5 Daftar Makanan Termahal di Indonesia

24 Januari 2024 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Halo teman Yamin! Ada yang penasaran dengan makanan termahal di Indonesia? Kira-kira ada apa saja ya? Memang ada beberapa makanan mewah di sini yang harganya bisa membuat kamu kaget. Tapi kenapa sih makanan-makanan ini begitu mahal? Apa yang membuatnya istimewa?


Dalam artikel ini, Yamin akan bahas daftar makanan paling mahal di Indonesia beserta alasan mengapa harganya selangit. Jadi, siapkan kantong kamu ya!


5 Jenis Makanan Paling Mahal Beserta Harganya


Berikut adalah 5 jenis makanan termahal di Indonesia beserta harganya:


1. Jamur Matsutake - Rp3-5 juta per kg


Jamur matsutake yang mewah ini sangat langka dan hanya tumbuh di hutan pinus di ketinggian tertentu. Rasa dan aromanya yang khas membuatnya sangat diminati. Harganya bisa mencapai Rp5 juta per kg untuk kualitas terbaik.


2. Madu Al Mandal - Rp2,5-18 juta per kg


Produksi tahunan madu langka ini hanya sekitar 1 ton. Madu ini berasal dari lebah Apis dorsata di hutan jati Ponorogo. Rasa dan aromanya khas sehingga diminati kolektor. Harganya bisa mencapai Rp18 juta per kg.


3. Kepiting Rajungan - Rp1,5-2 juta per kg


Rajungan atau kepiting bakau dari Papua ini sangat langka dan hanya bisa ditangkap di alam liar. Dagingnya yang tebal dan rasanya yang lezat membuat rajungan laku dengan harga fantastis hingga Rp2 juta per kg.


4. Kopi Luwak - Rp700 ribu - 1,5 juta per kg


Kopi luwak terkenal karena proses pembuatannya yang unik melibatkan luwak atau musang. Hanya sekitar 500 kg diproduksi per tahun sehingga langka dan mahal. Harganya bisa mencapai Rp1,5 juta per kg.


5. Abalon - Rp500 ribu - 1 juta per kg


Abalon atau siput laut ini sangat langka karena sulit dibudidayakan. Dagingnya yang lezat dan teksturnya yang unik membuat abalon laku dengan harga tinggi, bahkan hingga Rp1 juta per kg untuk ukuran besar.


Itulah 5 jenis makanan termahal di Indonesia beserta harganya. Kelangkaan dan cita rasa khas membuat makanan-makanan ini menjadi barang mewah yang hanya bisa dinikmati segelintir orang saja.


Terdapat 5 Alasan Kenapa Makanan Menjadi Mahal


Beberapa makanan di Indonesia harganya cukup mahal. Jadi apa yang membuat mereka begitu mahal? Ada beberapa alasan utama mengapa makanan tertentu menjadi mahal, berikut penjelasannya.


a. Kelangkaan


Beberapa bahan makanan sulit didapat atau tersedia dalam jumlah terbatas. Kelangkaan ini biasanya terjadi akibat dari permintaan yang banyak dan tidak sebanding dengan jumlah yang ada. Pasokan yang terbatas memungkinkan penjual menaikkan harga.


b. Sulitnya memanen


Proses memanen yang membutuhkan pemanen berpengalaman seperti panen madu, membutuhkan orang-orang yang berpengalaman, karena resiko saat melakukan panen yang berbahaya. Karena alasan ini membuat harga bahan makanan tersebut menjadi sangat mahal.


c. Pemrosesan khusus


Beberapa bahan membutuhkan pemrosesan yang ekstensif agar dapat dimakan atau dicicipi. Misalnya, biji kopi luwak harus dikumpulkan dari kotoran luwak dan dibersihkan dengan cermat. Langkah-langkah ekstra ini yang membuat harga menjadi lebih mahal.


d. Musiman


Ketika buah-buahan dan sayuran hanya tersedia selama musim panen yang singkat, serta peminat akan bahan makanan tersebut melonjak, biasanya harga bahan makanan tersebut akan naik untuk menyesuaikan dengan permintaan yang tinggi.


e. Kenaikan biaya


Kekeringan, serangan hama, dan perubahan iklim akan mengganggu produksi pangan, yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikkan harga. Biaya transportasi, pengemasan, serta energi juga meningkatkan pengeluaran. Sehingga harga jual akan naik dari harga biasanya.


Meskipun harganya fantastis, tapi makanan-makanan ini tetap laku karena rasanya yang istimewa dan juga karena faktor prestise saat mengonsumsinya. Bagi sebagian orang, harga bukan menadi masalah besar asal bisa merasakan cita rasa tertentu yang langka atau unik.


Untuk merasakan dan membeli makanan mahal di atas, kamu harus memiliki kondisi finasial yang bagus. Dalam mencapai hal itu, kamu bisa lho sedikit demi sedikit berinvestasi dengan tujuan membeli makanan mahal di atas.


Kamu bisa mulai belajar investasi mulai dari sekarang. Dengan belajar investasi kamu sudah mulai menabung keuangan untuk mencapai dan membeli makanan maha di atas, selain itu untuk mempersiapkan masa depan dan mewujudkan tujuan finansialmu lainnya.


Kamu bisa download aplikasi SayaKaya, platform investasi reksa dana yang bisa bantu kamu untuk mencapai tujuan finansial. Aplikasi SayaKaya cocok untuk para investor pemula maupun yang sudah berpengalaman. Ayo mulai investasi supaya kamu bisa makan makanan termahal yang ada di Indonesia!


Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Lainnya 23 Januari 2024

Manfaatkan Promo IMLEK: Investasi Meriah Lewat SayaKaya

Sambutlah keberuntungan di tahun baru Imlek 2024 dengan keputusan investasi cerdas bersama SayaKaya"!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 22 Januari 2024

Greenflation, Ini Lho Penjelasannya!

Halo teman Yamin! Siapa di sini yang yang sudah menonton debat cawapres kemarin? Bagaimana menurutmu, apakah gagasan-gagasan yang dibawakan para cawapres di dalam debat tersebut dapat sejalan dengan apa yang kamu yakini?

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 19 Januari 2024

Hemat Uang pas Liburan dengan Tips Berikut Ini

Halo teman Yamin, siapa di sini yang sudah kangen liburan? Mau liburan tapi masih awal tahun dan uang untuk liburan belum terkumpul? Tenang saja, ada beberapa tips hemat liburan yang bisa kamu ikuti. Dengan tips ini, kamu bisa liburan tanpa harus khawatir soal anggaran.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.