Wow! Ternyata Ini Pengeluaran Terbesar Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan 2023!

5 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin! Saat ini kita masuk pada bulan Ramad­han 2023. Bagi umat mus­lim, bulan ramad­han meru­pakan bulan yang penuh berkah dan suka cita. Namun, bulan ramad­han tidak hanya dap­at dinikmati oleh umat mus­lim saja, dari kalan­gan lain pun juga bisa menikmatinya, lho. Apala­gi pada saat berbu­ru “takjil” men­je­lang sore hari. Wih suasananya pasti seru! 


Bagaimana tidak, di bulan ramad­han kita ser­ingkali meli­hat banyak para peda­gang atau pen­gusa­ha makanan yang gen­car men­jual dagan­gan­nya. Ada yang berjualan di ruko-ruko maupun ping­gir jalan. Pil­i­han makanan yang dijual pun bervari­asi, ada es cam­pur, goren­gan, timun suri, dan makanan lain­nya. Duh’ Yamin jadi laper nih!


Nah, tidak jarang pada saat sedang berbe­lan­ja makanan, tiba-tiba duit kita habis. Awal­nya sih cuma mau beli satu jenis makanan, eh terny­a­ta malah beli sekarung.


Tapi kamu penasaran gak, kira-kira pen­gelu­aran masyarakat Indone­sia tahun 2023 di bulan Ramad­han pada “kabur” ke mana ya? Yuk kita simak bersama.


Mengutip dari salah satu sum­ber sta­tis­tik, terny­a­ta ada beber­a­pa bagian pada pen­gelu­aran masyarakat Indone­sia di bulan ramad­han 2023:



Berdasar data di atas, kita dap­at meli­hat bah­wa tiga pen­gelu­aran terbe­sar saat bulan ramad­han berasal dari mem­ba­yar zakat, buka puasa bersama, dan berbe­lan­ja makanan. Di antara keti­ga hal itu, teman Yamin lebih banyak men­gelu­arkan uangnya ke mana? 


Walaupun banyak berba­gai macam pen­gelu­aran, pastikan kon­disi keuan­gan mu tetap terkon­trol ya. Kare­na semakin banyak pen­gelu­aran yang tidak terkon­trol, maka kon­disi keuan­gan kamu dalam jang­ka pan­jang berpoten­si memi­li­ki risiko.


“Lalu bagaimana cara men­gelo­la keuan­gan pada saat bulan ramadhan?”


Teman Yamin dap­at meny­isihkan seba­gian dana yang dim­i­li­ki untuk memenuhi kebu­tuhan sehari-hari, mengisi dana daru­rat dan berin­ves­tasi. Jum­lah por­si dana yang dis­isihkan juga ter­gan­tung dari kamu sendiri.


“Tapi bin­gung nih, kalo mau inves­tasi saya harus ke mana?”


Gak usah khawatir, teman Yamin dap­at men­gun­duh aplikasi SayaKaya dan bisa lang­sung berin­ves­tasi di sana. Ada berba­gai macam pro­duk rek­sa dana di aplikasi terse­but. Salah satu man­faat berin­ves­tasi rek­sa dana yaitu seba­gai alter­natif men­ca­pai tujuan finan­sial mu yang telah diren­canakan sebelumnya!


Oh iya ada info tam­ba­han nih,


Berdasarkan data dari PT Kus­to­di­an Sen­tral Efek Indone­sia (KSEI) men­catat, bah­wa jum­lah investor pasar modal di Indone­sia telah men­ca­pai 10,3 juta investor sam­pai den­gan 28 desem­ber 2022!


Untuk investor rek­sa dananya sendiri men­cakup sek­i­tar 9,59 juta investor. San­gat banyak bukan! Bisa jadi kamu investor rek­sa dana berikutnya. 


Yuk mend­ing sekarang lang­sung inves­tasi aja di SayaKaya!



Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Market Update 3 April 2023

Laris Manis! Aliran Dana ke Obligasi Indonesia Hingga 9 Triliun! — Market Outlook 3 April 2023

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami memi­li­ki beber­a­pa update beri­ta yang bisa menam­bah ref­er­en­si kita. Yuk simak mar­ket out­look kita sekarang!

Baca Selengkapnya
thumbnail
Education 30 Maret 2023

3 Tipe Investor Reksa Dana, Kamu “Si Paling” yang Mana?

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang mau mulai berin­ves­tasi atau sudah berin­ves­tasi rek­sa dana? Kali ini kita akan mem­ba­has 3 tipe investor rek­sa dana. Kira-kira kamu tipe investor si pal­ing apa ya..

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 27 Maret 2023

Market Research 27 Maret 2023: Another Rate Hike

Berkat keta­hanan sis­tem keuan­gan, per­modalan, risiko kred­it, dan likuid­i­tas, per­bankan Indone­sia dap­at dikatakan tidak ter­dampak dari penu­tu­pan SVB (Sil­i­con Val­ley Bank), Sig­na­ture Bank, dan Sil­ver­gate Bank. UBS menan­datan­gani pem­be­lian Cred­it Suisse sehar­ga USD 3,24 mil­iar untuk men­gatasi kri­sis keper­cayaan pada keuan­gan glob­al. Bank sen­tral Swiss juga mem­berikan ban­tu­an likuid­i­tas sebe­sar USD 108 mil­iar. Berikut meru­pakan mar­ket updates dari domestik dan global.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.