Duel Berat: Deposito vs Reksa Dana. Mana yang Lebih Untung?

12 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang penasaran men­ge­nai perbe­daan antara depos­i­to vs rek­sa dana? Dua jenis instru­men inves­tasi ini cukup dim­i­nati masyarakat Indone­sia untuk berin­ves­tasi dan untuk men­ca­pai tujuan finan­sial dalam jang­ka panjang.


Namun yang jadi per­tanyaan, kira-kira perbe­daan antara Depos­i­to dan Rek­sa Dana apa sih? Mari kita simak bersama.


Pen­je­lasan men­ge­nai Depos­i­to dan Rek­sa Dana


Depos­i­to meru­pakan pro­duk dana sim­panan seje­nis inves­tasi dari bank yang men­jan­jikan keun­tun­gan beru­pa suku bun­ga tetap den­gan jang­ka wak­tu ter­ten­tu. Sedan­gkan rek­sa dana yaitu wadah untuk menghim­pun dana pemodal/investor yang akan dikelo­la oleh pihak Man­a­jer Inves­tasi (MI) untuk diin­ves­tasikan ke dalam pasar modal. Pada rek­sa dana, investor dap­at mem­per­cayakan dana inves­tasinya kepa­da MI yang memi­li­ki izin pro­fe­sion­al untuk men­gelo­la dana investasinya.


Penasaran apa perbe­daan Depos­i­to vs Rek­sa Dana? Berikut perbedaannya.


Depos­i­to vs Rek­sa Dana



Lebih Untung Inves­tasi di Depos­i­to atau Rek­sa Dana?


Dari­pa­da bin­gung mau memil­ih yang mana, mari kita lihat bersama yuk sim­u­lasi antara Depos­i­to dan Rek­sa Dana di bawah ini:



Gam­bar di atas meru­pakan per­bandin­gan antara Depos­i­to dan dua jenis Rek­sa Dana lain yaitu Rek­sa Dana Pasar Uang (KISI Mon­ey Mar­ket Fund) ser­ta Rek­sa Dana Pen­da­p­atan Tetap (Sucor­in­vest Sharia Sukuk Fund).


Dari sim­u­lasi terse­but, teman Yamin dap­at menge­tahui bah­wa hasil per­bandin­gan nilai return yang lebih besar dim­i­li­ki oleh instru­men Rek­sa Dana. 


Sekarang teman Yamin bisa memu­tuskan, instru­men inves­tasi mana yang lebih cocok den­gan tujuan inves­tasi kamu, apakah depos­i­to atau rek­sa dana. Namun balik lagi, depos­i­to dan rek­sa dana pun sama-sama memi­li­ki kelebi­han ser­ta keku­ran­gan­nya masing-masing.


Pil­ih­lah instru­men inves­tasi yang diawasi dan terdaf­tar di Otori­tas Jasa Keuan­gan (OJK) supaya kamu dap­at mem­i­ni­mal­isir keru­gian yang berasal dari oknum-oknum tidak bertang­gung jawab.


Kemu­di­an, hal ter­pent­ing bagi teman Yamin yaitu ban­gun­lah kebi­asaan berin­ves­tasi dari sekarang. Den­gan berin­ves­tasi, tujuan dan ren­cana finan­sial kamu di masa depan dap­at tercapai.


Kalo kamu masih bin­gung mau berin­ves­tasi di mana, di aplikasi SayaKaya jawabannya!



Dis­claimer: Pemil­i­han ked­ua jenis rek­sa dana antara rek­sa dana pasar uang dan rek­sa dana pen­da­p­atan tetap dit­in­jau dari tingkat risiko yang lebih lebih ren­dah diband­ingkan rek­sa dana saham. Selain itu kin­er­ja persen­tase depos­i­to dan rek­sa dana di atas meru­pakan kin­er­ja masa lalu dan tidak mencer­minkan kin­er­ja masa datang. Inves­tasi rek­sa dana men­gan­dung risiko, calon pemodal/pemodal wajib mem­pela­jari prospek­tus sebelum berin­ves­tasi rek­sa dana. Dalam melakukan transak­si jual dan beli rek­sa dana, calon pemodal/pemodal dihara­p­kan mem­per­hatikan pro­fil risiko, kon­disi keuan­gan ser­ta tujuan inves­tasi dari mas­ing-mas­ing calon pemodal/pemodal.


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 10 April 2023

Obligasi Masih “Ciamik” di Tengah Pasar Saham yang Flat – MarketOutlook 10 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami ingin meng­in­for­masikan beri­ta-beri­ta yang dap­at dis­ajikan dan berman­faat untuk menam­bah ref­er­en­si kita dalam hal ekono­mi. Berikut meru­pakan mar­ket out­look terse­but:

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 5 April 2023

Wow! Ternyata Ini Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan 2023!

Hal­lo teman Yamin! Saat ini kita masuk pada bulan Ramad­han 2023. Bagi umat mus­lim, bulan ramad­han meru­pakan bulan yang penuh berkah dan suka cita. Namun, bulan ramad­han tidak hanya dap­at dinikmati oleh umat mus­lim saja, dari kalan­gan lain pun juga bisa menikmatinya, lho. Apala­gi pada saat berbu­ru “takjil” men­je­lang sore hari. Wih suasananya pasti seru! 

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 3 April 2023

Laris Manis! Aliran Dana ke Obligasi Indonesia Hingga 9 Triliun! — Market Outlook 3 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami memi­li­ki beber­a­pa update beri­ta yang bisa menam­bah ref­er­en­si kita. Yuk simak mar­ket out­look kita sekarang!

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.