5 Rahasia Terbesar Penyebab Orang Kaya Makin Kaya!

19 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Kamu sadar gak, terny­a­ta seti­ap tahun pasti ada saja penam­ba­han orang kaya baru lho. Orang terse­but bisa berasal dari pen­gusa­ha, influ­encer, artis, dan berba­gai macam latar belakang peker­jaan lainnya.


Tapi Yamin yakin kok, kamu bisa men­ja­di salah satu indi­vidu yang ikut menam­bah jajaran orang kaya di masa depan nan­ti. Kira-kira apa saja nih yang dilakukan oleh para orang kaya sehing­ga semakin tahun mere­ka semakin kaya? Yuk mari kita ulas bersama.


Sebelum itu, Yamin mau berba­gi sebuah data sta­tis­tik ter­lebih dahu­lu men­ge­nai proyek­si per­tum­buhan orang kaya di Indonesia:



Sum­ber: Wealth Report 2022 oleh Knight Frank


Berdasarkan data di atas, per­tum­buhan indi­vidu yang masuk dalam kat­e­gori Ultra High Net Worth Indi­vidu (UHNWI) di Indone­sia terus meningkat. Frank men­gungkap­kan, UHNWI yaitu orang-orang yang masuk dalam kat­e­gori memi­li­ki kekayaan min­i­mal US$30 juta. 


Frank mem­proyek­sikan bah­wa nan­ti pada tahun 2026, indi­vidu (UHNWI) di Indone­sia akan men­ca­pai 1.810 orang. Apakah itu ter­ma­suk kamu? Bisa jadi..


Ada beber­a­pa hal yang bisa kita pela­jari men­ga­pa orang kaya bisa semakin kaya tiap tahun­nya. Apakah kare­na mere­ka adalah orang-orang yang jenius? Pun­ya keku­atan super seper­ti layaknya anggota avenger? Atau ada hal lain yang dap­at dipa­ha­mi. Berikut meru­pakan beber­a­pa hal penye­bab orang kaya semakin kaya.


1. Pun­ya Visi dan Tujuan


Kita harus bela­jar dari mere­ka (orang kaya) yang memi­li­ki visi dan tujuan jelas dalam hidup­nya. Mere­ka dap­at memetakan tujuan hidup untuk jang­ka pen­dek, jang­ka menen­gah, hing­ga jang­ka pan­jang. Mere­ka cukup detail pada beber­a­pa aspek kehidu­pan, salah sat­un­ya aspek finan­sial. Dalam hal terse­but, mere­ka telah menen­tukan bagaimana cara men­gelo­la uang dan berin­ves­tasi untuk men­ca­pai tujuan­nya suatu saat nanti.


2. Berani Men­co­ba Sesu­atu yang Baru


Meskipun mere­ka mema­ha­mi bah­wa ada poten­si gagal keti­ka men­co­ba sesu­atu, namun orang kaya tidak per­nah takut untuk men­cobanya. Mere­ka selalu men­co­ba sesu­atu hal yang baru, ntah untuk menam­bah ilmu penge­tahuan, pen­gala­man hidup, atau menam­bah pelu­ang kekayaan­nya. Mere­ka meyaki­ni, lebih baik gagal den­gan men­co­ba, dari­pa­da diam tidak men­co­ba sama sekali.


3. Mem­be­li Aset untuk Jang­ka Panjang


Orang kaya lebih memil­ih untuk mem­be­li aset dari­pa­da mem­be­li lia­bil­i­tas. Aset yang dimak­sud adalah sesu­atu hal yang dap­at meng­hasilkan pen­da­p­atan. Seba­gai con­toh mem­ban­gun kos-kosan, mem­ban­gun usa­ha, sam­pai mem­be­li instru­men inves­tasi yang meng­hasilkan pen­da­p­atan pasif.


Den­gan mem­be­li aset, kon­disi finan­sial mere­ka berpoten­si lebih ter­jamin kare­na adanya pen­da­p­atan yang dihasilkan oleh aset terse­but. Sehing­ga kekhawati­ran mere­ka ter­hadap kurangnya kemam­puan finan­sial cukup rendah.


4. Mem­ban­gun Relasi


Seper­ti yang kita tahu, rata-rata orang kaya tidak mem­ban­gun kekayaan­nya den­gan ber­jalan sendiri. Mere­ka gemar mem­ban­gun relasi dan berte­man den­gan sia­pa saja. Mere­ka per­caya bah­wa den­gan mem­ban­gun relasi, dap­at menim­bulkan pelu­ang-pelu­ang yang bisa mem­perkaya dirinya.


Coba cek lingkun­gan perte­m­anan kamu, bisa jadi teman-teman mu yang sekarang adalah rekan yang dap­at mem­perkaya dirimu di masa depan. Yuk kita banyakin lagi untuk mem­ban­gun relasinya!


5. Memi­li­ki Komit­men yang Kuat


Hal yang tidak semua orang mam­pu lakukan namun ser­ingkali diprak­tekan oleh para orang kaya adalah memi­li­ki komit­men yang kuat. Sete­lah mere­ka mene­tap­kan tujuan finan­sial dan tujuan hidup­nya, mere­ka berusa­ha den­gan gigih untuk men­ca­painya den­gan berpe­gang teguh pada komit­men yang kuat.


Mere­ka tidak peduli den­gan apa yang dikatakan oleh orang lain. Sela­ma tujuan hidup mere­ka berman­faat dan memi­li­ki keyak­i­nan yang ting­gi, mere­ka akan terus berusa­ha sebaik mungkin dalam men­ca­pai tujuan hidupnya.


Nah kira-kira sia­pa saja 5 orang terkaya saat ini di Indone­sia (2023), berikut daftarnya:


1. Low Tuck Kwong: US$26,4 Miliar.


2. Robert Budi Hartono: US$24,1 Miliar.


3. Michael Hartono: US$23,3 Miliar.


4. Sri Prakash Lohia US$7,9 Miliar.


5. Pra­jo­go Panges­tu US$5,4 Miliar.


Sekarang kita sudah tahu kan bagaimana kebi­asaan orang kaya di Indone­sia. Kita bisa lho banyak bela­jar dari mere­ka. Beber­a­pa hal pent­ing yang dilakukan yaitu memi­li­ki tujuan, berin­ves­tasi, dan berkomit­men untuk men­ca­pai tujuan tersebut.


Kalau untuk inves­tasi, kamu bisa lang­sung down­load aplikasi SayaKaya! Kamu dap­at berin­ves­tasi rek­sa dana di sana untuk men­ca­pai tujuan finan­sial dan kehidu­pan­mu di masa depan. Yuk mulai inves­tasi dari sekarang!



Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 17 April 2023

Cling! Obligasi Jadi Incaran Dana Asing — Market Outlook 17 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 14 April 2023

Bye-bye Dolar, Negara ini Mau Ngeluarin Mata Uang Baru!

Hal­lo teman Yamin! Kira-kira ada apa yah den­gan Dolar AS, katanya ada beber­a­pa Negara yang ingin mening­galkan­nya. Penasaran? Mari kita ulas bersama.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 12 April 2023

Duel Berat: Deposito vs Reksa Dana. Mana yang Lebih Untung?

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang penasaran men­ge­nai perbe­daan antara depos­i­to vs rek­sa dana? Dua jenis instru­men inves­tasi ini cukup dim­i­nati masyarakat Indone­sia untuk berin­ves­tasi dan untuk men­ca­pai tujuan finan­sial dalam jang­ka panjang.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.