkon­tem­plasi. Soal kehidupan.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.