Laris Manis! Aliran Dana ke Obligasi Indonesia Hingga 9 Triliun! — Market Outlook 3 April 2023

3 April 2023 Ditulis oleh Yamin SayaKaya
Featured

Hal­lo teman Yamin, kali ini kami memi­li­ki beber­a­pa update beri­ta yang bisa menam­bah ref­er­en­si kita. Yuk simak mar­ket out­look kita sekarang!


1. Ali­ran Modal Masuk ke Pasar Oblig­asi Indone­sia Ham­pir Rp9 Triliun!


Berdasar data dari Direk­torat Jen­der­al Pen­gelo­laan Pem­bi­ayaan dan Risiko (DJPPR), ter­ja­di cap­i­tal out­flow sep­a­n­jang hing­ga Rp8 tril­i­un sejak akhir Feb­ru­ari. Hal terse­but ter­ja­di sebelum SVB (Sil­i­con Val­ley Bank) kolaps pada 10 Maret yang lalu.


Cap­i­tal out­flow juga ter­catat sek­i­tar Rp7,6 tril­i­un pada Feb­ru­ari. Namun, arah angin berba­lik sejak SVB kolaps, hing­ga 27 Maret ter­ja­di inflow nyaris Rp9 tril­i­un. Den­gan demikian, sep­a­n­jang bulan ini hing­ga Senin lalu, ali­ran modal berba­lik masuk sek­i­tar Rp780 miliar.


Cap­i­tal Inflow: Masuknya sejum­lah dana dari luar negeri ke dalam suatu negara untuk tujuan investasi.


Cap­i­tal out­flow: Penana­man modal atau dana di luar negeri den­gan cara pem­be­lian aset dari luar negeri.


2. Per­tum­buhan Ekono­mi Indone­sia Bisa Men­ca­pai 5%


Dana Mon­eter Inter­na­sion­al (IMF) mem­proyek­sikan bah­wa per­tum­buhan ekono­mi Indone­sia pada tahun 2023 akan men­ca­pai 5%. Angka ini dire­visi dari sebelum­nya sebe­sar 4,8%.


IMF juga mengk­laim peruba­han proyek­si terse­but didorong oleh pemuli­han per­mintaan dalam negeri ser­ta perkem­ban­gan kin­er­ja ekspor yang kuat. Namun, proyek­si ini melam­bat jika diband­ingkan den­gan tahun sebelum­nya yang men­ca­pai 5,3%. IMF meng­in­for­masikan hal terse­but dikare­nakan adanya penge­tatan kebi­jakan ser­ta adanya nor­mal­isasi har­ga komod­i­tas yang sem­pat ting­gi di tahun lalu.


3. BI: Tingkat Inflasi Indone­sia akan Melandai


Pada Kamis (30/3), Bank Indone­sia (BI) mem­perki­rakan perg­er­akan tingkat inflasi Indone­sia di semes­ter ked­ua tahun ini berpoten­si melandai. Guber­nur Bank Indone­sia, Per­ry War­jiyo men­gungkap­kan tingkat inflasi di sete­lah bulan Sep­tem­ber akan turun di bawah 4%. 


4. Dampak Ekono­mi Indone­sia atas Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20


Indone­sia kehi­lan­gan poten­si dari nilai ekono­mi yang dap­at men­ca­pai Rp188 tril­i­un menyusul gagal­nya Indone­sia men­ja­di tuan rumah piala dunia U‑20, menu­rut peneli­ti dari Insti­tute for Devel­op­ment of Eco­nom­ics and Finance (Indef) Nailul Huda.


5. Per­for­ma Oblig­asi dan Sukuk Terus Bergeliat


Bur­sa Efek Indone­sia (BEI) men­catat, emisi oblig­asi dan sukuk terus bergeli­at sela­ma 2023. Hal ini berdasar data dari BEI, bah­wa total emisi oblig­asi dan sukuk yang sudah ter­catat sep­a­n­jang 2023 sebanyak 20 emisi dari 19 emiten seni­lai Rp25,43 triliun. 


6. Mantab! Rupi­ah Men­guat Tiga Pekan!


Pada perda­gan­gan Jumat (31/3), rupi­ah men­guat melawan dolar Ameri­ka Serikat (AS). Den­gan demikian rupi­ah suk­ses men­guat tiga pekan berun­tun dan menut­up kuar­tal I‑2023 di bawah Rp15.000/US$.


