Hemat Uang pas Liburan dengan Tips Berikut Ini

19 Januari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin, siapa di sini yang sudah kangen liburan? Mau liburan tapi masih awal tahun dan uang untuk liburan belum terkumpul? Tenang saja, ada beberapa tips hemat liburan yang bisa kamu ikuti. Dengan tips ini, kamu bisa liburan tanpa harus khawatir soal anggaran.


Cari tahu destinasi liburan yang akan kamu kunjungi, cari hotel atau penginapan murah, dan bandingkan harga tiket pesawat atau kereta dari berbagai maskapai. Hindari liburan di musim libur seperti libur sekolah dan liburan panjang tanggal merah. Pergi berlibur di luar musim puncak bisa menghemat pengeluaran sampai 50% lho!


Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu persiapkan dan kamu lakuin untuk persiapan liburan hemat kamu.


Lakukan Hal Ini Untuk Liburan Hemat


Sewaktu berlibur, kamu perlu menganggarkan uang dengan bijak. Kamu ingin menikmati perjalanan tanpa khawatir soal keuangan, kan? Berikut beberapa tips hemat untuk dipersiapkan:


1. Cari tiket promo


Kamu bisa memanfaatkan situs agen travel untuk mencari promo dan mendapat tiket perjalanan murah. Biasanya akan ada promo di waktu tertentu, kamu bisa membuat notif atau alarm saat ada promo yang sedang berlangsung.


2. Pesan tiket lebih awal


Pemesanan tiket pesawat dan kereta api jauh sebelum tanggal keberangkatan dapat menghemat biaya karena biasanya harganya lebih murah dari harga ketika kamu pesan di waktu yang mepet dengan tanggal keberangkatan. Maka dari itu kamu perlu merencanakan perjalanan beberapa bulan sebelumnya dan membeli tiket lebih awal.


3. Akomodasi


Pilih hostel atau hotel bintang dua atau tiga, hindari menyewa penginapan mewah. Karena dari sisi harga lebih terjangkau dan fasilitas yang didapat pun biasanya sama dengan hotel mewah.


4. Manfaatkan transportasi umum


Jelajahi kota dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Kunjungi museum, taman atau tempat wisata alam yang gratis atau murah bisa menjadi alternatif untuk menghemat biaya liburan kamu. Atau kamu bisa memanfaatkan transportasi umum untuk perjalanan menuju lokasi wisata. Dengan begitu kamu bisa menghemat anggaran transportasi perjalanan.


5. Makan di tempat yang murah


Jika kamu berlibur dengan anggaran yang hemat, hindari restoran atau cafe untuk mengisi perut kamu. Kamu bisa mengisi perut dengan makan di warung makan, yang biasanya harganya akan jauh lebih murah dengan porsi makan yang akan membuat kamu kenyang.


6. Tetapkan batas pengeluaran harian


Misalnya, alokasikan Rp50 ribu - Rp200 ribu per hari untuk makan, tiket masuk wisata, dan transportasi lokal. Pastikan tidak melebihi batas ini. Dengan begitu kamu bisa mengontrol anggaran liburan kamu dan tidak akan melebihi batas anggaran.


Dengan menerapkan tips hemat di atas, kamu dapat menikmati liburan tanpa membuat dompet kosong. Jadi jangan takut untuk berlibur hanya karena kamu berpikir tidak punya cukup uang. Kuncinya adalah berhemat dan mencari tawaran terbaik.


Kamu juga bisa mulai berinvestasi untuk bisa mendapatkan dana tambahan, sehingga keuangan kamu akan lebih terencana dan liburan kamu bisa terus terwujud. Kamu bisa mulai investasi reksa dana dari sekarang, dengan download aplikasi SayaKaya, salah satu platform investasi reksa dana yang telah terdaftar di OJK, yuk mulai berinvestasi untuk keuangan yang lebih baik. Selamat berlibur!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 18 Januari 2024

4 Skill Investasi Reksa Dana yang Perlu di 2024!

Halo teman Yamin! Waduh, masa sih investasi reksa dana aja harus menguasai skill-skill tertentu, jadi pusing dong! Tenang teman-teman. Skill yang dipelajari tidak perlu menghabiskan waktu untuk bertapa di gunung atau di bawah lautan kok. Tapi kamu bisa mempelajari skill tersebut dengan membaca artikel ini. Di simak yah!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 17 Januari 2024

Ini Dia Makanan Berlemak Tinggi Yang Bahaya Untuk Tubuh

Halo teman Yamin! apa kamu suka makan makanan yang lezat? Siapa sih yang tidak suka? Sayangnya, beberapa makanan favorit kita ternyata mengandung lemak tinggi yang tidak baik untuk tubuh. Bila dikonsumsi secara terus menerus dampaknya bisa sangat buruk untuk kesehatan jangka panjang.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 16 Januari 2024

6 Hal yang Wajib Dilakukan Bagi Investor Reksa Dana Newbie!

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang baru instal aplikasi SayaKaya dan pengen tau hal yang perlu dilakukan oleh investor reksa dana sebelum berinvestasi? Nah memahami reksa dana dapat membantu kamu dalam mengambil keputusan investasi yang lebih terinformasi. Berikut adalah enam langkah yang dapat membantu kamu dalam memahami reksa dana:

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.