Rupi­ah menut­up perda­gan­gan Jumat (31/3) den­gan pen­guatan 51 poin atau 0.39% ke Rp14.996/US$. Dalam sepekan ter­catat men­guat lebih dari 1%. Semen­tara dalam tiga pekan, pen­guatan rupi­ah nyaris men­ca­pai 3%.


PERFORMA 3 REKSA DANA TERBAIK SAYAKAYA (1 MINGGU)



Sum­ber data: pasardana.id


Data terse­but meru­pakan infor­masi pen­dukung secara sta­tis­tik men­ge­nai per­for­ma ter­baik dari jenis rek­sa dana pasar uang, rek­sa dana pen­da­p­atan tetap, dan rek­sa dana saham dalam sem­i­ng­gu terakhir. 


Dis­claimer: Beri­ta di atas meru­pakan infor­masi terkait ekono­mi dan bukan ajakan atau suruhan dalam membeli/menjual pro­duk inves­tasi ter­ten­tu. Kepu­tu­san beli/jual ter­hadap instru­men inves­tasi sepenuh­nya dipegang oleh investor itu sendiri.



Lihat Blog Lainnya

thumbnail
Education 30 Maret 2023

3 Tipe Investor Reksa Dana, Kamu “Si Paling” yang Mana?

Hal­lo teman Yamin, sia­pa di sini yang mau mulai berin­ves­tasi atau sudah berin­ves­tasi rek­sa dana? Kali ini kita akan mem­ba­has 3 tipe investor rek­sa dana. Kira-kira kamu tipe investor si pal­ing apa ya..

Baca Selengkapnya
thumbnail
Market Update 27 Maret 2023

Market Research 27 Maret 2023: Another Rate Hike

Berkat keta­hanan sis­tem keuan­gan, per­modalan, risiko kred­it, dan likuid­i­tas, per­bankan Indone­sia dap­at dikatakan tidak ter­dampak dari penu­tu­pan SVB (Sil­i­con Val­ley Bank), Sig­na­ture Bank, dan Sil­ver­gate Bank. UBS menan­datan­gani pem­be­lian Cred­it Suisse sehar­ga USD 3,24 mil­iar untuk men­gatasi kri­sis keper­cayaan pada keuan­gan glob­al. Bank sen­tral Swiss juga mem­berikan ban­tu­an likuid­i­tas sebe­sar USD 108 mil­iar. Berikut meru­pakan mar­ket updates dari domestik dan global.

Baca Selengkapnya
thumbnail
Gaya Hidup 27 Maret 2023

Waktu Adalah Uang

Time is mon­ey, rasanya selu­ruh manu­sia dari berba­gai kalan­gan usia dan bela­han dunia per­nah menden­gar ungka­pan ini. Meskipun terke­san seder­hana, namun ungka­pan ini memi­li­ki mak­na yang men­dalam, yang men­dorong kita seba­gai manu­sia untuk meman­faatkan wak­tu yang kita mili­ki den­gan sebaik-baiknya kare­na wak­tu tak akan bisa teru­lang kem­bali. Kelak bagi yang meng­har­gai wak­tu, maka wak­tu juga akan menghargainya.

Baca Selengkapnya

Aplikasi SayaKaya:
Mudah, Cepat, dan Terkurasi!

Semua orang kini bisa berinvestasi Reksa Dana dengan mudah hanya lewat satu aplikasi saja. Download sekarang!

HFM - Unverified - Shadow HFM - Verified - Shadow HFM - Unverified HFM - Verified stars
Sayakaya Logo Copyright ©2024 Landing Page
Download Aplikasi
PT SAYAKAYA LAHIR BATIN
location Sahid Sudirman Centre lt 12
Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 13-15, Jakarta 10220
phone +6212527989
email hi@sayakaya.id
SayaKaya adalah aplikasi investasi reksa dana yang berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dengan produk reksa dana dan manajer investasi pilihan yang telah terkurasi. Dikelola dan dikembangkan oleh PT Sayakaya Lahir Batin yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor registrasi KEP-17/PM.21/2021.

Investasi reksa dana mengandung risiko. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang. Calon pemodal/pemodal wajib mempelajari prospektus sebelum berinvestasi reksa dana. Dalam melakukan transaksi jual dan beli reksa dana, calon pemodal/pemodal diharapkan memperhatikan profil risiko, kondisi keuangan serta tujuan investasi dari masing-masing calon pemodal/pemodal.